alexa-tracking

Jamblang Disebut Kota Tua Tionghoa, Ini Jejaknya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b435761dad7709e428b4571/jamblang-disebut-kota-tua-tionghoa-ini-jejaknya
Jamblang Disebut Kota Tua Tionghoa, Ini Jejaknya
ETNIS Tionghoa tersebar di wilayah Kota/Kabupaten Cirebon. Hal itu dibuktikan oleh sejarah panjang antara pribumi dan etnis Tionghoa yang menyatu dalam satu ikatakan pernikahan. Asimilasi inilah yang kemudian melahirkan banyak keturunan etnis Tionghoa di wilayah Kabupaten Cirebon. Salah satunya, di Desa Jamblang, Kecamatan Jamblang. Bahkan, Jamblang kerap kali disebut sebagai Kota Tua Tionghoa.

Sejarah mencatat, daerah Jamblang menjadi pusat perdagangan bagi etnis Tionghoa. Namun, pusat perdagangan itu kini sudah tidak hidup lagi terhitung sejak tahun 1998. Demikian disampaikan tokoh Tionghoa Kecamatan Jamblang, Tek Hian (59), saat ditemui di Vihara Dharma Rakita beberapa waktu lalu. “Hubungan erat yang terjalin antara pribumi dan etnis Tionghoa itu kemudian melahirkan tongki (keturunan, red),” ujar Tek Hian.

Namun, kata Tek Hian, keturunan tionghoa di Desa Jamblang ini sudah tidak lagi melakukan aktvitas peribadatan di Vihara Dharma Rakhita. Sebab, mayoritas mereka kini memeluk agama Kristen Katolik.

“Di sini memang mayoritas etnis Tionghoa. Tapi, rumah pemujaan sudah tidak lagi difungsikan sebagaimana mestinya. Bahkan, kelenteng sudah sepi sejak tahun 1985,” tuturnya.

Selain itu, saat ini etnis tionghoa yang tinggal di Jamblang tinggal puluhan orang. Tak sedikit dari mereka yang pindah domisili. Meski tidak ada lagi etnis Tionghoa di Desa Jamblang sembayang di Vihara Dharma Rakhita, kata Tek Hian, tamu dari berbagai berbagai Kota/Kabupaten Cirebon kerap kali mengunjungi kelenteng ini. Sebab, kelenteng ini merupakan warisan leluhur tertua yang ada di Cirebon.

“Tidak ada cacatan bahwa kelenteng ini dibuat tahun berapa. Tapi, rumah pemujaan ini mulai dipugar sejak tahun 1785 yang proses pembiayaanya dengan urunan dari penduduk Desa Jamblang dan sekitarnya,” kata pria yang tinggal di Blok Tanjankan Lebak, Desa Jamblang, itu.

Berdasarkan cerita lain, Kelenteng Jamblang dibangun bersamaan dengan pembangunan Masjid Sang Cipta Rasa di Kasepuhan. Dia mengungkapkan, jejak sejarah keberadaan etnis Tionghoa bukan hanya itu saja.

Jejak bangunan tua etnis Tionghoa di Kecamatan Jamblang, Kabupaten cirebon. Keberadaan makam China Kutiong dan bangunan kuno peninggalan etnis Tionghoa masih berdiri kokoh. Tepat di sebelah keleteng terdapat bangunan tua yang dibangun pada tahun 1905.

“Untuk bangunan tua seperti rumah-rumah itu kurang terawat. Tapi, kontruksi bangunan masih kokoh. Terkecuali kelenteng. Sebab, kelenteng terus dipelihara. Sehingga bangunan pun masih kokoh. Alat-alat yang ada di keleteng pun peninggalan zaman dulu,” pungkasnya. (sam)

https://www.radarcirebon.com/jamblan...ejaknya-2.html

jejak gan
image-url-apps
Kampung yang dibenci nasbung blangsak.
image-url-apps
Sejarah mencatat :nulisah
KASKUS Ads
wah nice trit om
image-url-apps
Mulus amoy nya mane nih? emoticon-Bata (S)
image-url-apps
Quote:


Menurut alam bawah sadar kamu Amoy lebih menarik dan menggairahkan ..
image-url-apps
Quote:


Menurut alam bawah sadar gue semua cewe yg cakep pasti enak di entod.. emoticon-I Love Indonesia
image-url-apps
Terus pada pergi kemana? Kasihan terlupakan gak punya tempat tinggal emoticon-Mewek
image-url-apps
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


doeloe saija punja pohon boewah djamblang Jamblang Disebut Kota Tua Tionghoa, Ini Jejaknya
Quote:


istri ente amoy jadi2anemoticon-Ngakak emoticon-Imlek
image-url-apps
Quote:


Nggak juga gan.
Kalo mereka ada kegiatan semacam family gathering,masyakat sekitar ga ganggu atau apalah namanya.
Malah ane sering nunjukin jalan klo mereka tersesat.
image-url-apps
Quote:


Enak nih buah jaman dulu dikasih gula putih makyos
image-url-apps
Quote:


boeng benar sekali...ini boewah pengganti anggoer djaman dahoeloe
image-url-apps
Quote:


Dari pada cewe jadi2an.. Mending mana? emoticon-Malu
image-url-apps
Daerah asal muasal dr kuliner cirebon yaitu Nasi jamblangemoticon-Genit
image-url-apps
Quote:


kalo di daerah pedesaan cirebon sini namanya duwet gan, rasanya sepet2 asem gitu. Paling enak kalo dimakan bareng ditaburin garam. Wah udah lama bgt gak makan buah ini..
Quote:


kalo lampunya dimatiin, rasanya sama aja bre..
Quote:


antioksidan nya tinggi tuh bree..
di biji jamblang..
image-url-apps
Quote:


boeng tepat sekali...ini boewah legenda para dewa emoticon-Hammer2
image-url-apps
Quote:


anggur versi jawaemoticon-Big Grin
×