alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Drama Evakuasi, Tim Bola Junior Thailand Mulai Dikawal Keluar Gua
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b42277531e2e601328b458a/drama-evakuasi-tim-bola-junior-thailand-mulai-dikawal-keluar-gua

Drama Evakuasi, Tim Bola Junior Thailand Mulai Dikawal Keluar Gua

Drama Evakuasi, Tim Bola Junior Thailand Mulai Dikawal Keluar Gua

Jakarta, IDN Times - Evakuasi 12 anggota tim sepakbola yang berumur antara 11-16 tahun dan seorang pelatih berumur 25 tahun yang terjebak di gua Gua Tham Luang, Provinsi Chiang Rai, Tahiland, selama lebih dari dua pekan itu, mulai dilakukan dari gua pada Minggu malam waktu setempat.


1. Satu-satu anggota tim sepakbola mulai berhasil dikeluarkan dari gua
Drama Evakuasi, Tim Bola Junior Thailand Mulai Dikawal Keluar Gua
Pejabat setempat menyebutkan, dua anak telah berhasil dievakuasi pada Minggu waktu setempat.

“Dua anak sudah keluar. Mereka saat ini berada di rumah sakit lapangan dekat gua, ” kata Tossathep Boonthong, kepala Kepartemen Kesehatan di Chiang Rai Thailand Utara, seperti dilansri Reuters, Minggu siang (8/7). 

"Kami memberi mereka pemeriksaan fisik," dia menambahkan.

Sementara, media setempat, Bangkok Post melalui akun Twitter-ya @BangkokPostNews Minggu (8/7) menyebutkan, ke-12 anggota tim sepak bola dan seorang pelatih mulai berhasil dievakuasi dari gua.

Angkatan Laut Thailand menyebut hari ini tim penyelamat berhasil mengevakuasi empat anak dari dalam gua.

"Kepala operasi mengonfirmasi 4 anak laki-laki telah dikawal keluar dari gua #ThamLuang hari ini. #ThamLuangRescue," cuit Bangkok Post, pada Minggu pukul 21.07 WIB.

Namun, dalam unggahan tersebut tidak disebutkan, apakah mereka selamat atau dalam kondisi meninggal.


2.Proses evakuasi butuh dua sampai empat hari
Drama Evakuasi, Tim Bola Junior Thailand Mulai Dikawal Keluar Gua
Gubernur Chiang Rai Narongsak Osottanakom mengatakan operasi hari ini telah berlangsung sejak sekitar pukul 10.00 waktu setempat. Sebanyak 13 ahli selam gua internasional dan lima petugas pertolongan elite dari Angkatan Laut Thailand, bergabung dalam operasi tersebut. 

Dia mengatakan korban akan dikeluarkan satu demi satu dan masing-masing anak akan dikawal dua penyelam. Diperkirakan akan memakan waktu sekitar 11 jam untuk mengeluarkan semua korban dari gua.

Karena itu, para pejabat setempat memprediksi akan memerlukan waktu dua sampai empat hari untuk mengevakuasi 13 orang itu dari gua. "Ini waktu terbaik untuk mengeluarkan anak-anak tersebut, sebab mereka secara fisik dan mental siap diungsikan," kata Gubernur Narongsak dikutip dari Xinhua.


3. Ditemukan pada hari kesembilan
Drama Evakuasi, Tim Bola Junior Thailand Mulai Dikawal Keluar Gua
Setelah sembilan hari terjebak di dalam gua, anak-anak dan pelatih mereka akhirnya ditemukan dua penyelam asal Inggris bernama Rick Stanton dan John Volanthen pada Senin (2/7). Keduanya memerlukan waktu selama tiga jam untuk mencapai lokasi anak-anak tersebut.

"Berapa orang kalian?" tanya salah seorang penyelam seperti terlihat dalam rekaman video yang diunggah ke Facebook oleh Satuan Khusus Angkatan Laut Thailand.

"Tiga belas!" jawab anak-anak tersebut.

"Tiga belas? Hebat!"


4. Meski telah ditemukan, namun belum bisa dievakuasi
Drama Evakuasi, Tim Bola Junior Thailand Mulai Dikawal Keluar Gua
Beberapa anak kemudian bertanya kepada kedua penyelam asal Inggris itu kapan mereka bisa dibawa keluar dari gua. Terdengar penyelam itu menjawab, "Tidak hari ini. Kami hanya berdua. Kami harus menyelam lagi. Kami akan datang, ok!"

Sebelum dua penyelam itu pergi, terdengar anak-anak itu berkata, "Makan, makan, makan. Katakan kepada mereka kami lapar!"

Kabar yang dibawa dua penyelam asal Inggris itu membuat para tim penyelamat dan publik Thailand merasa lega. "Semuanya selamat, tetapi misi belum selesai," kata Gubernur Provinsi Chiang Rai, Narongsak Osottanakorn, seperti dikutip dari BBC.


5. Misi evakuasi mengalami banyak hambatan
Drama Evakuasi, Tim Bola Junior Thailand Mulai Dikawal Keluar Gua
Mengevakuasi 12 anak dan pelatih sepak bola mereka ternyata bukan perkara mudah. Sebab lorong gua tertutup air. Padahal, hingga Selasa (3/7), tim penyelamat telah menyedot sekitar 120 juta liter air. Namun hujan deras yang kerap mengguyur wilayah gua membuat gua tersebut masih saja digenangi air yang cukup dalam.

Karena itu, sambil terus memompa air ke luar dari lorong gua, Tim Penyelamat juga menerjunkan para penyelam untuk mencari kemudian mengirimkan obat-obatan dan makanan. Selain itu, tim penyelamat juga berencana mengajari anak-anak itu berenang dan menyelam secara kilat.

"Sekarang kami mengajari anak-anak untuk berenang dan menyelam," kata Wakil Perdana Menteri Prawit Wongsuwan seperti dikutip dari Reuters, 5 Juli lalu. "Jika tingkat air turun dan alirannya melemah, mereka akan dibawa keluar dengan cepat."


6. Kenapa mereka terjebak di dalam gua?
Drama Evakuasi, Tim Bola Junior Thailand Mulai Dikawal Keluar Gua
Anak-anak tersebut sedang melakukan penjelajahan ke lorong gua Tham Luang pada Sabtu (23/6). Ketika itu hujan deras yang turun membuat lorong-lorong gua terendam air, membuat anak-anak itu terjebak di dalam gua dan dinyatakan hilang.


Sumber : https://www.idntimes.comnews/indones...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Drama Evakuasi, Tim Bola Junior Thailand Mulai Dikawal Keluar Gua FIFA Undang Tim Klub Thailand yang Terperangkap di Gua Hadiri Final

- Drama Evakuasi, Tim Bola Junior Thailand Mulai Dikawal Keluar Gua Terjebak 12 Hari di Dalam Gua Tim Sepak Bola Junior Thailand Selamat

- Drama Evakuasi, Tim Bola Junior Thailand Mulai Dikawal Keluar Gua 12 Remaja Thailand Menghilang di Gua Terlarang Selama 9 Hari

Urutan Terlama
untung masi bs diselatmakn


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di