alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Setelah Lampu Hijau dari Toyota, Kemenperin Mantapkan untuk Riset Kendaraan Listrik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b42ce5398e31b201b8b456a/setelah-lampu-hijau-dari-toyota-kemenperin-mantapkan-untuk-riset-kendaraan-listrik

Setelah Lampu Hijau dari Toyota, Kemenperin Mantapkan untuk Riset Kendaraan Listrik

Pada saat ini  pemerintah terus berupaya untuk mendorong pemanfaatan teknologi otomotif yang ramah lingkungan melalui program LCEV,


Pada implementasinya, Kemenperin berkolaborasi dengan sejumlah akademisi, termasuk Toyota Indonesia sebagai pelaku industri otomotif nasional, untuk memperkenalkan teknologi pengembangan kendaraan ramah lingkungan termasuk mobil listrik.


Setelah Lampu Hijau dari Toyota, Kemenperin Mantapkan untuk Riset Kendaraan Listrik


Kegiatan ini bakal jadi tantangan buat pemerintah, dalam menerapkan kebijakan pengembangan kendaraan listrik, yang ujungnya target 20 persen untuk produksi kendaraan emisi karbon rendah (low carbon emission vehicle/LCEV) tahun 2025 bisa tercapai.

Pada awal langkah pemerintah akan melakukan Riset bersama kegiatan ini dijadwalkan akan berangsung sepanjang 2018 sampai 2019.

Di sini nanti pembagian tugas akan di lakukan dalam dua tahap:

Pada tahap pertama, peneliti dari UI, ITB, UGM akan menggunakan 12 unit kendaraan listrik dan enam unit kendaraan konvensional yang disediakan oleh Toyota Indonesia.

Kendaraan ini dipergunakan untuk mempelajari aspek teknikal seperti jarak tempuh, emisi, infrastruktur, dan kenyamanan pelanggan melalui pelacakan data dalam penggunaan sehari-hari mobil-mobil tersebut di tiga kota besar Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta selama periode tiga bulan.

Pada tahap berikutnya, peneliti dari UNS, ITS dan Udayana akan melakukan rangkaian studi yang sama dengan tujuan agar data yang diperoleh lebih beragam dan komprehensif.

Nantinya, data-data yang terkumpul akan dianalisa dan disimpulkan untuk menjadi referensi bagi Kemenperin. Selain itu, penelitian juga akan mempelajari mengenai rantai pasok industri termasuk kebutuhan ketenagakerjaan.


Setelah Lampu Hijau dari Toyota, Kemenperin Mantapkan untuk Riset Kendaraan Listrik


Kegitan Ini dilakukan buat memahami secara lebih menyeluruh aspek yang bisa memengaruhi pengembangan kendaraan elektrifikasi di Indonesia, terutama mengenai preferensi konsumen. Selain itu, dari sisi industrinya, meliputi rantai pasok serta kebutuhan infrastruktur pendukung.

Riset ini juga merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk menurunkan Emisi Gas Rumah Kaca (CO2) hingga 29 persen pada 2030, sekaligus menjaga energi sekuriti di sektor transportasi darat.

Quote:


Bentuk kotribusi toyota

Salah satu bentuk kontribusi Toyota yaitu menyumbangkan sebanyak 12 mobil listrik ke Kementerian Perindustrian.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika, mengatakan mobil-mobil listrik tersebut diserahkan ke Kemenperin untuk kebutuhan riset mobil hijau di Indonesia.

yang dihadiri oleh Presiden Direktur Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing Co. Ltd Tatsuro Takami.

Quote:


Rencananya, Toyota akan membawa enam unit PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) dan enam unit HEV (Hybrid Electric Vehicle) untuk kebutuhan riset yang akan memakan waktu bertahun-tahun itu.

