alexa-tracking

Piala Dunia 2018: Hasil Lengkap Babak 16 Besar

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b4190ff5c7798393c8b459a/piala-dunia-2018-hasil-lengkap-babak-16-besar
Piala Dunia 2018: Hasil Lengkap Babak 16 Besar
image-url-apps
Piala Dunia 2018: Hasil Lengkap Babak 16 Besar

Oleh Choki Sihotang

JAKARTA, Indonesia —Fase knockout sudah dimulai di Piala Dunia 2018. Sebanyak 16 tim berlaga untuk memperebutkan tempat di babak selanjutnya, perempat final.

Sabtu, 30 Juni, pertandingan pertama digelar antara Argentina melawan Prancis. Penyisihan grup 16 besar dijadwalkan berakhir pada Selasa, 3 Juli.

Seperti apa jalannya pertandingan di babak 16 besar Piala Dunia 2018? Simak di bawah ini.


Minggu, 8 Juli
Rusia vs Kroasia

Hasil akhir: 3-4 (adu penalti)

Jalannya pertandingan:

Piala Dunia 2018: Hasil Lengkap Babak 16 Besar
Duel seru perempat final Rusia melawan Kroasia di Fisht Stadium, Minggu, 8 Juli dini hari WIB, terpaksa harus dituntaskan lewat adu tendangan penalti. Itu karena kedua tim bermain imbang 2-2 dalam waktu normal serta babak tambahan waktu. Kroasia akhirnya keluar sebagai pemenang dan melangkah ke semifinal. Di semifinal Piala Dunia 2018, Kroasia bentrok versus Inggris yang sebelumnya menggebuk Swedia 2-0. 

Jual beli serangan dan saling menjebol membuat laga enak ditonton. Denis Cheryshev membawa Rusia unggul lebih dulu pada menit ke-31. Hanya saja, kegembiraan pendukung tuan rumah tak berlangsung lama. Hanya berselang delapan menit, Kroasia menyamakan kedudukan lewat gol yang diceploskan oleh Andrej Kramaric.

Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama dan kedua usai. Di babak extra time, kedua tim kembali saling menjebol. Pada menit ke-101, Kroasia berbalik memimpin 2-1 melalui gol Domagoj Vida. Rusia merespons pada menit ke-115. Mario Fernandes menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dan skor ini bertahan hingga pertandingan usai.

Penentuan pemenang kemudian ditentukan lewat adu tendangan penalti. Sial bagi Rusia, keberuntungan masih lebih berpihak kepada Kroasia. Rusia kalah 3-4. Dua eksekutor yang gagal menjalankan tugas adalah Fedor Smolov dan Mario Fernandes. Sementara tiga yang berhasil yakni Alan Dzagoev, Sergei Ignashevich, serta Daler Kuzyaev.

Sementara, empat algojo Kroasia yang berhasil mengembang tugas adalah Marcelo Brozovic, Luka Modric, Domagoj Vida, dan Ivan Rakitic. Yang gagal hanya Mateo Kovacic.


Sabtu, 7 Juli
Swedia vs Inggris

Hasil akhir: 0-2

Jalannya pertandingan:

Piala Dunia 2018: Hasil Lengkap Babak 16 Besar
Inggris mengikuti jejak Prancis dan Belgia, lolos ke semifinal Piala Dunia 2018. Kepastian tersebut diraih usai "Tiga Singa" mengalahkan Swedia, Sabtu, 7 Juli malam WIB.

Turun dengan starting XI terbaiknya, Inggris menyudahi perlawanan Swedia dengan skor dua gol tanpa balas. Pasukan Gareth Southgate meninggalkan Samara Arena, tempat berlangsungnya duel, dengan senyum kemenangan. 

Inggris yang mendapat dukungan penuh dari pendukung setianya membuka keunggulan pada menit ke-30. Harry Maguire memahat namanya di papan skor setelah sukses memanfaatkan umpan Ashley Young. 

The Three Lions memperbesar keunggulan menjadi 2-0 lewat aksi gemilang Dele Alli. Alli memaksa Robin Olsen, penjaga gawang Swedia, memungut bola dari gawangnya pada menit ke-58.

