alexa-tracking

Linimasa: Ketatnya Perebutan Kursi Pemimpin NTB

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b423c8b1ee5dfa44f8b4590/linimasa-ketatnya-perebutan-kursi-pemimpin-ntb
Linimasa: Ketatnya Perebutan Kursi Pemimpin NTB
Linimasa: Ketatnya Perebutan Kursi Pemimpin NTB

Jakarta, IDN Times - Nusa Tenggara Barat siap menyambut gubernur dan wakil gubernur terpilih dalam helatan Pilkada Serentak 2018. Ada empat pasangan calon yang akan memperebutkan kursi kepemimpinan NTB.

Empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB itu adalah, pasangan nomor urut 1, H Moh Suhaili FT-H Muhammad Amin, pasangan nomor urut 2, TGH Ahyar Abduh-Mori Hanafi, nomor urut 3 Zulkieflimansyah-Sitti Rohmi Djalilah, paslon nomor urut 4 Ali BD-TGH Gde Sakti.

Seperti apa situasi Pilkada NTB 2018? Ikuti terus update-nya di linimasa IDN Times berikut.


4. Pasangan calonZul-Rohmi menang versi rekapitulasi KPU
Linimasa: Ketatnya Perebutan Kursi Pemimpin NTB
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Barat (NTB) menetapkan pasangan calon Zulkieflimansyah-Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi) sebagai pemenang pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode 2018-2023.

Penetapan ini dibacakan oleh Sekretaris KPU NTB Mars Ansori Wijaya pada rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat provinsi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, yang digelar di balroom Hotel Lombok Raya, Mataram, Minggu (8/7).

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara menunjukkan pasangan calon Zul-Rohmi meraih 811,945 suara. Selanjutnya, disusul pasangan calon Moh Suhaili FT- Muhammad Amin (Suhaili-Amin) yang meraih 674,602 suara. 

Kemudian pasangan Ahyar Abduh-Mori Hanafi (Ahyar-Mori) dengan 637,048 suara, dan diposisi terakhir diduduki pasangan Ali Bin Dahlan-TGH Lalu Gde Sakti Amir Murni (Ali-Sakti) yang meraih 430,007 suara.

Jumlah suara suara tidak sah sebanyak 84,361 dan jumlah suara secara keseluruhan mencapai 2,637,963.

Rapat rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat provinsi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB dipimpin Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori dan para komisioner KPU NTB, serta dihadiri seluruh komisioner KPU kabupaten/kota, Bawaslu NTB, dan Panwaslu kabupaten/kota, para saksi dari pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, terkecuali saksi dari pasangan Ali-Sakti. Untuk diketahui pasangan Zul-Rohmi diusung Partai Demokrat dan PKS.


3. Persaingan ketat, LSI batal rilis hasil hitung cepat
Linimasa: Ketatnya Perebutan Kursi Pemimpin NTB
Lingkaran Survei Indonesia (LSI) batal merilis hasil hitung cepat mereka dalam Pilkada NTB. Sebab selisih suara yang diraih dua dari tiga pasangan sangat tipis.

"Jika selisih persentase di bawah 3 persen, kami berani publish sekarang.Tapi ini hasilnya tipis sekali," kata penelitis LSI Khobbab, kemarin.

Persaingan ketat terjadi antara pasangan Suhaili-Amin (29,38 persen) dan Zul-Rohmi (29,43 persen). Pasangan lainnya, yakni Ahyar-Mori meraih 24,47 persen.


2. Rabu, Pukul 17.00 WIB: Hitung cepat, Zulkieflimansyah-Sitti Rohmi Djalilah menang
Linimasa: Ketatnya Perebutan Kursi Pemimpin NTB
Pilkada Serentak Nusa Tenggara Barat 2018 diikuti sejumlah 3.511.890 pemilih yang dibagi dalam 8.336 TPS di daerah setempat. Berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count dari lembaga survei LSI Denny JA merilis kemenangan sementara pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat nomor urut tiga, H Zulkieflimansyah-Hj. Sitti Rohmi Djalilah, yang didukung oleh PKS dan Partai Demokrat. 

Hingga pukul 17.00 WIB, jumlah suara yang masuk sudah mencapai 99,33 persen. Suara yang berhasil dihimpun oleh pasangan Zulkieflimansyah- Sitti Rohmi adalah sebesar 30,8 persen. Zulkieflimansyah adalah politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan anggota DPR untuk kali ketiga (2014-2019) dari Dapil Banten II (Kab. Serang, Kota Serang, Kota Cilegon).

Menyusul di posisi kedua, pasangan nomor urut satu, H. Moh. Suhaili Fadhil Thohir-H. Muh. Amin, didukung PKB, NasDem, dan Golkar. Suara yang berhasil dikumpulkan sebesar 27 persen. Menyusul di posisi ketiga ada pasangan nomor urut dua, Tgh. Ahyar Abduh-H. Mori Hanafi, yang didukung PBB, Hanura, PAN, PDIP, PPP, dan Gerindra, dengan suara 25,2 persen. 

Sementara pasangan nomor empat, Ali Bin Dachlan - Amir Murni, yang bertarung dari jalur independen, berada di posisi terendah dengan perolehan suara sebesar 17,1 persen.


1. Rabu, Pukul 14.00 WIB: Gubernur NTB melakukan pencoblosan di TPS 1
Linimasa: Ketatnya Perebutan Kursi Pemimpin NTB
Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH Muhammad Zainul Majdi beserta istri Hj Erica Zainul Majdi melakukan pencoblosan untuk Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB di TPS 1 Kelurahan Pancor, Kabupaten Lombok Timur, pada Rabu (27/6).

"Pak gubernur beserta istri pindah memilih ke TPS 1 di Kelurahan Pancor, Lombok Timur. Begitu juga dengan Pak Wagub Amin bersama istri pindah memilih di TPS 3 Kelurahan Lempeh, Sumbawa," kata Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori di Mataram, seperti dikutip dari Antara.

Sebelum mengajukan pindah, Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi beserta istri akan memilih di TPS 1 Lingkungan Pejanggik, kota Mataram. Sedangkan Wagub NTB H Muhammad Amin akan memberikan hak suaranya di TPS 13 Kekalik Jaya, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram.

Baca Juga: Linimasa: Serba-Serbi Pilkada Papua 


Sumber : https://www.idntimes.comnews/indones...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Linimasa: Ketatnya Perebutan Kursi Pemimpin NTB Hasil Rekapitulasi KPU Pilkada NTB Paslon Zul Rohmi Dinyatakan Menang

- Linimasa: Ketatnya Perebutan Kursi Pemimpin NTB Rekapitulasi Pilkada 2018 Kolom Kosong Menangi Pilkada Kota Makassar

- Linimasa: Ketatnya Perebutan Kursi Pemimpin NTB KPU Tetapkan Pemenang Pilgub Jabar 2018 Paslon Rindu

×