alexa-tracking

Saat Ini Sedang Terjadi Serangan Besar-besaran Pada Islam Nusantara

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b42413aded7704a148b4567/saat-ini-sedang-terjadi-serangan-besar-besaran-pada-islam-nusantara
Saat Ini Sedang Terjadi Serangan Besar-besaran Pada Islam Nusantara
AKURAT.CO Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting Saidiman Ahmad mengatakan saat ini sedang terjadi serangan besar-besaran pada Islam Nusantara. Yang menyedihkan, kata dia, para penyerang menggunakan prasangka yang tidak benar pada Islam Nusantara.

"Alih-alih mengkritik secara konstruktif, yang muncul justru fitnah receh yang tak bermutu," kata Saidiman Ahmad melalui akun @saidiman.

Menurut Saidiman Ahmadh salah satu kesalahpahaman itu adalah menganggap bahwa Islam Nusantara suatu paham yang semangatnya anti Arab. Justru Islam Nusantara muncul dengan semangat pengakuan pada perbeda-bedaan budaya Islam di masing-masing tempat.

Baca Juga:

Pertanyaan Buat TGB: Kenapa Anda Biarkan Warga Ahmadiyah Lombok Ngungsi?
TGB: Berhentilah Berkontestasi Politik dengan Mengutip Ayat-Ayat Perang Al-Qur’an
Saidiman Tertawakan Amien Rais Sebut Pemerintahan Buruk Dikendalikan Dajjal


"Islam nusantara berpijak pada prinsip bahwa manusia hidup tidak bisa dilepaskan dari lingkungan sosio-kultural tertentu yang mempengaruhi cara pandang masing-masing individu. Bukankah Islam sendiri datang tidak dalam ruang kosong?" kata Saidiman Ahmad.

Menurut Asghar Ali Engineer, penulis Teologi Pembebasan dalam Islam, Islam datang sebagai respons pada kondisi dan budaya masyarakat yang tidak adil dan diskriminatif. Karena itu, kata dia, semangat Islam adalah mendorong keadilan dan melawan diskriminasi.

Dikatakan, sejak awal Islam tak bicara pada ruang hampa, melainkan merespons konteks. Dan konteks bisa berubah dan berbeda di masing-masing tempat dan zaman. Bagaimana Islam bisa relevan di setiap tempat dan zaman yang berbeda? Inovasi dan reformasi adalah jalannya. Fleksibilitas dibutuhkan.

Islam sebagai suatu nilai diterjemahkan dalam beragam ekspresi Islam. Tanpa pengakuan pada keragaman, yang akan terjadi adalah benturan terus-menerus dan pada akhirnya akan membuat agama ini musnah. Mengakui keragama ekspresi Islamlah yang akan menyelamatkan.

"Di negeri para pemalas, segala sesuatu gampang sekali disalahpahami," kata Saidiman Ahmad.

Menurut dia para penentang Islam Nusantara datang dengan narasi lama. Mereka keberatan dengan penambahan adjectif setelah Islam. Tak ada Islam liberal, pluralis, inklusif, tak ada Islam Nusantara, kata mereka. Islam ya Islam aja. Mungkin ada Islam saja itu?

Kalau mereka menentang penambahan kata sifat pada Islam, kata Saidiman Ahmad, bukankah Islam saja juga sebetulnya mengandung kata sifat juga, yakni klaim murni, tak terikat pada suatu apa? Kemurnian atau kesajaan adalah sifat yang dilekatkan atau diklaim ada pada pemahaman sang pemberi klaim.

Para penentang Islam Nusantara mengklaim Islam mereka tidak dilekati apapun. Islam mereka murni. Betulkah begitu? Sama sekali tidak. Pemahaman mereka berasal dari suatu doktrin yang dikembangkan Muhammad bin Abdul Wahhab juga Ibn Taimiyyah, bahkan mungkin pada paham khawarij.

Mereka yang mengklaim menganut Islam murni atau asli sesungguhnya tidak asli sama sekali, kata Saidiman Ahmad. Mereka juga dipengaruhi oleh suatu konteks. Islam yang mereka anut adalah juga hasil dari interpretasi. Dan setiap interpretasi tidak bisa dilepaskan dari konteks.