Swedia mencoba bangkit mengejar ketinggalan. Akan tetapi, usaha anak-anak asuh Janne Andersson selalu kandas. Pemain bertahan Inggris tampil begitu sigap, tak ambil risiko. Kiper Inggris, Jordan Pickford, juga layak dapat sangjungan. Pickford cemerlang di bawah mistar. Sedikitnya, pemain Everton itu melakukan tiga penyelamatan gemilang. 

Hingga wasit Bjorn Kuipers asal Belanda meniup peluit panjang tanda usainya pertandingan, Swedia tak mampu mencetak gol sebijipun. Skor 2-0 untuk Inggris.

Di semifinal, Harry Kane dan kawan-kawan akan bertanding melawan Kroasia. Kroasia mengalahkan tuan rumah Rusia, Minggu, 8 Juli dini hari WIB.

Brasil vs Belgia

Hasil akhir: 1-2

Jalannya pertandingan:

Piala Dunia 2018: Hasil Lengkap Babak 16 Besar
Brasil meratapi kegagalannya dan harus menerima kenyataan pahit: angkat kaki dari Rusia. Brasil yang difavoritkan bisa memenangkan Piala Dunia 2018 dengan sederet materi pemain top terhenti di babak delapan besar setelah digebuk tim penuh kejutan, Belgia. 

Belgia memupuskan asa Brasil dengan kemenangan tipis, 2-1, saat keduanya berjibaku di Kazan Arena, Sabtu, 7 Juli dini hari WIB. 

Malangnya nian nasib "Tim Samba". Tanda-tanda kekalahan skuat asuhan Tite sudah terlihat saat duel yang dipimpin wasit asal Serbia, Milorad Mazic, baru berumur 13 menit. 

Gol Belgia berawal dari sepak pojok Nacer Chadli. Bola mengenai sikut pemain Brasil, Fernandinho. Tak ayal, kiper Selecao, Alisson Becker, terkecoh. Si kulit bundar masuk ke gawang sendiri akibat gol bunuh diri.

Alih-alih menyamakan skor, Brasil yang mendapat dukungan penuh dari pendukungnya malah kembali gigit jari pada menit ke-31. Untuk kali kedua, gawang Alisson Becker bergetar. Penjaga gawang milik AS Roma itu tak mampu mengantisipasi tendangan keras Kevin De Bruyne yang berdiri bebas tanpa pengawalan berarti. 

Romelu Lukaku merupakan sosok yang layak dipuji di balik keunggulan "Setan Merah". Dialah yang memberikan assist kepada De Bruyne, setelah terlebih dulu melakukan solo run dari tengah lapangan. 

Gol yang ditunggu-tunggu penggemar Brasil akhirnya tercipta pada menit ke-76. Gol diceploskan oleh Renato Augusto, memaksimalkan umpan Philippe Coutinho. Lewat sundulan, pemain pengganti itu memaksa Thibaut Courtois memungut bola dari sarangnya. 

Gol balasan membuat Brasil semakin bersemangat. Disisa waktu, Brasil berharap penyerang andalah mereka, Neymar, bisa menambah gol. Tapi apa boleh buat, nasib baik tak berpihak kepada Neymar dan kawan-kawan. Brasil akhirnya harus tersungkur di kaki skuat besutan Roberto Martinez, takluk 1-2. 

Brasil seakan tak percaya dengan nestapa di Kazan Arena. Tak lama setelah pertandingan usai, seluruh pemain Brasil tak mampu menyembunyikan kekecewaan, juga kesedihan. Tak terkecuali pendukung, pun staf pelatih serta pemain cadangan yang berada di pinggir lapangan. 

Lolos ke semifinal, Belgia ditunggu Prancis yang beberapa jam sebelumnya menumbangkan Uruguay 2-0 di Nizhny Novgorod Stadium. 


Jumat, 6 Juli
Uruguay vs Prancis

Hasil akhir: 0-2

Jalannya pertandingan:

Piala Dunia 2018: Hasil Lengkap Babak 16 Besar
Uruguay antiklimaks di Nizhny Novgorod Stadium, Jumat, 6 Juli malam WIB. Tampil dengan performa apik pada laga-laga sebelumnya, La Celeste akhirnya tumbang di kaki Prancis saat keduanya bentrok di babak delapan besar Piala Dunia 2018. 

Juara Piala Dunia 1930 dan 1950 keok dengan skor 0-2, di mana satu gol tercipta akibat kecerobohan sang kiper, Fernando Muslera. 

