alexa-tracking

Peran Henry: Sang Legenda Prancis di Tubuh Generasi Emas Belgia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b430f8414088d554c8b456e/peran-henry-sang-legenda-prancis-di-tubuh-generasi-emas-belgia
Peran Henry: Sang Legenda Prancis di Tubuh Generasi Emas Belgia
Peran Henry: Sang Legenda Prancis di Tubuh Generasi Emas Belgia

Jakarta, IDN Times - Jika mendengar nama Thierry Henry, kita akan mengingat jelas bagaimana kiprahnya bersama Arsenal, Barcelona dan juga timnas Prancis. Bersama Prancis, Henry mencetak 51 gol dalam 123 pertandingan. Ia juga berhasil mempersembahkan gelar Piala Dunia 1998, Piala Eropa 2000, Piala Konfederasi 2003 dan menjadi runner-up di Piala Dunia 2006.

Delapan tahun sejak memutuskan pensiun dari timnas Prancis, kini Henry bergabung dengan Belgia sebagai asisten pelatih Roberto Martinez. Tidak dapat dipungkiri, tajamnya lini depan Belgia tidak lepas dari peran Henry.

Dalam lanjutan Piala Dunia 2018, Henry harus bertarung dengan Prancis di semifinal melawan Belgia pada Rabu (11/7) pukul 01.00 WIB.


1. Alasan Martinez menunjuk Henry sebagai asisten pelatih
Peran Henry: Sang Legenda Prancis di Tubuh Generasi Emas Belgia
Pada awal proses mencari pengganti untuk Marc Wilmots, nama Ralf Rangnick yang sekarang direktur sepak bola RB Leipzig menjadi kandidatnya. Rangnick mengatakan bahwa, jika dia mendapatkan pekerjaan itu, Henry harus bergabung dengannya sebagai asisten. Rangnick tidak diangkat tetapi Martínez menyambut sarannya dengan tangan terbuka.

Martinez menunjuk Henry sebagai asisten pelatih bukan hanya karena pengetahuan mencetak golnya tapi juga pengalamannya menang dengan tim yang dibebani oleh harapan besar seperti Prancis, Arsenal, dan Barcelona.

"Thierry Henry membawa sesuatu yang benar-benar berbeda. Dia seseorang yang berada dalam situasi harus mengembangkan mentalitas sebagai sebuah tim. Untuk mengubah impian memenangkan sesuatu yang istimewa," kata Martinez ketika mengumumkan Henry bergabung dengan Belgia.

Fokus Henry jelas: Membantu Belgia memenuhi potensinya, terlebih dengan generasi emas yang dimiliki Belgia sekarang ini.

"Untuk menjadi generasi emas, Anda perlu menaruh beberapa emas di atasnya. Yang saya maksud dengan emas adalah menang," katanya dalam sebuah wawancara TV. 


2. Pengaruh dan pengalaman Henry untuk barisan depan Belgia
Peran Henry: Sang Legenda Prancis di Tubuh Generasi Emas Belgia
Salah satunya adalah Lukaku yang banyak menonton cuplikan video para striker hebat di laptopnya, termasuk video Henry. Lukaku sudah mencetak 4 gol di Piala Dunia ini dan hanya tertinggal dari Harry Kane yang berada di posisi teratas dalam perebutan top skor Piala Dunia.

Bukan hanya Lukaku, tapi juga penyerang muda Belgia, Adnan Januzaj. Dilansir dari Associated Press News, menggantikan Lukaku yang diistirahatkan ketika melawan Inggris saat laga penyisihan grup. Januzaj mencetak gol indah melengkung ke gawang Jordan Pickford. Januzaj menyebut nama Henry untuk kredit atas golnya.

"Jelas itu semua kerja keras yang kami lakukan dengan latihan bersamanya. Itu semua yang adalah penyelesaian yang kami lakukan dan saya pikir sangat penting untuk memiliki seseorang seperti dia di tim," kata Januzaj.

Lihat juga bagaimana serangan balik Belgia saat melawan Jepang yang dimotori Kevin De Bruyne. Times of India menyebut momen itu seperti permainan di Liga Inggris di dekade pertama tahun 2000-an ketika Thierry Henry melakukan hal yang sama untuk Arsenal di Highbury.


