alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Masalah dengan Keluarga Suami
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b40eff0620881a4178b458e/masalah-dengan-keluarga-suami

Masalah dengan Keluarga Suami

Hello. Mau tanya tentang masalah rumah tangga.
Gw baru join kaskus, karena bingung banget harus cerita ke siapa yg bisa netral kasih pendapat. Please master disini kasih saran2nya ya emoticon-Smilie

Gw cewe, baru nikah 2 thn. Pernikahan gw kemaren itu 80% ditanggung biaya sama keluarga gw. Sampe setelah nikah ini rumah kontrak dibayarin sama bokap gw.

Suami gw lg ga ada kerjaan. Gw sama suami udah 2 thn bangun usaha kecil2an gitu deh. Tapi karena sepi jd begitu kontrak habis, kita pindah lg ke rumah bokap gw sementara. Bantuin usaha bokap gw dan suami jg ikutan bantuin usaha bokap gw.

Kenapa begitu? Karena nyokap suami aja tinggal sama adiknya (tantenya suami), ga mungkin gw jg tinggal di rumah mereka. Yahh plus gw jg ga mau seh tinggal sama mertua bisa stress disana emoticon-Gila

Masalah udah muncul sejak awal nikah. Jadi kartu kredit suami gw dipake sama adik mamanya (tantenya) itu, sampe limit habis dan ga dibayar2 akhirnya di blokir deh.

Mereka selalu ngomong nanti pasti dibayar atau udah dibayar cicilan minimum. Tapiii ternyata sampe 2 thn setelah gw nikah nih masih blm lunas tuh tagihan emoticon-Nohope

Dan minggu lalu, suami ada tlp ke nyokapnya suruh tanyain kartu kreditnya kenapa ga dibayar. Ehhh trus nyokap suami malah suruh gw bayarin kartu kredit dia yg dipakein sama tantenya!! Kesel donk gw emoticon-Mad

Sekarang gini, keuangan gw yg pegang karena gw jg dikasi uang sama bokap gw. Ya udah gw yg simpen dan manage keuangan rumah tangga. Nyokap gw soalnya bilang jangan kasih suami pegang uang banyak2 nanti dipake yg ga bener emoticon-Big Grin
Tapi nyokap suami gw neh kayak ga mikir deh. Selalu tanya suami gw masa ga punya uang dan ga pegang uang? Udah gitu suka minta uang kalo jalan keluar jg selalu maunya semua kita bayarin.

Masalahnya keuangan rumah tangga kita jg blm bagus, malah gw masih harus pikirin puter uang kita yg sedikit itu mau gimana. Meskipun bokap gw lumayan mampu tapi gw kan ga mungkin sering minta2 subsidi. Bokap nyokap gw aja ga pernah minta apa2 dari gw atau suami. Kenapa ini malah nyokap suami yg minta2 uang. Tapi bantuin ga pernah sedikitpun sejak awal kita nikah emoticon-Nohope

Pusing gw neh seminggu ini. Kalo tiap bahas sama suami ga pernah ada jalan keluar, yg ada cuma ribut mulu akhirnya. Suami gw jg pusing menghadapi mamanya dan keluarga tantenya. Yg ada gw makin kesel sama keluarga mereka nih.

Sebaiknya gimana ya gan? Master2 please help me emoticon-Frown
Diubah oleh manchestergirl
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Gimana pun hutang mesti dibayar
Apalagi anaknya sudah berkeluarga
Pinter pintarnya ente deh gimana cara ngomongnya yang baik dan bisa diterima
Berdoa dulu minta hikmat lalu diskusi dulu sama nyokap ente baru deh ngomong ke mertua
Yang penting hubungan sama suami harmonis ya udah. Yang lain nggak usah dipikir nemen2. tagihan cc dicover aja dulu nanti kalo tantenya udah ada uang baru ditagih
Quote:


Quote:

Masalahnya hutangnya ga mau dibayar2 neh udah 2 thn tagihannya ga kurang2 tuh emoticon-Nohope
Kalo gw bayarin dulu, gw jamin ga akan diganti. Soalnya dulu dia aja blg pinjam uang gw 2.5 jt mau dibalikin tapi sampe sekarang ga dibalikin.
Rese ya orang kayak gitu? Harus gimana hadepinnya? emoticon-Amazed
masalah sis dengan mertua dan adiknya sensitif bgt, krn menyangkut soal uang


mungkin dengan sikap sis yg lebih tegas ke mertua bs lebih mengerti?
Quote:


