alexa-tracking

Apa Apa Sih Di Luang Prabang?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b42c278a09a39be518b4568/apa-apa-sih-di-luang-prabang
Apa Apa Sih Di Luang Prabang?
Agan pernah kepikiran untuk liburan di Laos nggak? Kalau liburan ke Laos, bagusnya kemana yah? Bingung? Nah, aku mau saranin ke Luang Prabang aja! Apa sih uniknya Luang Prabang ini? Ternyata Luang Prabang bukan sekedar kota tua yang biasa loh. Kota ini terletak di utara Laos dan dulunya pernah menjadi ibukota Kerajaan Laos, loh. Lalu kemudian Kerajaan Laos terpecah dan kekuatan militer kerajaan ini menjadi melemah di abad ke-16. Di tahun 1887, Perancis memberikan bantuannya dan hal ini menyebabkan banyaknya bangunan-bangunan bergaya Perancis yang bermunculan di tengah bangunan tua kota ini. Sampai akhirnya di tahun 1975, revolusi terjadi oleh Pemerintah Komunis Laos yang mengambil alih Luang Prabang. 

Mungkin aja agan berpikir kota tua ini pastinya udah nggak nyaman lagi untuk ditinggali. Tapi, jangan salah loh di sini agan akan sangat nyaman berkeliling kota karena kondisi jalanannya yang bersih dan rapi. Dan sudah menjadi hal yang lumrah kalau agan berkeliling di kota ini dan melihat pemandangan bangunan dengan sentuhan gaya Perancis dan rumah tradisional khas kota Luang Prabang. Kesan kota tua juga bisa agan dapatkan juga dari kuil-kuil Buddha yang sudah sangat tua dan tersebar di kota ini.

Luang Prabang juga sangat kental dengan nuansa religinya, loh. Agan bisa melihat atraksi wisata di Luang Prabang yaitu upacara ‘Sai Bat’. Upacara ini adalah upacara sakral dimana warga lokal memberi sedekah berupa nasi ketan, buah, dan camilan tradisional kepada biksu yang berjalan mengitari kota. Agan harus bangun pagi-pagi banget loh yaitu di jam 05:00 waktu setempat untuk melihat upacara ini. Dan ingat untuk tetap menjaga tata karma karena atraksi wisata ini tetap merupakan ritual keagamaan di kota ini.
Apa Apa Sih Di Luang Prabang?

Ada juga atraksi wisata yang tidak boleh agan lewatkan di kota ini yaitu pasar malam. Pasar Malam Luang Prabang dijamin akan menambah semaraknya liburan agan di malam hari. Pasar malam dengan luas 1 km ini mempunyai lebih dari 300 warung yang menjual cinderamata dan kerajinan tangan khas Laos. Eits, selain membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang, jangan lupa juga mencoba makanan lokal yang dijual di pasar ini. Dan seperti pasar malam kebanyakan, aksi tawar-menawar jangan sampai agan lewatkan yah!
Apa Apa Sih Di Luang Prabang?

Setelah membahas tentang sejarah, kebudayaan dan bangunan di Luang Prabang, ini saatnya untuk membicarakan tentang pesona alam yang ada kota ini. Bukit Phu Shi atau Chamsy adalah lokasi favorit turis untuk menikmati keindahan kota ini. Agan nggak perlu khawatir karena pendakian untuk menuju ke atas bukit ini nggak susah, kok. Bukit ini mempunyai ketinggian 150 meter dan untuk itu agan hanya perlu menaiki 328 anak tangga. Rasa lelah pasti akan segera lunas deh, gan kalau sudah sampai di atas bukit ini dan melihat seluruh pemandangan kota Luang Prabang yang indahnya luar biasa! 
Apa Apa Sih Di Luang Prabang?
Seru banget kan? Nah, karena cerita sejarah, budaya, gaya bangunan, serta wisata alam yang dimiliki oleh Luang Prabang menjadikannya sebagai Kota Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1995. Gimana nih gan? Udah nggak sabar yah berwisata ke Luang Prabang Laos?
×