alexa-tracking

(ASK) Login Standard Berasa seperti Administrator

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b440b7bd9d770d86e8b4567/ask-login-standard-berasa-seperti-administrator
(ASK) Login Standard Berasa seperti Administrator
Hi gan/sis. saya mempunyai masalah ketika membuat sebuah account di windows 7 64bit dengan type account STANDARD USER dengan nama JOJON,
ternyata user ini tidak bisa
1. istal applikasi dengan notif (APPCRASH bla bla bla, must administrator bla bla bla)
2. buka drive subfolser tertentu dengan notif (you not allowed bla bla bla)
3. tidak bisa setting internet connection LAN
4. dan lain lain

Adakah solusi untuk account standard user JOJON ini bisa melakukan hal yang seperti administrator lakukan ? dengan ketentuan user ini masih dalam status STANDARD USER.
setau saya tidak ada settingan langsung bawaan windows 7 yg bisa menyamakan levelnya seperti yang diinginkan, paling mungkin bisa di custom melalui regedit
Quote:


Untuk user dengan privilege non administrator memang dibatasi untuk menjalankan proses atau mengkonfigurasi sesuatu yang memiliki efek ke sistem secara keseluruhan.

1. Menginstal suatu aplikasi pun kadang bisa mengubah sistem, misalnya apabila aplikasi yang akan diinstall: berhubungan dengan shared library tertentu, driver, etc yang memiliki efek ke sistem secara keseluruhan.

2. Kalau ini umumnya lebih berkaitan dengan masalah file / directory permission aja. Jadi tinggal tambahkan permission ke user yang bersangkutan supaya bisa: read, execute, write, modify, list, etc. Uuntuk user dengan privilege administrator defaultnya adalah full control.

Pengaturan ini ada di tab Security, klik kanan file atau foldernya pilih tab Security lalu klik Advanced. Lalu nanti terbuka jendela Advanced Security Settings. Pada bagian tab Permissions add user yang ingin diberikan aksesnya.

3. Mengubah settingan internet connection berarti akan mengubah konfigurasi sistem (dalam hal ini network).

Misalnya si A yang bukan sebagai member administator ingin menambahkan static route 8.8.8.8 ke gateway lain. Tentu saja perubahan network routing ini tidak hanya berdampak pada si A, tapi juga si user B, C, dan termasuk Administratornya. Apabila si A yang statusnya bukan sebagai member administator diijinkan oleh sistem, maka desain sistem operasi ini gagal dalam mengatur rules / privilege.


Jadi apabila account standard user JOJON ini ingin melakukan tugas-tugas adminstrasi, tanpa harus diberikan privilege permanen sebagai adminstrator, maka privilege administrator secara temporer adalah dengan menjalankan Run as Adminstrator (misalnya ketika ingin menginstal sesuatu)

Kalau nggak mau repot repot mempelajari soal user privilege, group policy, dan lainnya lainnya yang ada di console Adminstrative Tools, berikan saja si JOJON hak adminstrator dengan menambahkannya sebagai member Adminstrator.

Buka Computer Management > Local Users dan Groups > Users
Klik kanan JOJON, pilih properties dan pada tab Member Of, klik Add, lalu ketikan Adminstrators









×