alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Komisi IX DPR Cek Isu Serbuan TKA China di Morowali, Begini Faktanya
3.67 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b419a98dbd770ad278b456f/komisi-ix-dpr-cek-isu-serbuan-tka-china-di-morowali-begini-faktanya

Komisi IX DPR Cek Isu Serbuan TKA China di Morowali, Begini Faktanya

Komisi IX DPR Cek Isu Serbuan TKA China di Morowali, Begini Faktanya
Kunker Komisi IX ke PT IMIP Morowali terkait isu serbuan TKA China. Foto: dok. Facebook Dede Yusuf


Jakarta - Ketua Komisi IX DPR, Dede Yusuf melakukan kunjungan kerja ke PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Morowali, Sulawesi Tengah terkait isu serbuan tenaga kerja asing (TKA) di sana. Seperti ini temuan Dede Yusuf terkait TKA di Morowali.

Hasil kunker itu dibagikan Dede di akun Facebooknya. Dede mengatakan dirinya dan rombongan Komisi IX mengecek langsung ke PT IMIP mulai dari kantin pekerja, mess pekerja, pabrik hingga ruang operator.

Dari hasil pengecekan itu, Dede menemukan jumlah TKA yang berada di PT IMIP berjumlah 2.500 orang. Sementara pekerja lokal mencapai hingga 28.000 orang.

Dede juga menyebut gaji para pekerja lokal cukup menggiurkan yakni Rp 4 juta untuk lulusan SMA yang bekerja sekitar 6 bulan. Sedangkan untuk pekerja dengan masa kerja sudah 2 tahun gajinya mencapai Rp 10 juta per bulan.

"Untuk membuktikan apakah benar TKA dari China menyerbu atau menguasai pabrik. Kami datangi semua, mulai dari kantin pekerja, mess pekerja China, pabrik, bahkan ruang operator. Jumlah karyawan asing ada 2500 TKA-nya. Sementara pekerja lokalnya mencapai 28.000 orang!!! Artinya TKA tidak sampai 10% dan memiliki izin kerja yang sah. Ini dibuktikan oleh laporan pejabat Imigrasi Kemenkum HAM di sana," ujar Dede dalam postingannya, dilihat detikcom pada Minggu (8/7/2018).

"Saat ini masih dibutuhkan 10.000 tambahan karyawan lagi, semuanya tenaga lokal dan lowongan terbuka bagi umum. Mungkin ada yang berminat?" lanjutnya.

Banyaknya TKA yang berada di PT tersebut diperkirakan karena adanya pembangunan smelter pada 2014 hingga 2016 lalu. Usai smelter rampung, TKA yang tinggal di lokasi PT IMIP hanya sekitar 10 persen.

"Mungkin dulu pada saat pembangunan smelter diawal 2014-2016 banyak TKA yang keluar masuk dengan kontrak per 2-3 bulan. Setelah Smelter berdiri, hanya 10% TKA yang tinggal. Untuk meneruskan Transfer Technologi kepada pekerja lokal. So once again, kami tidak menemukan serbuan TKA, yang ada justru puluhan ribu pekerja kita yang berasal dari sekitar Sulawesi," jelasnya.

Dalam kunjungan, Dede juga bertemu dengan Bupati dan Ketua DPRD Morowali untuk membahas pendapatan daerah di sana. Dia meminta agar dibentuk Satgas Pengawasan TKA di sana.

"Saya juga mendapat penjelasan dari Bupati dan Ketua DPRD tentang pendapatan daerah dan multiplier effect ke daerah yang terasa besar. Bahkan Morowali sempat mendapat angka pertumbuhan ekonomi sebesar 35%. 5 besar tertinggi di Indonesia. Jika hubungan Pemda dan industri bisa berjalan baik, sangat mungkin Morowali ke depan akan menjadi kota industri Metropolitan dengan pendapatan daerah ratusan miliar setahun," kata Dede. (nkn/imk)

