alexa-tracking

Dua orang jadi tersangka kandasnya Lestari Maju

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b433e55529a4523768b456a/dua-orang-jadi-tersangka-kandasnya-lestari-maju
Dua orang jadi tersangka kandasnya Lestari Maju
Dua orang jadi tersangka kandasnya Lestari Maju
Kapal Lestari Maju yang kandas di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, Kamis (5/7/2018). Polisi menetapkan dua tersangka dalam kasus ini.
Polisi menetapkan 2 orang tersangka dalam kasus kandasnya kapal Lestari Maju di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018).

Kedua tersangka adalah AS (nakhoda) dan KM (syahbandar). Sebelumnya, polisi menyebut tersangka ada 4 orang. Dua lainnya adalah IS (bagian administrasi tiket) dan HY (pemilik kapal). Namun polisi meralat dan menerangkan jika dua orang ini statusnya masih saksi.

"Jadi dua tersangka," kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, Senin Senin (9/7/2018), seperti dinukil dari Sulselsatu.com.

Direktur Kriminal Khusus Polda Sulsel Kombes Pol Yudhiawan Wibisono sebelumnya menjelaskan, mereka ditetapkan sebagai tersangka setelah kepolisian melakukan gelar perkara dan pemeriksaan secara maraton, Senin (9/7/2018).

Dugaan pidana melanggar Undang-undang nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran dengan ancaman hukuman kurungan penjara minimal 5 tahun.

"Kami sudah selidiki dan memiliki alat bukti yang jelas," kata Yudhiawan, seperti dinukil dari Okezone.com, Senin (9/7/2018). Barang bukti berupa dokumen, dokumen kepemilikan kapal, dan kapal itu sendiri.

Pidana yang mereka langgar adalah kelalaian yang menyebabkan kematian. Salah satunya, tertera dalam catatan (manifes) penumpang. Manifes penumpang kapal itu hanya mencatat 139 penumpang. Tetapi kenyataannya, di dalam kapal ada 211 orang. Akibatnya kapal kandas dan membuat 36 orang meninggal.

Yudhiawan menjelaskan, polisi sudah memeriksa saksi termasuk dari dari Kementerian Perhubungan dan dari Dinas Perhubungan provinsi.

Ada beberapa dugaan tindak pidana yang dilakukan para tersangka sehingga menyebabkan kapal karam.

"Sudah jelas Syahbandar memerintahkan untuk berangkat, padahal seharusnya koordinasi dulu dengan BMKG, soal cuaca buruk," ujarnya seperti dipetik dari detikcom.

Nakhoda dinilai bersalah karena seharusnya memeriksa kondisi kapal dan kondisi penumpang. "Harus sama dengan manifes karena menyangkut nyawa manusia," ujarnya.

Kapal yang digunakan mengangkut penumpang itu sebenarnya bukan kapal penumpang. Menurut penyelidikan, sejatinya kapal barang yang dimodifikasi menjadi kapal penumpang. Bahkan, kapal yang sudah berumur 30 tahun itu dilaporkan rusak berkali-kali.

Tahun lalu, pada 27 Februari 2017 dilaporkan rusak mesinnya. Entah bagaimana perbaikannya, kapal itu rusak lagi pada 2 April 2018.

Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Pamatata Selayar mengeluarkan surat nomor 55.1.1/006/IV/PMTT/2018 yang menerangkan tentang kerusakan bahwa KM Lestari Maju.

Kapal itu rusak mesinnya saat berlayar dari Bira ke Pamatata sekitar pukul 11.45 WITA. Sehingga menempuh waktu 4 jam. Maka, Lestari Maju pun diperbaiki mulai tanggal 3 April 2018, sampai batas tidak ditentukan.

Kepala UPT Terminal Bonea Selayar, Andi Eka Putera Rindam saat itu berharap Lestari Maju segera diperbaiki, bahkan perlu diganti suku cadangnya. Sebab jika rusak kembali akan menimbulkan kekhawatiran penumpang.

Tak jelas apakah perbaikan kapal itu sudah selesai atau belum, Lestari Maju berlayar lagi. Hingga akhirnya, kapal itu karam dan sengaja dikandaskan. Penyebab sementara, kapal bocor dan kemasukan air saat berlayar di tengah cuaca buruk.
Dua orang jadi tersangka kandasnya Lestari Maju


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...a-lestari-maju

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Dua orang jadi tersangka kandasnya Lestari Maju 5 Gedung di Jakarta tak gubris aturan sumur serapan

- Dua orang jadi tersangka kandasnya Lestari Maju 4 Selamat, 9 masih terjebak di gua Thailand

- Dua orang jadi tersangka kandasnya Lestari Maju Ditjen Pajak bisa segera intip data WNI di AS

×