alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Iklan susu kental manis menyesatkan dan tidak ada yang tegas menindak?
3.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b40c971ded770e9268b45a4/iklan-susu-kental-manis-menyesatkan-dan-tidak-ada-yang-tegas-menindak

Iklan susu kental manis menyesatkan dan tidak ada yang tegas menindak?

BBC Indonesia - Surat edaran BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) yang melarang iklan susu kental manis disetarakan dengan produk susu berprotein menimbulkan pertanyaan mengapa tindakan tegas ini baru muncul sekarang.

Iklan susu kental manis menyesatkan dan tidak ada yang tegas menindak?

Iklan susu kental manis sering dinarasikan sebagai "bernutrisi", "sarapan sempurna" dan "pilihan oke" namun susu yang kandungan gulanya lebih tinggi dibandingkan proteinnya itu akhirnya diminta Kementerian Kesehatan untuk "tidak dikategorikan sebagai produk susu bernutrisi untuk menambah gizi."

Iklan susu kental manis menyesatkan dan tidak ada yang tegas menindak?

Salah biro iklan?

Lantas mengapa susu kental manis (SKM) selama ini bisa diiklankan sebagai sesuatu yang sehat dan bermanfaat bagi anak dan keluarga?


Tentu biro iklan berperan dalam menyebarkan informasi yang menyesatkan seperti dalam iklan-iklan SKM. Namun Sekretaris Jendral Persatuan Perusahaan Periklanan (P3I) Heri Margono berkilah.

"Memang konsep dan sebagainya dibuat oleh biro iklan. Tetapi sebelum nanti diproduksi kan tentu saja pengiklan ikut terlibat," kata Heri Margono.

Ditambahkannya, bahwa apa yang dibuat oleh biro iklan biasanya berdasarkan informasi yang diberikan pengiklan sehingga biro iklan hanya memiliki informasi yang "tidak sedalam daripada pengetahuan orang-orang ahli."

Bagaimana peran KPI?

Dan iklan-iklan yang "tidak benar dan menyesatkan" seperti diungkapkan BPOM ini, juga tidak bisa begitu saja dihentikan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Ketua KPI Yuliandre Darwis menjelaskan bahwa badannya tidak bisa bertindak tanpa mendapatkan legitimasi dari badan pengawas terkait.

"Harus ada pembuktian bahwa ini memang tidak layak dan BPOM menyatakan bahwa ini adalah sesuatu yang tidak benar," ujar Yuliandre.

Selain BPOM untuk SKM, Yuliandre mengambil contoh iklan-iklan politik yang harus sesuai ketentuan KPU.

Yuliandre juga menegaskan bahwa KPI hanya bisa bertindak selama ada penyelewengan pedoman penyiaran dan standar program siaran.

"Sama kayak iklan lain seperti pemutih dan sebagainya, selagi tidak melanggar, itu tidak ada masalah. Apalagi iklan-iklan itu hanya me-branding."

Bagaimana selanjutnya?

Surat edaran BPOM melarang menampilkan anak-anak berusia di bawah lima tahun dan memvisualisasikan SKM sebagai produk susu kaya protein untuk dikonsumsi sebagai minuman serta melarang untuk ditayangkan pada jam tayang cara anak-anak.

Kementerian Kesehatan memandang SKM ini dinilai masyarakat baik untuk pertumbuhan. Sedangkan SKM yang tinggi kadar gula justru tidak diperuntukkan untuk balita.

P3I sendiri mengatakan akan mengedarkan surat edaran BPOM itu kepada para anggota mereka, dan jika ada yang masih membandel makan "akan diberikan teguran dan disarankan untuk dihentikan penanyangannya."

"Di P3I kita punya BPP, Badan Pengawas Periklanan, melihat iklan-iklan yang melanggar etika atau tidak," sebut Heri Margono.

Dari sisi pengawasan penyiaran sendiri, KPI mengatakan bahwa mereka akan mengingatkan lembaga penyiaran jika masih ditemukan iklan SKM yang menyesatkan.

"KPI kan hanya bisa menindak lembaga penyiaran, bukan terhadap artis, konten. Nanti lembaga penyiaranlah yang akan menindak, apakah dari agen iklan atau lain sebagainya," ungkap Yuliandre.

Terlepas dari iklan yang menjual, susu kental manis memang menggiurkan bagi keluarga Indonesia bukan hanya karena rasanya, namun juga karena harganya yang relatif jauh lebih murah dibanding susu tinggi protein.

Iklan susu kental manis menyesatkan dan tidak ada yang tegas menindak?

emoticon-Cape d...
Kenapa baru sekarang ????? Dulu ngapain aja???
Diubah oleh: nyai.dasimah99
Halaman 1 dari 5
Quote:


Spoiler for ini baru susu:
Quote:


emoticon-Malu
astajim emoticon-Kagets
Mungkin setoran ke bepom agak seret akhir akhir ini emoticon-Traveller
sususususususususususususususu
susu murni nasional

tet tot tett
ane udah tau sejak dulu sih.
ternyata baru rame sekarang.. kirain udah sejak dulu.
apalagi yg cap nona emoticon-Imlek
dari kecil dulu suka minum skm, senang rasanya karna asupan protein dan kalsium tercukupi.. eh ternyata bertahun2 hanya minum air gula emoticon-Busa
Quote:


Tatto nya cadas amat nih
gula rasa susu, yang mau beli siapa...eh itu kan permen ya emoticon-Hammer2
Skm ini udah ada sejak puluhan taun lhoo.. gue udah kembung baru lu ngomong... Telat lah taeekk.. emoticon-Cape d...
Pantes tetangga ane dari balita yg diminimin susu begini ama emaknya keropos semua gigi nya :cih
untung mak gw katro jadi masih bisa bedain yg mana kandungan susu dan nutrisinya yg lebih tinggi, gw minum dancow dari kecil memang lebih mahal tapi bergizi dan bernutrisi tinggi!
Diubah oleh amiruls.lee
dulu kan namanya susu kental manis
nyatanya gula kental manisemoticon-Hammer2
paling menguap gitu aja, gak ada kelanjutannya. Padahal dampaknya banyak..
skrg baru di kasitau

apa skrg kurang setorannya emoticon-Bingung
untung ane ga suka susu kental manis , sukanya susu anyep cap gantung :goyang
setoran kurang

kaya sekarang ane cari makarel susahnya minta ampun

emoticon-Lempar Bata
cocokny buat tambahan es campur apa kopi modern...
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di