alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / ... / Stories from the Heart /
Pelayaran Kapal Van Drei
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b40c51a98e31bc3368b4567/pelayaran-kapal-van-drei

Pelayaran Kapal Van Drei

      Pada Tahun 1809 Dibawah pemerintahan Gubernur Van ludwig ,pemerintah belanda berhasil menemukan harta karun di daerah kulon progo .Harta berupa emas, berlian,naskah kuno tersembunyi di hutan bawah tanah. Tanpa sepengetahuan pemerintah prancis yang mengkoloni belanda.di istana gubernur Van ludwig, Gubernur Van ludwig memanggil kapten Kapal abraham desoet.
      Van ludwig berkata''Kapten kita berhasil mendapatkan harta karun tersembunyi kerajaan mongaya kuno, dan banyak sekali ,mungkin 10 keturunan tidak akan habis harta ini.
       Abraham jawab''Lalu bagaimana yang mulia gubernur".
Van Ludwig jawab"Harta karun untuk bagian kecilnya kuperintahkan bawa ke Rotterdam ,yang bagian kecil saja luasnya harta kira-kira 2 rumah pribumi. Abraham sahut'' sekecil itu hartanya seluas 2 rumah pribumi,hahaha kita kaya hahaha".
        Van Ludwig"bawa dulu yang punya kita pribadi baru sisanya untuk negara,dan ingat jangan sampai tahu pihak prancis kata ratu Lucia, negara kita sudah menurun sejak dijajah prancis'.
Abraham dengan tegasnya menuruti perkataan sang gubernur"Siap tuan,percayakan amanah itu dengan saya tuan".
        Masih Ditempat Istana gubernur Para pribumi jawa beraktifitas layaknya pekerja .Ada yang mengangkat barang,ada yang membersihkan kaca dan lantai dan ada pula demang atau bos para pekerja pribumi yang juga pribumi jawa bernama demang joyo.
         Widodo merupakan salah satu pekerja pribumi jawa sambil mengelap kaca berbicara dengan temannya joko yang sama mengelap kaca. Joko ngobrol'' Widodo malam nanti nonton ngak wayang di kampung pantai setan. Joko jawab'' Waduh gimana yah istri nanti marah nih,dikirain nanti main tempat janda,soalnya seminggu kemarin hampir kepergok nih'.
         
Urutan Terlama
lalu datanglah jiun menemui joko dan widodo'. " Joko,widodo malem nanti datangnya acara tahlilan istri gue yang meninggal". Joko jawab ' ok batalin nih acara wayang". Widodo " oh ya jiun saya turut duka cita atas kematian istri loe,tapi kan sebagai laki laki perlu teman sehidup semati ada ngak rencana untuk ganti istri 1809 hahaha". Jiun" yaelah susah joko dan widodo cari istri yang ngademin,jaman sekarang cewek pada maun laki bule londo kaya,kita mah kere kerjaan babu".
joko jawab" Loe kayak frustasi aja kayak ngak ada istri selain yang meninggal beberapa bulan lalu".
jiun jawab"lah istri gue kemarin nerima gue apa adanya meski makan sepiring berdua".
Widodo jawab" haha ngak bisa lupa sama yang lama.
Tiba-tiba demang Joyo menegur mereka bertiga" hei sampan jangan ngobrol aja ,kerja cepat,nanti saya dihukum kapten abraham". mereka pun kembali membersihkan istana
Di ruangan kapten abraham desoet masih istana yang sama " aku pikir langsung kaya dengan mengantar harta ke rotterdam,tapi akhir-akhir ini terutama lautan india banyak perompak ganas,bahkan tidak takut terhadap tentara'.pikirnya.
lalu ia kembali berpikir'tapi tidak ada cara lain selain melewati lautan india ,jadi selain pasukan aku juga harus bawah para pribumi dengan senjata api pula,tenang ini pasti bisa'.