Sikap gw yg lebih tegas harus gimana neh? Yg ada kalo suruh suami gw tegas tentang masalah ini, gw jd emosi deh.
Diubah oleh manchestergirl
sebenarnya klo suami mau ngasi ibu nya itu ga masalah. tp ke tante ini yang aneh. kenapa juga harus suami yg nanggung.

saranku si jadikan pelajaran aja.. drpd ngutangin tp ga balik.. mendingan kamu kasih nominal yg sekiranya ga balik kamu ikhlas. misalnya kamu mau dipinjem 2,5 juta. kamu tegas bilang maaf saya ga ada segitu, adanya 500rb. jd kalaupun 500rb itu ga balik ya udah kamu ikhlas ga ngedumel d belakang.

masalah cc saranku si sebaiknya segera kamu lunasin tp jangan pernah pinjemin lg. anggap aja kesalahan dr awal kalian kenapa harus minjemin cc ke orang lain meskipun saudara sendiri. nanti nama baik suamimu yg rusak. kalau someday kamu butuh pinjeman uang ke bank, bakal susah krn kamu sudah punya daftar buruk ga bayar cc. bank ga akan perduli siapa yg sebenarnya pinjem, yg dia catat y akun suamimu.

klo tipe keluarga suami gitu. menurut ku si pisah harta aja. meski mostly uang dr keluargamu.. suami tetep lah dikasi jatah jangan engga sama sekali. kalau dia mau kasi jatah dia ke ortu dan saudara y itu hak dia yg penting ga utik2 jatah uang yg d kamu.

btw jangan sampe kamu ngerasa superior dr suami krn harta kebanyakan dr keluargamu. ingat suami itu tetap kepala keluarga yang udah kamu pilih sendiri. suami ga bs milih siapa yg jadi keluarganya. jd ketika kamu nerima suami ya itu sudah satu paket dgn keluarganya.

trus kamu telusuri dulu kisah masa lalu finansial antara suami dgn keluarganya. curiganya si sebelum nikah, suami tipe yg selalu ngasi uang hasil kerjanya ke ibu dan tantenya itu. jd ketika nikah dgn kamu dan sudah tidak seroyal dulu lagi.. mereka anggap kamu pengganggu mereka yg mengganggu sumber penghasilan mereka.

lagian ya.. klo mertua aja ampe nebeng rumah adiknya.. kuanggap brrt keuangan mertua ga bagus kan? mungkin ga punya kerjaan? klo bukan dr anaknya dia hidup dr mana lagi? rumah aja masih nebeng trus masa kamu berharap dia yg bayarin makanan kamu pas jalan2?

good luck.
Diubah oleh PuspitaHassei
Bener sebelom nikah Kan harusnya udah tahu kondisi Finansial suami Kaya gimana..kerjaan nya apa... Gimana keadaan Finansial keluarga nya dll... Kalo kejadian nya Kaya skrg ya itu udah resiko nya nikah ma Dia...

soalnya diantara keluargamu itu ga ada keterbukaan, entah masalah respek sama yg tua atau gengsi

kl gw sama nyokap, ya simpel aja gw bilang duit gw kasih bini semua, kl mau jajan ntar gw mintain ke bini gw .jadi ga ada asumsi2 ga punya duit lah, atau sampe lu nuduh nyokapnya ga ngertian lah, bos wajar lah nyokap minta ke anaknya, minta rumah jg gw beliin buat nyokap!
Quote:


tp yg diblacklist Bank Indonesia dan yg kena tagihan berbunga2 ya pemilik CC,amit2 jgn sampai diteror debt colector sist. List rapi aja utang2nya,, tagih/sindir tiap kali ketemuan or suami sist dimintain uang sama nyokap dan tantenya.

Ngadepin org ky gitu ya dijauhin sejauh2nya. Interaksi seminimal mungkin,cukup setahun sekali pas new year atau acara besar keluarga,sambil sist sindir soal hutang2nya..ane yakin korban tante bukan keluarga kecil sist doang..
Tantenya mungkin merasa berhak pake kartu kredit suami, wong ibu suami masih makan + tidur di bawah atap tante. Dari cerita aja kelihatan suami gak kasi duit buat ibu atau tantenya, padahal tuh tante uda nampung ibu suami, which mean nambah lagi satu mulut utk dikasi makan.