Prancis yang memang unggul dalam penguasaan bola 57 persen, membuka peluang kemenangan pada menit ke-40 atau jelang usainya babak pertama. Adalah Raphael Varane yang memecah kebuntuan yang sekaligus membuat pendukung Les Bleus bersorak kegirangan. 

Pemain berusia 25 tahun yang masih tercatat sebagai pilar Real Madrid itu mencatatkan namanya di papan skor setelah sukses memaksimalkan tendangan bebas Antoine Griezmann. Bola yang ditanduk Raphael menjebol gawang Uruguay yang dikawal oleh kiper kawakan, Muslera.

Tertinggal, Uruguay tak patah semangat. Dimotori Luis Suarez, skuat tempaan Oscar Tabarez yang menerapkan pola 4-3-1-2 beberapa kali melakukan tekanan. Namun, rapatnya barisan belakang Prancis membuat penyerang-penyerang La Celeste sangat kesulitan memaksimalkan peluang. Kehilangan Edinson Cavani di lini serang jelas mengurangi daya gedor Uruguay. Cavani tak bisa diturunkan lantaran masih berkutat dengan cedera. 

Sial bagi Uruguay, gawang Muslera kembali kebobolan pada menit ke-61. Gol yang tak perlu terjadi sebenarnya, jika Muslera tak ceroboh saat menangkap bola yang ditendang Antoine Griezmann dari luar kotak penalti. Muslera tak sempurna menepis bola, sehingga si kulit bundar malah masuk ke gawang sendiri. 

Uruguay tetap bermain spartan, walau ketinggalan dua gol. Sebaliknya, Prancis, juga meladeni permainan Suarez cs. dengan melakukan serangan-serangan cepat melalui umpan-umpan pendek dari kaki ke kaki. Jual beli serangan terjadi, sebelum akhirnya wasit Nestor Pitana (Argentina) meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Uruguay tumbang!

Selanjutnya, di semifinal, Prancis jumpa Belgia. Belgia mengalahkan Brasil di Kazan Arena, Sabtu, 7 Juli dini hari WIB.


Rabu, 4 Juli
Inggris vs Kolombia

Hasil akhir: 4-3 (adu penalti)

Jalannya pertandingan:

Piala Dunia 2018: Hasil Lengkap Babak 16 Besar
Sempat cemas karena Kolombia bisa menyamakan kedudukan pada menit-menit akhir pertandingan, Inggris akhirnya bernapas lega karena sukses mengamankan tiket ke babak delapan besar Piala Dunia 2018.

Duel menegangkan tersuguh di Spartak Stadium, Rabu, 4 Juli dini hari WIB, dimana Inggris dan Kolombia saling jual beli serangan sepanjang pertandingan babak 16 besar. 

Inggris sempat unggul 1-0 pada menit ke-57 lewat kaki striker yang juga kapten, Harry Kane. Kane sukses mengeksekusi tendangan penlti yang membuat pendukung Inggris bergemuruh riuh.

Akan tetapi, Kolombia yang bermain spartan, tak patah semangat. Sampai kemudian skuat asuhan Jose Pekerman mampu menyamakan kedudukan hanya beberapa saat sebelum duel yang dipimpin wasit Mark Geiger (USA), berakhir. Gol penyelamat Kolombia diceploskan oleh Yerry Mina.

Alhasil, kemenangan Inggris kontan tertunda. Duel dilanjutkan ke babak tambahan waktu. Namun tak ada gol yang tercipta, sehingga untuk menentukan kemenangan kedua tim harus beradu tendangan penalti.

Beruntung, Inggris memenangkannya. Empat algojo yang didapuk pelatih Gareth Southgate mampu mengemban tugas dengan baik. Keempatnya adalah Harry Kane, Marcus Rashford, Kieran Trippier, dan Eric Dier. Sementara, Jordan Henderson, yang maju sebagai penendang ketiga, gagal.

Sedangkan Kolombia hanya mampu memasukkan tiga gol. Ketiga eksekutor tersebut yakni Radamel Falcao, Juan Cuadrado, serta Luis Muriel. Dua yang gagal, yakni penendang keempat dan kelima, adalah Mateus Uribe serta Carlos Bacca. 

