alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
5 Gedung di Jakarta tak gubris aturan sumur serapan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b433e5cd9d770cb768b456a/5-gedung-di-jakarta-tak-gubris-aturan-sumur-serapan

5 Gedung di Jakarta tak gubris aturan sumur serapan

5 Gedung di Jakarta tak gubris aturan sumur serapan
Foto gedung pencakar langit Jakarta.
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengancam akan memberikan surat peringatan kedua untuk lima gedung di Jalan Sudirman dan Jalan MH, Thamrin, Jakarta Pusat, yang belum menindaklanjuti laporan pelanggaran sumur resapan di areanya.

Lima gedung yang dimaksud adalah Gedung Sinarmas Land, Sampoerna Strategic Square, Plaza Sentral, Davinci Tower, dan Wisma Kosgoro.

Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan DKI Jakarta, Benny Agus Chandra mengatakan, pengelola lima gedung itu tidak pernah menunjukkan itikad baiknya untuk berkonsultasi dengan Pemprov DKI sejak pelanggaran ditemukan pada Maret 2018.

“Apabila tidak punya niat baik untuk lakukan perbaikan ya kami akan lakukan tindakan sesuai ketentuan yang berlaku,” ucap Benny dalam KOMPAS.com, Senin (8/7/2018).

Pada Maret lalu, tim pengawasan Pemprov DKI melakukan inspeksi gedung-gedung di sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Sebanyak 80 gedung masuk dalam daftar pemeriksaan, namun hanya 77 di antaranya yang bisa diperiksa.

Tiga lainnya tidak bisa diperiksa lantaran masih dalam penyelesaian pembangunan, sudah dihancurkan, dan masih menunggu izin dari Kementerian Luar Negeri. Gedung yang terakhir disebut adalah Kantor Kedutaan Besar Jerman.

Hasilnya, hanya 40 gedung yang memiliki sumur resapan dan 10 di antaranya dilengkapi dengan kolam serapan. Sementara, 37 lainnya tidak memiliki sumur resapan.

Dari total gedung itu juga, ada 49 gedung yang telah melengkapi bangunannya dengan instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) dan 35 gedung berlangganan PD PAL. Ada juga 7 gedung yang menggunakan septic tank.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, sidak itu dilakukan untuk memantau dan mendata penyediaan sumur resapan pengelola air limbah serta pemanfaatan air tanah.

“Sudah saatnya kita mulai mendisiplinkan agar semua gedung-gedung di sini memiliki sumur resapan,” tegas Anies dalam VIVA.

Kendati begitu, Anies mengaku tidak akan langsung memberikan sanksi kepada gedung-gedung yang tidak memenuhi persyaratan.

"Ini berbeda dengan sekedar melanggar (lalu lintas) lalu diberi sanksi. Yang diperlukan bukan sekedar sanksi, yang diperlukan adalah perubahan di dalam mengelola. Karena itu pembinaan, jadi nanti ada paksaan pembinaan, dikoreksi," kata dia.

Dalam perkembangannya, pengelola di 69 gedung yang diaudit pada Maret kemarin itu sudah berkonsultasi dengan Pemprov terkait penyusunan rencana aksi perbaikan bangunan gedung yang meliputi tiga aspek: penyediaan sumur resapan, instalasi pengolahan air limbah (IPAL), dan pemanfaatan air tanah.

Dan dari 69 gedung tersebut, baru empat yang telah melaksanakan perbaikan dan memenuhi seluruh aspek yang diminta. Keempat bangunan tersebut adalah Hotel Le Meridien, Hotel Mandarin Oriental, Menara Astra, dan Sultan Presiden.

Berdasarkan Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 7 Tahun 2010 tentang Bangunan Gedung, pengelola yang tidak memenuhi syarat-syarat pendirian gedung yang berorientasi pada keseimbangan lingkungan akan dikenakan sanksi administratif, seperti pencabutan izin.

Aturan tersebut juga diperkuat oleh Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 38 Tahun 2012 tentang Bangunan Gedung Hijau.

Pasal 1 Ayat 28 dalam Pergub itu menjelaskan, sumur resapan air hujan adalah sistem resapan buatan yang dapat menampung air hujan akibat penutupan permukaan tanah oleh bangunan gedung yang disalurkan melalui atap, pipa talang, maupun saluran.

Bentuknya bisa seperti sumur, kolam dengan resapan, saluran porous, dan sejenisnya.

Ukurannya juga sudah diatur. Volume sistem penampungan air hujan sebesar 0,05 meter dikali luas lantai dasar (dalam meter persegi).

Untuk efisiensi kinerja penampungan dan pengolahan, sistem penampungan air hujan dapat dilakukan dengan menyekat atau membuat kompartemen pada sumur resapan.

Selain air hujan, pelaksana konstruksi juga harus membuat sumur resapan sementara untuk air limbah kegiatan konstruksi dan menyediakan kolam pengendapan (sump pit) untuk penampungan limbah bentonite, lumpur, dan sisa beton.

Pemprov DKI mengaku akan terus melakukan sidak atau razia air di seluruh wilayah Jakarta. Sasarannya bukan hanya perkantoran, melainkan juga kawasan industri.

Menurut rencana, pemeriksaan selanjutnya akan menyasar kawasan industri JIEP Pulogadung dan Daan Mogot. Selanjutnya, Pemprov juga akan menyasar bangunan di sepanjang Jalan Kuningan dan Jalan Gatot Subroto. Pemeriksaan dilakukan mulai 9 Juli sampai 20 Juli.
5 Gedung di Jakarta tak gubris aturan sumur serapan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-sumur-serapan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- 5 Gedung di Jakarta tak gubris aturan sumur serapan Dua orang jadi tersangka kandasnya Lestari Maju

- 5 Gedung di Jakarta tak gubris aturan sumur serapan 4 Selamat, 9 masih terjebak di gua Thailand

- 5 Gedung di Jakarta tak gubris aturan sumur serapan Ditjen Pajak bisa segera intip data WNI di AS



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di