alexa-tracking

Pejabat Taiwan: Indonesia Perlu Belajar Dari Malaysia, Hati-hati Jebakan China

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b43fd0754c07a4f388b4570/pejabat-taiwan-indonesia-perlu-belajar-dari-malaysia-hati-hati-jebakan-china
Pejabat Taiwan: Indonesia Perlu Belajar Dari Malaysia, Hati-hati Jebakan China
Pejabat Taiwan: Indonesia Perlu Belajar Dari Malaysia, Hati-hati Jebakan China
 SENIN, 09 JULI 2018 , 22:53:00 WIB

RMOL. Berbagai program kerjasama yang ditawarkan Republik Rakyat China (RRC) mesti dipelajari dengan lebih teliti. Sepintas, China seakan menawarkan kerjasama yang saling menguntungkan.

Tetapi pengalaman di sejumlah negara memperlihatkan bahwa kerjasama yang didorong ambisi China menciptakan blok One Belt One Road (OBOR) itu seringkali terbukti sebagai janji kosong, atau bahkan jebakan. 

Dalam perbincangan tidak resmi dengan pimpinan media massa dari Indonesia yang berkunjung ke Taiwan atas undangan Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO), seorang pejabat senior Republik China atau Taiwan mencontohkan kasus yang terjadi di Sri Lanka dan Malaysia. 

"Sri Lanka sekarang menyadari bahwa bantuan yang diberikan mainland China selama ini harus mereka bayar dengan sangat mahal. Karena dibanjiri barang-barang China, Sri Lanka mengalami defisit perdagangan dan tidak bisa membayar utang. Pelabuhan Sri Lanka banyak yang kini dikuasai China," ujar pejabat tinggi Taiwan itu sambil meminta agar namanya tidak disebutkan, Senin (9/7).

Kasus terbaru terjadi di Malaysia. Pemerintahan baru yang dipimpin Mahathir Mohamad menyadari ancaman OBOR China, dan kini tengah mengambil sejumlah langkah perbaikan.

"Indonesia perlu perlu mempelajari realita seperti di Malaysia ini, jangan sampai terjebak," sambungnya.

Contoh lain yang disampaikannya adalah kasus Costa Rica yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan pada tahun 2007 karena ingin mendapatkan investasi dalam jumlah besar dari China. 

Kini Costa Rica justru mengalami persoalan ekonomi yang serius. Negara itu dibanjiri barang-barang China yang pada akhirnya mematikan industri Costa Rica.

Nasib serupa diramalkannya juga akan menimpa Burkina Faso yang baru-baru ini memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan juga karena tergiur janji OBOR China.

Pejabat senior Taiwan itu menambahkan, negara-negara Eropa dan Australia kini juga sudah mulai bersikap tegas menghadapi manuver China.

Sementara itu, tujuh pimpinan media massa dari Indonesia juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu, di Taipei.

Dalam penyataannya Menlu Wu berharap hubungan Indonesia dan Taiwan akan semakin baik di masa depan. 

Taiwan, sebutnya, kini memberikan perhatian khusus pada negara-negara anggota ASEAN dalam konteks New Southbound Policy (NSP) yang diperkenalkan Presiden Tsai Ing-wen dua tahun lalu.

"Indonesia adalah negara yang indah, memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia. Kami siap bergerak dan bekerjasama dengan Indonesia ke arah itu," ujar Menlu Wu. 

Melihat kenyataan bahwa semakin banyak warganegara Indonesia yang kini menetap di Taiwan, sudah sepantasnya pelayanan publik Taiwan juga lebih bersahabat terhadap umat Muslim Indonesia.

Dari sekitar 260 ribu WNI di Taiwan, sebagian besar adalah pekerja migran dan umat Muslim. Pemerintah Taiwan, sebut Menteri Wu, sedang bekerja meningkatkan pelayanan publik agar lebih Moslem friendly. 

http://dunia.rmol.co/read/2018/07/09/347056/Pejabat-Taiwan:-Indonesia-Perlu-Belajar-Dari-Malaysia,-Hati-hati-Jebakan-China-


Quote:

-----------------------------

Dulu Majapahit juga pernah mengalaminya ... 
sekarang cobalah cucu0buyutnya yang lagi berkuasa di negeri ini, belajar bagaimana caranya mereka memperlakukan negeri China itu ...

emoticon-Lempar Bata



image-url-apps
Life-long learner. emoticon-nyantai
Quote:


Mau ikut2-an majapahit bisa bernasib pahit. emoticon-Blue Guy Bata (L)
KASKUS Ads
image-url-apps
Ah masa, membaca saja aku sulit..emoticon-Hansip
image-url-apps
Quote:


emang kaum IQ sekolam paham yang beginian
image-url-apps
Intinya
Produk lokal lbh mahal dripada import. Kualitas sama

Hukum ekonomi millenial :
Jika ada lbh murah knp beli lbh mahal.

Yg harus dicari tahu :
Knp import dgn kualitas sama bisa lbh murah dripada lokal? Kaalu itu aja gak ketemu gmn mau bersaing?
Ibarat kata, elo mau bikin smartphone yg kualitanya setara sama bagusnya s8, tapi elo jual dgn harga 12jt. (8 jt vs 12jt).
Jgn bilang cinta produk dlm negri kalau begitu. Semua pasti lbh pilih S8.
image-url-apps
namanya hutang ya harus hati2, mesti perhitungkan matang2 jgn sampai tdk bisa bayar lalu ngoceh dijebak emoticon-Big Grin
image-url-apps
Ya itu proyek kereta cepat ane juga kurang paham, kok bisa nerima yg dr china?
image-url-apps
Hati-hati bre.
image-url-apps
Semoga ga telat deh..
emoticon-Cape d...
image-url-apps
😎 Kenain aja % tarif lebih tinggi dari setiap produk china yang masuk.

Buka kedutaan taiwan dan kedutaan israel 😎
Quote:


karena lebih murah emoticon-Malu
image-url-apps
Quote:


Hati2 knp bray..?
emoticon-Bingung
siapkan laskar bray .... hajar cinak emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:


karena industri dasarnya masih belum terbangun ,

kalau mau suruh taiwan bikin industri dasar telephone kayak chip manufaktur disini ,

investasinya mahal ,

kalau nggak salah foxconn inves 150 triliun di amerika baru baru ini ,

berani nggak taiwan inves serupa disini ?


image-url-apps
Quote:



Ini yg kerenemoticon-Big Grin
image-url-apps
semua rakyat menglen itu emang jongosnya PKC
image-url-apps
Quote:


Sudah dibaca berita di atas.
majapahti yang sebelah mana maksud ts ?
bukannya majapahit runtuh gara2 islam ?

emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Yg kereta cepat mestinya dari jepang
×