3. Bagaimana Henry membangun lini depan Belgia menjadi tajam?
Peran Henry: Sang Legenda Prancis di Tubuh Generasi Emas Belgia
Legenda Prancis ini bekerja dengan cara mencoba memasukkan naluri yang membuat Arsenal menjadi klub yang diidolakan pada masanya. Martinez mengatakan, bentuk "kesederhanaan" gaya permainan Henry kini sedang diadaptasi oleh Belgia untuk menujukkan kepada dunia bagaimana mereka melangkah jauh di Rusia.

“Kualitas menyerang yang kami miliki di fase grup sangat kaya. Pengalaman Henry untuk dapat melewati situasi yang kita miliki sebagai tim akan menjadi sangat penting. Kemudian ketika Anda pergi ke dasar-dasar latihan menyerang sederhana, sebagai pemain Anda bisa mendapatkan banyak darinya, ”kata Martinez menjelaskan peran legenda Prancis itu.

The Guardian menulis, Henry juga bertindak seperti seorang guru. Dia beberapa kali menarik pemain seperi Lukaku dan Hazard untuk menunjukkan klip dan akan menjelaskan pengamatannya. Henry, seorang perfeksionis, dia bisa sangat keras dan terus terang dengan para pemain. Trik kecilnya membantu mereka. 


4. Populer di antara pemain Belgia
Peran Henry: Sang Legenda Prancis di Tubuh Generasi Emas Belgia
Ketika Henry diperkenalkan kepada para pemain di hotel mereka di Zaventem pada bulan September 2016, beberapa orang kagum untuk bertemu dengannya. Dia adalah salah satu idola masa kecil mereka. Beberapa, seperti Christian Benteke dan Michy Batshuayi, memasang poster-posternya di dinding.

Henry juga akrab dengan pemain lainnya. Dia terlihat bermain bola basket dengan Hazard dan Benteke, dia menonton pertandingan dengan Vincent Kompany, yang mengangkatnya setelah pertandingan melawan Brasil.

"Dia adalah idola bagi semua orang di dalam grup. Seseorang yang sering tertawa dan masih memiliki mentalitas anak laki-laki," kata Youri Tielemans. 


5. Prancis akan buktikan Henry salah tim
Peran Henry: Sang Legenda Prancis di Tubuh Generasi Emas Belgia
Bergabung dengan Belgia, tentu ada kekecewaan dari Prancis. Salah satunya datang dari Olivier Giroud. Giroud mengatakan dia sangat menghormati Henry dan berharap mendapat saran darinya.

“Ada banyak rasa saling menghormati. Saya tidak membencinya. Saya lebih suka dia bersama kami dan memberikan nasihatnya kepada saya, ”kata Giroud.

“Pekerjaan saya adalah untuk bermain bagus di lapangan, untuk membantu tim saya. Tetapi saya akan bangga menunjukkan Titi bahwa dia memilih sisi yang salah,” imbuh Giroud dilansir Fox Sport.

Begitu juga dengan bek Prancis Lucas Hernandez yang yakin Henry akan menikmati kemenangan Prancis meski saat ini sang legenda melatih Belgia.

“Ketika kamu orang Prancis, kita semua tahu bahwa Henry adalah pemain hebat, dia adalah ikon sepak bola. Tapi sekarang dia asisten pelatih Belgia, saya harap dia tidak akan mengalahkan kami di semifinal. Dan saya pikir jika kita menang, dia akan tetap bahagia karena dia adalah orang pertama dan paling penting,” katanya.

Baca juga: Gagal di Piala Dunia, Fernando Hierro Berhenti Sebagai Pelatih Spanyol


Sumber : https://www.idntimes.comsport/soccer...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Peran Henry: Sang Legenda Prancis di Tubuh Generasi Emas Belgia Video Teaser Pemain Nomor Punggung 7 Juventus Beredar

- Peran Henry: Sang Legenda Prancis di Tubuh Generasi Emas Belgia Tragis Ini 3 Blunder Kiper Paling Menyakitkan di Piala Dunia 2018

- Peran Henry: Sang Legenda Prancis di Tubuh Generasi Emas Belgia Mbappe Hazard Berbahaya Laga Prancis Vs Belgia Bakal Menegangkan