sumur

Mana nih yg suka koar2 serbuan TKA cina.. emoticon-Embarrassment
Halaman 1 dari 3
tai kucing hoaks dibanyakin biar masuk syurga..
nasbung kalo kagak nyebar hoax kagak makan ganemoticon-Ngakak
nasbung kan yg penting bombastis dulu ...
Jadi yg congornya bilang banjir TKA cina tempo hari kemana?
Komisi IX DPR Cek Isu Serbuan TKA China di Morowali, Begini Faktanya
Jadi selama ini hanya hoax..
Diubah oleh variolikes
biasanya yg anti cinak ya uclimers emoticon-Malu
salah 1 syarat menjadi panasbung adalah downgrade otak untuk percaya hoax murahan
kalo ngak hoax ngak nazbung nama nyaemoticon-Ngakak emoticon-DP
Dari awal emang cuma hoax!
Tapi kesematan ini malah dipake DPR buat kunker alias cross check..
apakah ada jalan2 juga?

Ini isunya TKA China menyerbu Indonesia...
Tapi fakat yg ditemukan TKA ASING cuma 2500 org dan ga sampe 10%...

nah TKA ASING dijabarkan juga ga dari negara2 mana? Sehingga TKA China sendiri aslinya cuma ada berapa?

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
bukan mca namanya kalo gak nyebar joax dan fitnah emoticon-Leh Uga

ayo oposisi serbu komisi 9, serang

emoticon-Traveller
Diubah oleh gatot.a1
Hajar Dede Yusuf...!!

Pendukung pemerintah,
Pro asing, kapital, cina, PKI, Amerika, Israel, Yahudi...
emoticon-Ngamukemoticon-Ngamuk
Tukang hoaxnya diciduk sekalian pak
pokoke teriak sek, bener ato enggak orang lain yg buktiin
Quote:


pemerintahan yg kuat ga butuh buzer pencitraan
Ane mah kagak begitu percaya ma congor nasbung.Kurang piknik keluar negeri mereka...mereka sekarang juga lagi butuh tenaga kerjanya buat pertanian dan industri mereka akibat perang dagang. belum project di negara lain macem ASEAN, timteng, timor-timur, afrika dan daerah urumqi (xinjiang). Jalan kesana aja masih mau dibangun + keretanya. Ane pernah ke urumqi setahun lalu, jalannya masih susah butuh pembangunan besar2an, sedang mereka iklan banyak2 (waktu itu mereka iklan di singapore travel fair).
Ane juga pernah lihat mereka bangun kereta dari Thailand menuju Malaysia, itupun belum nampak hasilnya, belum lagi yg menuju Eropa. Nah bicara soal Indonesia. Mereka harus bisa kuasai dulu negara ASEAN sekitar mereka (Laos, Vietnam, Myanmar, Thailand) dan daerah kashmir, baru bisa menguasai Indonesia ini kalo lewat darat.Klo laut ya harus lampaui dulu vietnam dan philiphine. Tapi buktinya mana? Nggak juga... TKA itu cuma kontrak, selesai kontrak mereka pulang ngerjain yang lain, apalagi sekarang harus memenuhi kebutuhan negaranya krn perang dagang terutama bidang industri pangan. Pasti adalah yang ilegal. Tapi jumlahnya dikit. Ya gak beda sama TKI kita. Tapi buat antisipasi biar pelancong berisik itu nggak banyak yg kemari nggak papalah. Guwa paling eneg sama wisatawan mengleng itu berisiknya aja...lainnya sih masih normal, meski 1-2 yg masih kampungan karena dari orang desa.Samalah dg teman ane org indonesia dari desa baru keluar negeri, berisik an katroknya minta ampun. Liat cewek pakaian mini aja dah kayak liat apaan. Ane pernah telat pesawat dari vancouver ke Maine karena orang mengleng swear..ngamuk2 ane!
belum ada panasbung mca yg nongol membantah hasil investigasi komisi 9 emoticon-Leh Uga
hehe, peduli amat hoax atau bukan
yg penting sebarkan dulu
Diubah oleh I.Just.Run
salah satu income nasbung emoticon-Shakehand2
Quote:

Berkat WN Cina Pasangan Edy -Ijek berhasil menang telak di SUMUT..emoticon-Big Grin

Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di