Perjuangan "Tiga Singa" di Rusia masih terus berlanjut. Dengan kemenangan ini, Kane dan kawan-kawan akan bertanding melawan Swedia di babak delapan besar. Swedia mengalahkan Swiss 1-0, Selasa, 3 Juli.


Selasa, 3 Juli
Swedia vs Swiss

Hasil akhir: 1-0

Jalannya pertandingan:

Piala Dunia 2018: Hasil Lengkap Babak 16 Besar
Unggul dalam penguasaan bola (63%), Swiss malah kalah. Kekalahan ini membuat Swiss harus terhenti di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Bertanding di Stadion Saint-Petersburg, Rabu, 3 Juli malam WIB, gol kemenangan Swedia dicetak oleh Emil Forsberg. Kekalahan Swiss semakin perih, karena salah satu pemain mereka diusir dari lapangan pertandingan.

Duel yang dipimpin wasit asal Slovenia, Damir Skomina, bergulir ketat. Swiss, dengan pola 4-2-3-1 dan dimotori bintangnya, Xherdan Shaqiri, terlihat begitu berambisi memburu gol cepat. Anak-anak asuh Vladimir Petkovic menggempur jantung pertahanan Swedia dengan variasi serangan dari semua lini. 

Asyik menyerang, justru Swiss yang kebobolan. Petaka di gawang Yann Sommer terjadi pada babak kedua menit ke-66. Dari luar kotak penalti, Emil Forsberg melepaskan tembakan dengan kaki kanan memaksimalkan umpan Ola Toivonen. Bola sempat mengenai kaki pemain Swiss sebelum akhirnya menggetarkan jala Yann Sommer. 

Tertinggal, Swedia semakin menggila. Lagi dan lagi, lini belakang Swedia terlalu rapat untuk ditembus. Belum lagi aksi gemilang sang penjaga gawang, Robin Olsen. 

Swedia nyaris menambah gol jelang berakhirnya pertandingan. Wasit sempat menghukum Swiss dengan tendangan penalti, menyusul pelanggaran yang dilakukan Michael Lang terhadap Martin Olsson. Namun dianulir setelah wasit melihat video assistant referee (VAR). Gantinya menjadi tendangan bebas. Akibat ulahnya, Michael Lang diganjar kartu merah. Skor 1-0 untuk Swedia bertahan hingga laga usai.

Di babak delapan besar, Swedia berhadapan dengan Inggris. Inggris mengalahkan Kolombia lewat adu tendangan penalti, Rabu, 4 Juli dini hari WIB.

Belgia vs Jepang

Hasil akhir: 3-2

Jalannya pertandingan:

Piala Dunia 2018: Hasil Lengkap Babak 16 Besar
Jepang benar-benar apes. Kemenangan yang sudah di depan mata sirna begitu saja, menyusul tak konsistennya permainan para penggawa "Samurai Biru" , khususnya di lini belakang. Alhasil, ambisi untuk memenangkan babak 16 besar versus Belgia pupus sudah.

Jepang kalah 2-3 dan harus mengakui kemenangan Belgia di Rostov Arena, Selasa, 3 Juli dini hari WIB. Padahal, sebenarnya, skuat asuhan Akira Nishino sempat membuat fans Belgia ketar-ketir. Tapi sayang, Jepang harus angkat koper dari Rusia dan hanya bisa pasrah menerima kenyataan pahit.

Dua gol berhasil disarangkan Jepang ke gawang Belgia yang membuat mereka unggul 2-0. Gol penyentak diceploskan oleh Genki Haraguchi pada menit ke-48. Lalu, hanya berselang empat menit, gawang Belgia yang dijaga Thibaut Courtois, kembali dijebol pemain Jepang, Takashi Inui.

Namun Jepang tak mampu mempertahankan keunggulannya. Belgia, meski tertinggal, tetap tampil tenang. 'Setan Merah' terus melakukan serangan dari semua lini. Dan akhirnya, tiga gol berhasil mereka sarangkan. 

Ketiga gol Belgia masing-masing diceploskan oleh Jan Vertonghen pada menit ke-69, Marouane Fellaini menit 74, dan pesta gol skuat asuhan Roberto Martinez ditutup oleh Nacer Chadli jelang duel yang dipimpin wasit Malang Diedhiou (Senegal) berakhir. 

