alexa-tracking

[BUDAYA TIONGHOA] Mengenal Stempel Batu Tradisional Tiongkok

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b430d74e0522701778b457c/budaya-tionghoa-mengenal-stempel-batu-tradisional-tiongkok
[BUDAYA TIONGHOA] Mengenal Stempel Batu Tradisional Tiongkok
[BUDAYA TIONGHOA] Mengenal Stempel Batu Tradisional Tiongkok


JAKARTA – Jauh sebelum era modern seperti saat ini, Tiongkok ternyata sudah memiliki cara untuk menandai dokumen atau surat penting. Jika kita mengenal teknologi stempel. Tiongkok sudah mengenal teknologi sejenis. Ya, Tiongkok memiliki stempel batu tradisional sejak ribuan tahun silam.

Disigi dari berbagai sumber, stempel di Tiongkok mulai digunakan oleh Kaisan Qin Shi Huang, sekira 221 Sebelum Masehi. Stempel sederhana yang dibuat dari ukiran batu tersebut, digunakan untuk menandai surat atau maklumat resmi yang dibuatnya.

Mulai saat itu, penduduk Tiongkok yang memiliki kepentingan, membuat stempel dengan mengukir nama mereka atau nama keluarga. Bukan hanya di batu, ada juga yang di tulang binatang, gading gajah, tembaga hingga perunggu. Sementara, jenis batuan yang digunakan pun beragam jenisnya.

Menariknya lagi, stempel jenis ini masih dipergunakan hingga hari ini, terutama di Tiongkok dan Taiwan. Bukan hanya perorangan, dokumen resmi di bank pun menggunakan stempel jenis ini. Beda halnya dengan di Hong Kong yang budayanya lebih plural.

Salah satu alasan kenapa stempel jenis ini masih dipertahankan adalah, sulitnya untuk memalsukan stempel jenis ini. Karena, selain dibuat dan dipesan khusus, stempel jenis ini juga biasanya hanya dipegang oleh sang pemilik. Tidak heran jika banyak pelukis tradisional dan kaligrafi Tiongkok juga menggunakan stempel jenis ini pada karya mereka. Tujuannya, memastikan lukisan atau kaligrafi tersebut merupakan asli buatannya.

Unik juga ya. Tidak ada salahnya jika stempel batu Tiongkok ini kita gunakan, sebagai salah satu ciri khas kita yang membedakan dengan orang lain. Tertarik mencoba?

emoticon-Imlek BUDAYA TIONGHOA emoticon-Imlek


Pertamax n nyimak dulu gan emoticon-Big Grin