Dari pihak kamu mikirnya kyk diatas, dr pihak tante kamu: Gak tahu malu ya jadi anak, punya ibu gak diurus, gak ngasi duit lagi, padahal ibunya numpang makan + tidur disini. Masih syukur gak g usir ni. Mau tinggal dimana ibu kamu!?

Masalah rumah tangga kamu semua bersumber dari satu hal: kamu gak becus pilih suami. Apa level ekonomi lemah kayak suami kamu satu-satunya pria yang mau sama kamu?
Quote:

Suami tetep seh pegang uang kalo ada hasil keuntungan, yaa 20% deh dia pegang sisanya dia blg gw aja yg pegang. Karena dia blg uang kita bersama.

Bukan gw minta dibayarin kalo jalan sama mertua gw. Cuma yaa tau diri jg gitu. Masa setiap kali bener2 ga mau keluar uang sepeserpun tapi minta diajak jalan mulu. Udah gitu kalo jalan pake mobil bokap gw, dia minta harus diantar jemput pula emoticon-Nohope

Quote:

Kondisi keuangan keluarga suami seh gw udah bisa paham. Tapi setelah nikah koq keluarganya malah jd ga tau malu, istilahnya ngelunjak gitu.

Quote:

Kalo kata suami seh prinsip keluarga dia 'yg tua selalu benar & yg muda harus nurut'.
Suami jg udah blg ke nyokapnya kalo uang dipegang sm istri. Tapi nyokapnya jawab tuh yaa intinya kayak 'suami gw kan tinggal sama bokap gw masa ga dikasi uang sama sekali buat suami gw'.
Nahh itu namanya apa? Ga pengertian kan, padahal bokap gw udah bantuin biaya nikah & biaya kita kontrak rumah waktu itu. Kayak ga mikir tuh nyokapnya.
Quote:

Gw jg khawatir itu blacklist BI. Nanti kalo mau credit rumah sendiri ga bisa kan ribet. Tapi gw ga rela aja keluarin uang untuk bayarin yg bukan gw pake emoticon-Hammer
Kayaknya bener tuh emang banyak korban2 keluarga tantenya yg licik. Gw cuma bisa blg lama2 ga ada orang yg mau bantuin mereka sampe mereka bangkrut sekalian. Kesel udah mau meledak neh emoticon-linux2

Quote:

Suami gw udah kasih saran nyokapnya kan masih sehat masih segar bugar, suruh cari kerjaan yg bisa sekalian tinggal di dalam (misal baby sitter atau urus orang tua) yg ga terlalu berat. Tapi dia ga mau, blg mau santai aja. Padahal kalo gitu kan jd tantenya jg ga macem2 lg, ga akan atur2 urusan orang.

Dulu keuangan suami lumayan seh, sejak usahanya menurun aja jd lama2 begitu. Tapi pas situasi dia lg down kita udah terlanjur ada rencana nikah, udah DP ini itu. Rugi donk kalo di cancel DP hangus hahaha emoticon-Hammer

Yahh emang sempet ada ragu seh dulu, karena gw jg masih ada dekat sama cowo laen. Tapi cowo itu pergi kerja keluar negeri. Jadi lah gw mikir nikah sm suami gw aja yg deket disini emoticon-Embarrassment
Quote:


sista mikir serba untung rugi sih..

ogah rugi bayar CC, justru lebih rugi ga bs beli rumah sendiri akibat blacklist..

ogah rugi hangus DP, akhirnya tambah rugi dapat keluarga besar suami yg ky begitu..nominal kerugian justru makin gede emoticon-Hammer

Satu saran ane, jgn punya anak dulu deh, tambah runyam ntaremoticon-Wink
Quote:


Hahaha iya neh rugi deh keluarga besar suami kayak gitu orangnya. Sekarang jd pusing sendiri.
Kalo gw ga mau ketemu sama keluarga suami emang salah? Males soalnya basa basi kalo dalem hati gw neh udah kesel apalagi masih kesel banget.

Kita emang dari awal nikah lg pending punya anak dulu, karena keuangan jg blm stabil. Rencana seh tahun ini mau mulai program hamil, tapi ya ga tau jg kalo kondisi kayak gini bisa jadi atau pending lg.
Masalah no. 1 dalam Rumah Tangga adalah masalah ekonomi.
Yg kedua adalah masalah seks dan perselingkuhan.