Kekalahan menyakitkan ini membuat seluruh pemain Jepang dan staf pelatih, terlebih fans setia, terdiam seribu bahasa. Sementara di kubu Belgia, kemenangan disambut penuh sukacita. Di babak selanjutnya, Belgia akan bertanding melawan Brasil, juara lima kali Piala Dunia.


Senin, 2 Juli
Brasil vs Meksiko

Hasil akhir: 2-0

Jalannya pertandingan:

Piala Dunia 2018: Hasil Lengkap Babak 16 Besar
Neymar dan Roberto Firmino membawa Brasil menang atas Meksiko, saat kedua negara bentrok di Samara Arena, Senin, 2 Juli malam WIB. Kemenangan di partai 16 besar ini membuat Brasil lolos ke babak delapan besar Piala Dunia 2018.

Meksiko sempat memberikan perlawanan sengit, sebelum akhirnya menyerah. Skuat asuhan Juan Carlos Osorio bahkan unggul dalam penguasaan bola, 51%. El Tri punya sejumlah peluang, namun tak satupun yang bisa dimaksimalkan dengan baik oleh Javier Hernandez dan kawan-kawan.

Brasil yang sempat kesulitan menciptakan gol di babak pertama, akhirnya mampu unggul lebih dulu pada menit ke-51. Neymar membuat pendukung Tim Samba bersorak setelah sukses menaklukkan Guillermo Ochoa, penjaga gawang Meksiko, memaksimalkan umpan silang Willian.

Pasukan Tite menggandakan keunggulan sekaligus mengunci kemenangan pada menit ke-88. Kali ini, Roberto Firmino yang membuat pendukung Brasil bersorak. 

Berusaha mengejar ketinggalan, Meksiko yang juga mendapat suntikan semangat hebat dari suporternya tampil habis-habisan. Hanya saja, barisan belakang Brasil terlalu sulit ditembus oleh pemain-pemain depan Meksiko. Hingga akhirnya, duel yang dipimpin wasit Gianluca Rocchi (Italia) usai dengan skor tetap 2-0. 

Di babak delapan besar, Neymar and kolega ditantang Belgia. Belgia sendiri sukses mengalahkan wakil Asia, Jepang, dengan skor 3-2.

Kroasia vs Denmark

Hasil akhir: 3-2

Jalannya pertandingan:

Piala Dunia 2018: Hasil Lengkap Babak 16 Besar
Hasil imbang 1-1 di waktu normal dan tambahan waktu memaksa Kroasia dan Denmark harus menentukan nasib lewat drama adu tendangan penalti. Sial bagi Denmark, skuat asuhan Age Hareide harus mengakui kemenangan Kroasia 3-2.

Duel di Nizhny Novgorod Stadium, Senin, 2 Juli dini hari WIB dan dipimpian wasit Nestor Pitana (Argentina) berlangsung menarik serta seimbang. Kroasia hanya unggul sedikit dalam hal penguasaan bola, 53%.

Denmark bahkan bisa unggul lebih dulu lewat gol cepat Mathias Joergensen, sebelum akhirnya mampu disamakan Kroasia lewat aksi Mario Mandzukic. Kroasia sebenarnya bisa saja menyudahi laga lebih cepat, bila Luka Modric tak menyia-nyiakan peluang emas yang dia peroleh lewat tendangan penalti di babak perpanjang waktu. 

Tapi nasib baik masih berpihak kepada Kroasia. Tiga algojo mereka yang sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna adalah Andrej Kramaric, Luka Modric, dan Ivan Rakitic. Sedangkan yang gagal, Milan Badelj dan Josip Pivaric. 

Sementara Denmark, hanya dua eksekutor yang mampu mengemban tugas dengan sempurna. Keduanya adalah Simon Kjaer se... Baca Selengkapnya : https://www.idntimes.comnews/indones...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Piala Dunia 2018: Hasil Lengkap Babak 16 Besar Hasil Akhir Kroasia Tumbangkan Rusia Lewat Drama Adu Penalti

- Piala Dunia 2018: Hasil Lengkap Babak 16 Besar Skor Imbang 1 1 Laga Rusia vs Kroasia Berlanjut ke Extra Time

- Piala Dunia 2018: Hasil Lengkap Babak 16 Besar Babak Pertama Skor 1 1 Rusia Tahan Imbang Kroasia