Pada perang Siffin, Ali bin Abi Thalib menyatakan bahwa bukan Al Quran yang berbicara, melainkan laki-laki dan perempuan itulah yang bicara atas nama al-Quran. Artinya pada dasarnya setiap pembicaraan mengenai agama adalah interpretasi. Tidak murni doktrin agama itu sendiri. []


https://m.akurat.co/id-249023-read-saat-ini-sedang-terjadi-serangan-besarbesaran-pada-islam-nusantara


ya iyalah yaw, kudu di interpretasi biar bisa dipake propaganda dan nambah member.....semua agama samawi mah sama, sebelahnya pake istilah perumpamaan yg sebelah lagi pake istilah tafsir
image-url-apps
Berkat nusantara ajaran islam telah diaduit guna direvisi yah gan emoticon-Smilie
image-url-apps
Uclim yg 1/2 damai pake sarung n makan ketupat ya di nusantara,di ngarab sono malah gila permanen sampe2 ketagihan kencing onta emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
KASKUS Ads
image-url-apps
masama agama contol saling kentodemoticon-Ngakak

Yg kenak muncratan pejuh tetef kapir mimiriki wayudi remason..bla bala..blup
Kan contol kali emoticon-Leh Ugaemoticon-DP
image-url-apps
Islam nusantara ngga birahi hewan beda dgn islam wannabe onta. Wannabe onta doyannya mecun tp lagaknya sok manusia suci. Modal jubah jenggot kambing jidat gosong.

Wannabe onta doyan memperkosa. Ngga tahan lihat selangkangan. Suka menghujat. Merendahkan suku bangsa lain. Suka fitnah suka hoax. Suka mengadu domba
Quote:


Quote:


Quote:


Islam Nusantara bagian papua kyak gini..pakai koteka & sarung

Saat Ini Sedang Terjadi Serangan Besar-besaran Pada Islam Nusantara
image-url-apps
islam nusantara

revolusi mental

ga jelas teori kowi emoticon-Hammer2
image-url-apps
islam nusantara islam kejawen islam bugis islam aceh islam banjar bla..bla... ribet amat lha wong gari ngomong islam. aja gitu aja kok repot.😂
image-url-apps
NU dituduh anti arab?
Coba bandingin aja deh para ulama NU : habib Syeikh, Habib Luthfi, Prof Quraish Shihab, Habib Haidar Baghir mancungan mana idungnya sama Habib Rizieq?

emoticon-Bingung
Bener kata TGB, harus pake akal sehat dan cerdas kalo belajar Agama Islam, bukan pake nafsu. apalagi syahwat kekuasaan. Islam agama untuk kaum yang berfikir. Babi2 jangan nyelak ya...
image-url-apps
Quote:


Jadi itu benda ente yg makan banyak korban di pesantren emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
image-url-apps
Play victim.
Yang nyerang duluan dia giliran dibales terkaing2 mewek teraniaya.

Itulah cebong

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


Halal cuk! emoticon-Mad

Ngent0dnya pake ini Saat Ini Sedang Terjadi Serangan Besar-besaran Pada Islam Nusantara
image-url-apps



Cuk....Seiman aja berantem... goblok!!
image-url-apps
Quote:


Pantes makin marak aj pesantren kilat saat ini emoticon-Leh Uga ternyata ajang ngasah .... toh emoticon-Leh Uga
Quote:


pro arab anti kebhinekaan

Saat Ini Sedang Terjadi Serangan Besar-besaran Pada Islam Nusantara

Saat Ini Sedang Terjadi Serangan Besar-besaran Pada Islam Nusantara
image-url-apps
Quote:


Tu orang pasti pelangan permanen kencing onta ye gan emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Islam dan kebudayaan Arab adalah satu serta tidak dapat dipisahkan satu dengan yg lainnya. Makanya, akan selalu kontradiktif jika ada yg mengatakan Islam Nusantara dsb. Why? Karena Islam adalah imperialisme budaya Arab makanya Islam tidak akan pernah bisa melebur dengan kebudayaan lokal (kecuali diawal syiar Islam) emoticon-Ngaciremoticon-Angkat Beer
image-url-apps
Quote:


Itulah kenapa kilafah nggak cocok di negeri ini, krn yaitu tadi banyak keompok2 seiman beda aliran, yg ada saling serang dan akhirnya perang saudara bubarlah negeri ini.
image-url-apps
Salah sendiri siapa suruh dr awal berbangsa kegilaan agama dan semua2 org mau di islamkan.
Urus aja sendiri Lah kalo dah gt

Kalo dah dr awal udah ada niatan pake agama utk politik ya balik lagi.

Karma itu namanya kan
×