alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Pengungsi Gunung Agung belum mau pulang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b418a65c0d770636f8b45a1/pengungsi-gunung-agung-belum-mau-pulang

Pengungsi Gunung Agung belum mau pulang

Pengungsi Gunung Agung belum mau pulang
Suasana di posko pengungsian area Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perbenihan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Sabtu (7/7/2018).
Menteri Sosial Idrus Marham berkunjung ke Bali untuk memantau perkembangan aktivitas Gunung Agung. Ia mendatangi Pos Pengamatan Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Sabtu (7/7/2018).

"Pola komunikasi, koordinasi dengan masyarakat," katanya soal tujuannya hadir ke sana. Itu sebabnya, Idrus juga ingin memastikan stok logisitik untuk kebutuhan para pengungsi. "Semua kebutuhan yang mendesak dan yang dasar," ujarnya.

Idrus menegaskan bahwa saat ini persediaan logistik masih mencukupi. Namun, kebutuhan bukan hanya makanan. Misalnya, selimut dan obat-obatan yang tak kalah penting.

Pada Sabtu kemarin, Kementerian Sosial juga menyalurkan dana bantuan Rp156 juta untuk menjamin kebutuhan pengungsi. Sementara kebutuhan beras untuk pengungsi masih tersedia di gudang yang cukup hingga empat bulan.

Berdasarkan data rekapitulasi pada 6 Juli 2018 pukul 18.00 WITA, jumlah warga pengungsi mencapai 4.894 jiwa. Mereka tersebar di 54 lokasi pengungsian. Meski begitu, data ini mudah berubah karena sifatnya fluktuatif.

Sementara Gunung Agung masih menunjukkan aktivitas magmatik. Menurut pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Sabtu pukul 12.00 - 18.00 WITA, gunung setinggi 3.142 mdpl ini masih mengeluarkan asap kawah bertekanan lemah berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang.

Adapun tinggi asap mencapai 400 meter di atas puncak kawah. Status Gunung Agung hingga kini masih Siaga (level 3). Sedangkan zona bahaya erupsi Gunung Agung adalah radius empat kilometer dari kawah.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan saat berkunjung ke Pos Pengamatan Gunung Agung pada Kamis (5/7) sempat mengimbau pengungsi yang tinggal di luar radius bahaya tersebut untuk pulang.

"Jadi di luar empat kilometer bisa kembali saja, memang terdengar suara gemuruh dan sebagainya," kata Jonan soal kekhawatiran warga. Mengenai itu, Jonan akan menurunkan tim vulkanologi untuk melakukan sosialisasi dan memberi penjelasan.

"Kami akan jelaskan potensinya apa saja supaya bisa dipahami," ujarnya.
Pengungsi Gunung Agung belum mau pulang
Menteri Sosial Idrus Marham saat berkunjung ke Pos Pengamatan Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Sabtu (7/7/2018).
Kebetulan warga di posko pengungsian area Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perbenihan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Karangasem masih enggan kembali ke rumah. Posko tersebut menampung 184 jiwa yang berasal dari Banjar Kesimpar, Desa Besakih, Karangasem.

Mereka sudah berada di sana selama lima hari atau sejak erupsi strombolian pada Senin, (2/7) malam yang melontarkan lava pijar. "Karena lihat sinar, dengar bunyi gemuruh, makanya saya mengungsi," kata seorang pengungsi, Kadek Wati, 30 tahun.

Wati mengungsi bersama suami dan empat anaknya. Ia enggan kembali ke rumah karena khawatir meski kawasan kediamannya berada di luar zona bahaya. Banjar Kesimpar berada lima kilometer dari kawah Gunung Agung.

"Saya takut kalau mendadak gunung meletus," katanya. Sedangkan seorang pengungsi lain, Ketut Ardika (50 tahun), juga belum mau meninggalkan posko pengungsian. "Kalau di rumah masih takut, makanya lebih baik di sini (pengungsian)," ujarnya.

Namun saat siang hari, terkadang ia sesaat kembali ke rumahnya dan pada malam hari tidur di pengungsian. Kebetulan warga selalu membawa perlengkapan tidur, pakaian, dan peralatan memasak ketika mengungsi.

Menurut I Nyoman Tegteg (32 tahun), koordinator pengungsi di posko pengungsian area Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perbenihan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, warga mengungsi secara inisiatif karena panik saat lima hari lalu terjadi erupsi strombolian.

"Mereka masih mau di sini (pengungsian), karena takut dengar bunyi gemuruh kalau malam," katanya.
Pengungsi Gunung Agung belum mau pulang


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...lum-mau-pulang

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Pengungsi Gunung Agung belum mau pulang Para terpidana korupsi yang dicabut hak politiknya

- Pengungsi Gunung Agung belum mau pulang Vonis lebih ringan Rita Widyasari dan stafnya

- Pengungsi Gunung Agung belum mau pulang Berburu durian, nangka, dan rambutan di musim penghujan

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di