alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Masjid Al-Noor Hanoi, Simbol Islam Di Vietnam
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b426d1f60e24b4c488b4580/masjid-al-noor-hanoi-simbol-islam-di-vietnam

Masjid Al-Noor Hanoi, Simbol Islam Di Vietnam

Masjid Al-Noor Hanoi, Simbol Islam Di Vietnam

DDHK News 12 November 2012 Dunia Islam,Featured0

Merawat tempat ibadah Muslim (masjid) satu-satunya di utara Vietnam, Doan Hong Cuong, memertahankan simbol kehadiran kaum Muslim di negara Asia berhaluan ateis itu. “Kami bangun pukul 4.15 setiap pagi dan mengawali hari baru dengan shalat (Subuh),” katanya kepada surat kabar VietNamNet , Minggu, 11 November.

Cuong mengurus Masjid Al-Noor, satu-satunya masjid di Hanoi, Vietnam utara. “Ketika matahari terbit, setiap anggota keluarga mulai bekerja,” katanya. “Anak saya mengurus toko kecil miliknya dan cucu kami pergi ke sekolah, para wanita dalam keluarga melakukan pekerjaan rumah tangga.”

Lahir di Hanoi, Cuong adalah putra seorang ayah asal Pakistan yang menikah dengan wanita Vietnam. Mereka mulai tinggal di kota Vietnam Utara itu tahun 1940.

Dia membentuk sebuah komunitas kecil kaum Muslim di ibu kota, lalu menjadi pengurus masjid.

Ketika sebagian besar umat Islam memilih untuk berangkat Selatan tahun 1954, ayah Cuong memutuskan untuk tinggal di Hanoi untuk mengurus masjid.

Ketika ayah mereka meninggal tahun 1963, Cuong dan kakak tertuanya memutuskan untuk mengurus masjid.

Masjid Al-Noor, satu-satunya masjid di Vietnam utara, dibangun tahun 1890 oleh komunitas Muslim India yang awalnya pergi ke Vietnam untuk bisnis. Masjid ini cukup kecil dengan ruang terbatas hanya 700 meter persegi.

Sekitar 200 Muslim shalat Jumat di masjid ini.

Cuong mengatakan siap mengurus masjid itu sampai akhir hidupnya. “Yang paling penting adalah keyakinan (iman) dan ingin berbuat baik bagi dunia pada umumnya,” kata Muslim Vietnam ini.

Dibangun lebih dari 100 tahun lalu, Masjid Al-Noor kini mulai rusak. Cuong mengatakan, komunitas Muslim di Hanoi akan menggelar kongres pertama di bulan Desember untuk membahas perbaikan masjid.

Jumlah kaum Muslim di Vietnam diperkirakan mencapai 73.000 jiwa atau hampir 0,1 persen dari 91 juta penduduk negara itu. Mayoritas etnis Cham, lainnya dari Khmer, Melayu, Viet, asal Cina dan Arab. Kebanyakan kaujm Muslim hidup di selatan Vietnam. Ada sekitar 79 masjid di seluruh Vietnam, sebagian besar berada di selatan. (Mel/Onislam.net/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

http://ddhongkong.org/masjid-hanoi-s...am-di-vietnam/
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kamu prolifik sekali kalo bikin trit emoticon-Belo

semalem berapa trit bre?


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di