Terkait mobil-mobil ramah lingkungan yang akan dibawa masuk ke Indonesia, Juli belum bisa memastikan. Namun dipastikan mobil-mobil yang dimaksud adalah mobil 'hijau' Toyota di masa depan.

Ada 12 mobil hybrid dan 6 mobil konvensional tercanggih beserta teknologi pendukungnya yang disediakan oleh pihak Toyota. Mobil itu jika dirinci lebih lanjut adalah 6 unit Toyota Prius hybrid, 6 Toyota Prius Plug-in Hybrid, 6 Toyota Corolla bermesin bensin, berikut data logger, charger, dan lainnya.

Quote:


salah satu langkah yang diambil ini nantinya akan menjadi masukkan bagi pemerintah menerapkan kebijakan pengembangan kendaraan listrik. Sehingga, target 20 persen untuk produksi kendaraan emisi karbon rendah (LCEV) tahun 2025 dapat tercapai.

Quote:


Ya smoga saja nantinya proyek riset ini dapat memberi kamajuan dan kemandirian dalam dunia otomotif di indonesia serta akan membuka banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di indonesia

source:


[url=https://otomotif.kompas.com/read/2018/07/04/134142315/kemenperin-kali-ini-gandeng-toyota-riset-kendaraan-listrik ,][font=Comic Sans MS]1[/font][/url],2,3,4,5

Diubah oleh: pussmeong12
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 5
Diubah oleh Pazonda95
biasanya mobil listrik ini harganya mahal bree hanya bisa mampu di nikmati kaum atas gan
Quote:


memang mahal karena sumber daya, sarana dan infrastrukturnya masih belum ada di mari, coba kalo udah banyak yg bangun sarana prasarana nya, bakal kyk mobil lain gan
Diubah oleh pororo88
memang tahun tahun ini lagi tren tetang tekhnologi ini tapi mungkinkah akan terealisasi di indonesia gan ?
ini pastinya akan sulit, sebab butuh waktu lama untuk membangun sarana infrastruktur pendukung. Misal untuk pompa listrik dan sarana pendukung lainnya bre.emoticon-No Hope
astra emang dari dulu penyedia part universal,,masalahnya ada brand yang produksi gak macam tesla di kanada? emoticon-Cape d...
ane mau menyakan apakah mobil listrik ini mempunyai dampak negatif pada lingkungan gan??
mungkin ini sebagai ajang gengsi produk dari toyota dan mitsubishi gan emoticon-Ngakak
emang seharusnya polusi udara ini dapat dikurangi gan dengan tekhnologi tekhnolgi terbaru gan
tujuan dari kegiatan ini apa sih gan?
apakah yg akan di teliti hanya mobil dan tekhnologinya saja bree??
ada kok selain mobil dan tekhnologinya ada enam unit stasiun pengisian level dua (4 jam pengisian, 3.500 watt) serta menyediakan asistensi teknik dalam kegiatan penelitian dan studi komprehensif kendaraan elektrifikasi.
kenapa kok nunggu 2020 untuk produksi mobil listrik ini bre??
untuk memproduksi mobil tidak sembarangna gan semua ada step step yang harus di slesaikan gan!
apa bener setelah dapat persetujuan kemenperin langsung menyikat dengan melakukan riset Teknologi Mobil Listrik
Pastinya dengan Langkah ini akan menjadi masukkan bagi pemerintah menerapkan kebijakan pengembangan kendaraan listrik,emoticon-thumbsup
saya rasa saat ini sangat berusaha sangat keras demi mewujudkan kendaraan ramah lingkunganemoticon-Ultah
bila kendaraan ini diwujud kan dapat menurunkan Emisi Gas Rumah Kaca (CO2) sebesar 29 persen pada tahun 2030 dan itu adalah kabar baik emoticon-Salam Kenal
Post ini telah di hapus oleh kaskus.support17
Quote:


bener gan pemerintah berusaha keras untuk mewujudkan kendarran pro iniemoticon-Salam Kenal
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di