Lagian suami ente kalo masih tinggal sama mertua ya ikut aturan mertua lah.....
Masalah yang menarik..terutama ada pada suami.
Kenapa suaminya cemen banget, CC dipake tantenya, kok ya mau2nya? apa gara2 mamanya tinggal dirumah tantenya.
Menurut ane, suami sista itu kurang mandiri, gampang diintervensi sm mamanya , tantenya.

*duh klo ane ya seneng dpt istri kayak sista ini

Saran ane ya, coba bangun kembali usahanya, hidup prihatin dulu.
sista juga harus belajar hidup tanpa subsidi dari ortunya juga. 👍🏼👍🏼
Serba salah sih klo jd pihak si suami
Secara tanggung jwb dia loh sbg anak laki2 utk ngurus ibunya jika ibunya udah tua dan janda, termasuk menjamin rumah dan makan ibunya.
Tapi kan dia ga mampu.
Ibunya numpang di saudara.
Dia numpang di mertua.
Lemah bgt posisi suami mu.

Jd saat si tante make uang enta berapa juta
Dia ga bisa apa2 krn emang klo diitung2 biaya emaknya numpang tinggal disaudara n numpang makan di saudara mungkin udah lebih dr duit yg si tante pinjem
Ngontrak sebulan aja udh brpa kan, blm listrik, kebutuhan dapur, dll nya yg harusnya ibu suami keluar juta2an per bulan
Ini jd gratis tis krn numpang di tante
Jd klo si tante mau itung2an ky ts, yg lebih berhak nagih ya si tante krn dia lebih rugi banyak, tuh mertua bakal diusir trs mau tinggal dimana siapa yg nafkahin? Ya suami mu lah mau ga mau. Dlm kondisi nafkahin km aja suami ga mampu, ditambah bayarin kontrakan n makan ibunya lg, kira2 suamimu bakal gmn klo si tante itung2an untung rugi kayak km sampe ga mau lg nampung mertuamu.
Lagipula scara tanggung jwb yg lbh pantes rawat mertua itu anak dan menantu loh, bukan adik kandungnya.
Itu tantenya udh berbaik hati mau ngurus mertuamu yg seharusnya jd tanggung jwb km dan suami.
Jd saran aku lunasin aj utangnya dan ga perlu diungkit lg kcuali km n suami sadar diri tiap bulan ngasih tante uang buat gantiin makan mertuamu.

Km mgkin ga betah klo bakal serumah sm mertua blablabla ya km tawarin solusi ke suamimu, mau ditaruh dimana ibunya.
Klo di tante ya suamimu tiap bln nyetor.
Di kontrakin sndr tiap bulan suamimu bayarin kontrakan n makannya.
Km hrs rela berbagi gaji suamimu kelak buat ibunya sesedikit apapun gajinya, krn memang ada hak ibunya disitu.
Itu udh konsekuensi km mau nikahin dia yg anak tunggal dan janda.
Jd jangan salahin suami/mertua/tantemu, kondisi mereka memang sudah begitu dr dulu, km sndr yg mau.



Quote:


Owh critanya ibunya ikut tante suami kamu. Ane bacanya kemaren cepet2 ane kira ikut adiknya suami kamu. hutangnya berapa sih. Kalo dibawah 10 mending nggak usah ditagih. Kalo diatas 10 ya terima aja kalo dikasih tapi jangan ditagig n sebagian di kasih aja itung2 itu tanda trimakasih. Lagian kan ibunya ikut tante suami kamu. Tantenya butuh uang juga kan buat menafkahi ibu suamimu. saling pengertian saja lah. Oh ya orang tua itu 100% tanggung jawab anak loh bukan orang lain apa lagi anak cowok. seburuk apapun keadaan ekonomi sekarang kalo niat bakal ada aja kok jalannya
Quote:


Sudah kuduga kalo bakal ada yang ngedahuluin komennya emoticon-Mewek
stuju banget sama semua pendapatnya neng steel trutama kalo tantenya itung2ngan bakal lebih banyak tuh uang yang harus dikluarin. ikhlasin aja tante suami kamu itu udah baik banget loh masak mau kamu bales pake aer tuba
Quote:


Beritahu suami sis, bahwa sis ingin mertua bersikap lebih respsek lagi kerumah tangga sis

Tapi sis ud tahukan seperti yang dikatakan mod Sella, Ada hak ibunya suami untuk meminta uang ke anaknya?



Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di