alexa-tracking

Jangan Baca, 5 Kisah Horor Rakyat Salvia Ini Bikin Bulu Kuduk Berdiri

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b43859412e2575b568b4591/jangan-baca-5-kisah-horor-rakyat-salvia-ini-bikin-bulu-kuduk-berdiri
Jangan Baca, 5 Kisah Horor Rakyat Salvia Ini Bikin Bulu Kuduk Berdiri
Jangan Baca, 5 Kisah Horor Rakyat Salvia Ini Bikin Bulu Kuduk Berdiri

Hampir di setiap negara memiliki urband legend atau cerita rakyat yang sudah ada sejak zaman nenek moyang hingga sekarang. Biasanya, cerita rakyat diceritakan dari generasi ke generasi, dan kebanyakan kebenarannya masih ambigu dan belum terbukti ada.

Meski begitu, gak jarang banyak orang mempercayai cerita yang mereka dengar dari nenek atau orangtuanya. Kebanyakan urband legend memang berhubungan dengan hal-hal mistis dan horor. Tak terkecuali dengan 5 urband legend dari rakyat Slavia, di Rusia berikut. Kamu penasaran? Yuk simak artikelnya, yang udah dirangkum dari Russia Beyond berikut ini.


1. Koschey Bessmertniy, si penculik pengantin
Jangan Baca, 5 Kisah Horor Rakyat Salvia Ini Bikin Bulu Kuduk Berdiri
Kalau di Indonesia kita pernah mendengar, orangtua mengatakan "Jangan sisakan nasi nanti ayamnya mati" untuk membujuk anaknya agar lahap makan, beda cerita dengan rakyat Slavia. Para ibu di Slavia akan membujuk anak gadisnya yang susah makan dengan mengatakan "Kalau tidak makan, kamu akan membuat badanmu kurus seperti Koschey".

Koschey adalah nama salah satu tokoh antagonis dalam dongeng klasik Rusia. Digambarkan sebagai sosok lelaki bertubuh sangat kurus, hingga tulang-tulangnya terlihat. Dia juga mempunyai kekuatan magis dan sihir. Diceritakan, konon dia sangat suka mencuri gadis atau calon pengantin wanita untuk dijadikan istrinya.


2. Kikimora, si perusak perabotan rumah tangga
Jangan Baca, 5 Kisah Horor Rakyat Salvia Ini Bikin Bulu Kuduk Berdiri
Kikimora dipercaya suka tinggal di dalam rumah manusia dan tidak terlihat mata atau kasat mata. Konon, rumah yang didiami oleh makhluk yang satu ini, akan menyebabkan pemilik rumah atau manusia yang tinggal di dalamnya mengalami mimpi buruk. Tak hanya itu, bahkan hewan peliharaan pun bisa dibuat gelisah dengan adanya Kikimora.

Selain menganggu melalui mimpi, Kikimora juga dipercaya suka iseng, dengan memecahkan peralatan dapur, seperti piring dan gelas. Kalau kamu, pernah gak di rumah mendadak piring bisa jatuh dan pecah sendiri? Jangan-jangan itu perbuatan Kikimora, hehe. Biasanya rakyat Slavia akan mengantungkan batang pohon Juniper dan Artemisia di tembok rumah mereka, untuk menangkal kedatangan Kikimora.


3. Hantu wanita, Boginka
Jangan Baca, 5 Kisah Horor Rakyat Salvia Ini Bikin Bulu Kuduk Berdiri
Rakyat Slavia percaya, bahwa roh wanita yang membunuh anak kandungnya, atau wanita yang mati bunuh diri akan menjelma menjadi hantu wanita yang disebut Boginka. Wujud Boginka sendiri digambarkan memiliki wajah yang jelek, tidak memakai pakaian sehelai pun dan cara berjalannya yang pincang. Konon, Boginka sering muncul saat malam hari dan cuaca buruk di sekitar ladang, jurang maupun hutan.

Keusilan yang kerap dilakukannya adalah menculik anak-anak yang masih berada di rumah saat malam hari, menganggu ternak sampai memukul orang secara tiba-tiba. Aduh, serem juga ya.


4. Rusalka dan Vodyanoy
Jangan Baca, 5 Kisah Horor Rakyat Salvia Ini Bikin Bulu Kuduk Berdiri
Mendengar soal putri duyung, pasti yang terlintas di pikiran kita adalah sosok wanita cantik setengah manusia setengah ikan yang hidup di laut lepas. Namun berbeda dengan putri duyung versi orang Slavia. Mereka menyebutnya Rusalka, yang merupakan perwujudan dari roh gadis yang meninggal karena bunuh diri. Pada malam hari Rusalkan akan berdiam di tepi danau. Jika ada seseorang yang mendekati air, maka dia akan menariknya hingga ke dasar sampai mati tenggelam.

Selain Rusalka, ada juga Vodyanoy roh sungai, rawa dan danau. Dipercaya, Vodyanoy bisa mengubah wujudnya menjadi air dan menarik para gadis masuk ke dalam danau, sungai atau pun rawa. Tujuan Vodyanoy mengincar para gadis, tak lain adalah untuk menjadikan mereka istrinya. 


5. Baba Yaga si penyihir
Jangan Baca, 5 Kisah Horor Rakyat Salvia Ini Bikin Bulu Kuduk Berdiri
Sewaktu kecil kita pasti pernah dengar tentang dongeng penyihir jahat. Begitu pula dengan anak-anak di Rusia. Ada salah satu tokoh jahat dalam dongeng rakyat Slavia, yakni penyihir bernama Baba Yaga. Dikisahkan Baba Yaga merupakan seorang penyihir jahat yang suka menculik anak-anak lalu dibawa ke dalam izba (rumah tradisional Rusia) untuk dimasak dan dimakan.

Cerita lain mengisahkan, ada seorang pemuda yang tengah mencari pujaan hatinya yang hilang. Di perjalanan, dia bertemu dengan Baba Yaga. Demi mendapatkan bantuan dari Baba Yaga, pemuda tersebut harus menjalani serangkaian ujian fisik yang berat. Bila berhasil Baba Yaga akan mempertemukan lagi dia dengan kekasihnya. Kira-kira ujian fisiknya apa aja ya?

Itu tadi lima kisah horor dari Rusia, kamu masih percaya gak sama cerita dongeng seperti tadi? Kalau di daerah asalmu ada cerita dongeng seram semacam ini gak, yuk berbagi di kolom komentar.


Sumber : https://www.idntimes.comhype/fun-fac...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Jangan Baca, 5 Kisah Horor Rakyat Salvia Ini Bikin Bulu Kuduk Berdiri Liburan ke Rusia Ini 5 Kata Penting yang Bisa Bantu Berkomunikasi

- Jangan Baca, 5 Kisah Horor Rakyat Salvia Ini Bikin Bulu Kuduk Berdiri Mengintip Museum Tertua di Rusia Hermitage St Petersburg

- Jangan Baca, 5 Kisah Horor Rakyat Salvia Ini Bikin Bulu Kuduk Berdiri Tragis Ini 3 Blunder Kiper Paling Menyakitkan di Piala Dunia 2018

image-url-apps
gambarnya bikin merinding
×