alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
4 Selamat, 9 masih terjebak di gua Thailand
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b433ceec1d770350b8b4568/4-selamat-9-masih-terjebak-di-gua-thailand

4 Selamat, 9 masih terjebak di gua Thailand

4 Selamat, 9 masih terjebak di gua Thailand
Foto dari Thai Royal Navy pada 7 Juli 2018 menunjukkan tim militer Thailand tengah menyiapkan upaya penyelamatan pada anggota tim sepak bola yang terjebak di gua Tham Luang sejak 23 Juni.
Perhatian warga Thailand, juga dunia, kini terfokus pada upaya penyelamatan 12 anak dan seorang pelatih yang tergabung dalam tim sepak bola Wild Boars. Mereka telah lebih dari dua pekan terkurung di dalam sistem gua Tham Luang di Provinsi Chiang Rai akibat air yang membanjiri gua tersebut.

Mereka berwisata ke gua tersebut usai latihan pada 23 Juni 2018 dan tak menyadari air yang perlahan memenuhi sistem gua. Pada 2 Juli seorang penyelam asal Inggris menemukan 13 orang tersebut dalam keadaan selamat di sebuah ceruk seluas 10 meter persegi yang berjarak sekitar 4,5 km dari mulut Tham Luang.

Alur gua yang sempit dan kotornya air membuat upaya penyelamatan mereka tidak mudah. Berbagai opsi dipikirkan dan dipertimbangkan. Mulai dari mengebor lubang dari atas ceruk di mana mereka berada hingga menunggu monsun selesai dan air surut dengan sendirinya--yang bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Elon Musk, jutawan pemilik Tesla dan SpaceX, bahkan segera menyiapkan kapal selam mini dari bahan pesawat antariksa SpaceX untuk membantu menyelamatkan anak-anak dan sang pelatih tersebut.
Simulating maneuvering through a narrow passage pic.twitter.com/2z01Ut3vxJ
— Elon Musk (@elonmusk) July 9, 2018
Namun pada Sabtu (7/7), Ketua Tim Penyelamatan, Narongsak Osottanakorn, memutuskan memilih opsi penyelaman untuk menyelamatkan mereka.

Keputusan tersebut memang amat berisiko. Sehari sebelumnya, Jumat (6/7), seorang penyelam dan mantan anggota pasukan khusus Angkatan Laut Thailand bernama Saman Kunan, tewas akibat kekurangan oksigen setelah mengirimkan suplai bagi tim sepak bola itu.

Apalagi, banyak dari anak-anak berusia 11-17 tahun tersebut yang sama sekali tidak bisa berenang.

Keputusan tetap diambil karena tidak mungkin menunggu terlalu lama untuk mempersiapkan cara lain, sementara hujan berpotensi terus turun dan pada akhirnya bisa menenggelamkan gua tersebut.

Pada Minggu (8/7/2018) pagi, misi penyelamatan yang melibatkan 90 penyelam--40 penyelam Thailand dan 50 penyelam dari luar negeri--mulai dilakukan. Hasilnya positif. Setelah menyelam selama sekitar 11 jam--5 jam masuk dan 6 jam keluar--empat orang anak berhasil diselamatkan dan telah dibawa ke rumah sakit.

Empat orang penyintas pertama itu dipilih setelah mereka semua diperiksa oleh seorang dokter yang dikirim ke dalam gua. Dokter tersebut menentukan mereka yang kondisi fisiknya paling lemah untuk diselamatkan lebih awal.

Awalnya beredar kabar bahwa ada enam anak yang berhasil dikeluarkan dari gua, tetapi kemudian tim penyelamat mengonfirmasi baru empat yang mereka bawa ke luar.

Misi hari pertama tersebut berhasil, bahkan lebih cepat dari yang diperkirakan. Para penyelam masuk ke gua sekitar pukul 10.00 waktu setempat, ketika hujan berhenti, dan anak pertama berhasil dikeluarkan dari gua pada pukul 17.40 waktu setempat. Tiga lainnya berturut-turut menyusul, hingga yang terakhir pada pukul 7.50.

"Saya ingin mengabarkan kepada publik di rumah dan mereka yang telah mendukung kami selama ini, setelah 16 hari, hari ini adalah hari yang telah dinantikan kita semua, kami bisa melihat Wild Boars secara langsung sekarang," kata Narongsak.

Wild Boars adalah nama tim sepak bola anak-anak itu.

Pemeriksaan awal terhadap keempat anak tersebut menunjukkan bahwa kondisi tubuh mereka terbilang baik, tetapi pemeriksaan lebih lanjut bakal dilakukan.

Mereka kini dirawat di Rumah Sakit Chiang Rai yang telah mengosongkan lantai 8 khusus disiapkan untuk merawat seluruh 13 anggota Wild Boars. Tim dokter dan perawat khusus juga telah tersedia bagi mereka.

Nama keempat anak tersebut belum diumumkan, tetapi seorang ibu bernama Namhom Boonpiam kepada The Guardian menyatakan yakin mendengar nama anaknya, Mongkhol Boonpiam, disebut sebagai salah satunya.

"Saya selalu yakin bahwa ia akan selamat," kata sang ibu.

Saat ini, setelah 10 jam beristirahat, fase kedua penyelamatan tengah dilakukan pada Senin (9/7) dan mereka berharap bisa mengeluarkan lebih banyak anak.

The New York Times mengabarkan misi telah dimulai pada pukul 11.00 waktu setempat dan Narongsak yakin proses pengeluaran anggota Wild Boar itu bakal lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

"Peralatan sudah siap. Anak-anak itu sudah siap," tegas Narongsak.

Para orang tua, juga dunia, menanti dan berharap sembilan anggota Wild Boars yang masih terjebak bisa menyusul empat rekan mereka yang berhasil diselamatkan lebih dulu.
4 Selamat, 9 masih terjebak di gua Thailand


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...i-gua-thailand

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- 4 Selamat, 9 masih terjebak di gua Thailand Ditjen Pajak bisa segera intip data WNI di AS

- 4 Selamat, 9 masih terjebak di gua Thailand Komplotan pencuri perlengkapan staf kepresidenan RI berhasil dibekuk

- 4 Selamat, 9 masih terjebak di gua Thailand Cagub tahanan KPK menang di Maluku Utara



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di