alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Cari tambahan modal, Bank Muamalat segera right issue dan terbitkan sukuk
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b41ca2ac0d770e5088b4567/cari-tambahan-modal-bank-muamalat-segera-right-issue-dan-terbitkan-sukuk

Cari tambahan modal, Bank Muamalat segera right issue dan terbitkan sukuk

PT Bank Muamalat Indoensia Tbk tengah menanti suntikan dana di tahun ini melalui penerbitan saham baru atau right issue serta penerbitan sukuk. Aksi korporasi tersebut telah mendapat lampu hijau dari para pemegang saham terdahulu.

Direktur Utama Bank Muamalat, Achmad K Permana masih merahasiakan detail aksi korporasinya tersebut. Namun, dia memastikan right issue tersebut bukan lagi sebuah wacana dan akan terbit pada kuartal III tahun ini.

"Kita akan eksekusi di kuartal III ini kita akan eksekusi right issue. Untuk angkanya akan saya disclose nanti pada 18 Juli saya akan keluarkan publikasinya tapi Insyallah itu akan jadi," kata Permana saat ditemui dalam acara nontong bareng piala dunia di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, ditulis Minggu (8/7).

Dengan adanya righ issue tersebut, dia berharap perusahaan dapat meningkatkan rasio kecukupan modal. Selain itu, dana segar yang berhasil dihimpun tersebut akan digunakan untuk ekspansi bisnis yang selama ini terhambat karena minimnya anggaran.

"Tapi ini dampaknya paling besar kan pada saat penjualan sukuk. Tadi angkanya akan ada perbaikan. Kalau angka saya belum bisa disclose. Insyallah tanggal 18 Juli. Tapi dampaknya ke CAR (capital adequacy ratio) akan ada perbaikan," ujarnya.

Saat ini, Bank Syariah pertama di Indonesia tersebut berhasil mencatatkan kenaika laba bersih di kuartal I-2018 sebesar 35,4 persen secara Year on Year (YoY) menjadi Rp 16,60 miliar dari sebelumnya hanya Rp 12,27 miliar. Total aset perusahaan saat ini berada di posisi Rp 54,11 triliun, atau mengalami penurunan 12 persen dibandingkan dengan akhir 2017 yang tercatat masih Rp 61,7 triliun.

Sebelumnya, Direktur Utama Bank Muamalat Indonesia, Achmad Kusna Permana mengatakan Bank Muamalat memiliki potensi yang sangat besar di industri perbankan syariah. Namun potensi tersebut belum tergali dikarenakan tidak cukupnya modal yang dimiliki.

Pihaknya butuh suntikan dana baru agar bisa melakukan ekspansi bisnis. Ia pun mengajak para investor lokal serta pemerintah untuk menanam modal di Bank Muamalat. "Menurut saya ini adalah momentum untuk bisa kalau ada lokal investor apalagi kalau bisa masuk dari pemerintah gitu ya karena momentumnya sangat tepat," kata Permana di Gedung DPR RI, Rabu (11/4).

Sejauh ini sudah ada BUMN yang menunjukkan ketertarikannya untuk menanamkan modal. Namun belum ada satu pun yang mengajukan diri secara terang-terangan. "Sudah ada (BUMN) yang sounding-sounding. Sudah ada pembicaraan dengan BUMN, bank maupun dengan induk juga ada. Dengan pemegang saham juga udah ada, mudah-mudahan bisa direalisasikan," ujarnya.

Permana menjelaskan, bank syariah yang merupakan anak perusahaan BUMN juga bisa masuk ke dalam penyertaan modal Bank Muamalat. "Mekanismenya bisa lewat induknya kemudian mereka masuk langsung ke right issue."

"Sekarang bisa masuk ke penguatan modal, kemudian kita bisa ekspansi. Karena bagaimanapun Bank Muamalat unik lah dibanding dengan bank syariah lain pun. Segmennya itu khas gitu ya. Jadi saya punya confident (rasa percaya diri), ketika penguatan modalnya selesai maka ekspansinya akan lebih mudah lagi."

Bank Muamalat membutuhkan sekitar Rp 4,5 Triliun untuk penguatan modal. Angka tersebut bisa saja berubah disesuaikan dengan rencana ekspansi bisnis apa saja yang akan dilakukan.

"Ya kan itu simulasinya akan menjadi dari angka Rp 4,5 T itu berapa akan dipakai ekspansi, berapa untuk pencadangan. Itu butuh agreement (persetujuan) dengan investor baru, nanti kan ditambah lagi misal apa perlu kita keluarkan sukuk, kan banyak sekali skenarionya, jadi gak stuck. Tergantung nanti model bisnis new bank kita bangun berapa. Maka ketika ketemu Investor saya minta minimum kita proyeksi 3 tahun seperti apa. Sepanjang 3 tahun butuh modal berapa tambahan, sekarang oke 4,5 T jadi rileks, normal. Tapi ekspansinya kita mau sampe CAR berapa? sampai 20 persen misalnya." [idr]

https://www.merdeka.com/uang/cari-ta...kan-sukuk.html

modal gan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
aane nasabah BeCeA bray..

Cari tambahan modal, Bank Muamalat segera right issue dan terbitkan sukuk
Kemarin ane bilang ke bokap"ambil aja kalo tutup beneran ribet" diambildah uang nya,paling jengkel waktu mau transfer selalu ada gangguan emoticon-Cape d...
sukuk bukannya produk perbankan yg kafir ?
ini bank syariah yg udah mulai sekarat, padahal kelola dana haji juga.. cmiiw



yg masih ada dana dan dibohongi pake bank syariah mending angkut pindah ke bank kafir
Diubah oleh radeonxp
yusup mau borong ga?
Sukuk itu apa ya?
jangan mau dibohongi pake sukukemoticon-Mad (S)






















emoticon-Big Grin
Sukuk masuk kategori riba gak sih?
Quote:


harusnya sih riba cuma bisa bisaan aja main kata jadi hallal

generasi cepirit emas siap dukung bank syariah kitak2 walau pake bunga emoticon-Ultah
Mungkin bakal senasib seperti bank banten BEKS. Stuck di 50 per lembar emoticon-No Hope


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di