bagian 4

Lalu Kapten memerintahkan bawahannya datang keruangannya.lalu para bawahnnya para sersan dan letnan satu datang menghadap kapten abraham.Abraham mengatakan'Kalian tahu mengapa saya menyuruh kalian semua baik sersan maupun letnan untuk datang".
mereka pun bertanya-tanya dalam hati.Abraham memberikan jawabannya'' Kini bukan hanya belanda yang jadi tentara tetapi para pribumi hindia belanda".
Letnan satu andrean bertanya'' maaf kapten kalau saya lancang,kenapa pribumi juga direkrut bukankah pasukan kita sudah lebih dari cukup. Kapten abraham jawab' kenapa aku mau merekrut para pribumi tersebut,karena kita ada misi mengantarkan harta karun kuno kerajaan mongaya yang sebagain kecilnya dulu,itupun bagian kecilnya yang kita bawa ke rotterdam seluas 2 rumah pribumi,terbayang kan sekecil itu seluas 2 rumah pribumi.
"kalian pun akan mendapatkan bagiannya'. Raut para sersan dan letnan satu andrean tampak senang"Wah kita kaya nih balik ke belanda"
Lalu Kapten Abraham menjelaskan lagi" Tapi kita punya halangan di laut india dan dekat selat bosporus ,akhir-akhir ini perompak mulai bertebaran terutama perompak dari srilangka,india,hingga perompak afrika.baru-baru ini mereka merampok dan membunuh semua penumpang inggris yang mau ke singapura'.
Lalu sersan jawab''Kapten kita kan punya meriam dan senjata api".
Kapten Abraham jawab'Semenjak belanda di koloni oleh prancis senjata kita dikurangi 60% jadi benar-benar pas-pasan,itupun harus izin prancis. Jadi kita juga butuh jawara pribumi untuk menghadapi kalo perompak itu menyerang kita semua'.
Letnan Satu andrea bertanya'Kapten kapan kita rekrut para babu pribumi tersebut".
Kapten abraham jawab" Sore ini bikin pengumuman khususnya di masyarakat,kita butuh orang jawara pribumi hebat''.

bagian 5

lalu Salah satu sersan suruhan Letnan Satu Andrea menempelkan kertas berbahasa jawa berupa Rekrutmen tentara pribumi di tembok benteng Istana gubernur van ludwig, Masyarakat berduyun-duyun melihat pengumuman tersebut.Salah satu masyarakat membaca" Wah ada rekrutmen jadi tentara belanda,kita bisa jadi londo''.
Lalu masyarakat lain jawab'wes mau jadi penjajah koe".Lalu masyarakat lainnya menimpali"Duitnya gede nih mau ah ikut". lalu Joko yang mau pulang kerja dari istana melihat kertas rekrutmen tentara pribumi oleh belanda.
Joko''Wah rekrutmen jadi serdadu londo dengan gaji 4 batang emas tapi disini tertulis juga tentara sementara hanya mengantar ke belanda dan pulanngya tidak jadi tentara lagi'.
Widodo dan jiun menghampiri Joko" lum pulang joko"
Joko membalas "ini ada rekrutmen jadi tentara,mau ikut ngak loe gajinya 4 batang emas tapi kalo pulang ke jawa lagi ngak jadi tentara lagi jadi tentara sementara".
Jiun balas'' gimane kalo kite ikut tuh pade jadi tentara,lumayan nih 4 batang emas".
Joko membalass'' lumayan sih lumayan tapi kan kita dicap londo bukan jawo bukan. Widodo jawab" saya pikir kenapa ngak kita ikut kan kesempatan seumur hidup,sekali-kali jadi londo, saya pengen pegang peceng".
Jiun' Ayo joko ikut aja'.
Joko lalu mengiyakan omongan kedua sahabatnya'baiklah aku ikut kalian besok kita daptar".

Bagian 6

Kebesokan harinya Joko,Widodo dan Jiun di pagi hari menemui Demang Joyo " Selamat Pagi Demang,kami bertiga mau mengundurkan diri bekerja". lalu Demang bertanya" Kenapa mau berhenti,alasannya apa".
Joko jawab"Kami bertiga mau mendaftar jadi Tentara Pribumi". Dijawab Demang" Oh alasanya itu,baik kalo itu kalian inginkan,tetapi ingat tuanku mengatakan untuk jadi tentara pribumi tidak mudah,karena katanya kalian akan menyebrangi lautan ganas apalagi sering terjadi perompak kapal yang akan membunuh kalian setiap saat".
Widodo balas" Itu sudah resiko jadi tentara ,kami siap untuk itu".
Demang jawab"Silahkan daftar di ruangan sana, kalian pagi sekali untuk mendaftar".
mereka berterima kasih kasih sudah mengizinkan untuk jadi tentara pribumi.
Mereka bertiga adalah yang pertama datang di pendaftaran tentara pribumi. Panitia rekrutmen'' oh rupanya kalian bertiga yang datang duluan pagi-pagi ini.Jiun jawab" iya kami bersemangat ingin bertempur ".
Panitia Rekrutmen" Bukan kalian saja yang akan bertaruh nyawa masih banyak pribumi-pribumi macam kita yang mau daftar, dan ingat ini tentara sudah pulang dari belanda semuanya dibebas tugaskan".
Joko jawab" tak masalah ,ini pengalaman mahal walaupun sementara
Panitia Rekrutmen'' ok kalo itu kemauan kalian pagi jam 3,ingat jam 3 harus standby di istana depan sini kalo telat sedikit saja,langsung dicoret,kalian akan ikut pelatihan militer selama 5 hari ,kalian tidur disini .
Widodo'' Wah enak tidur di istana,ngak lagi tidur di gubuk".
Panitia Rekrutmen" hahaha rasakan kalian nanti,nikmati hahahaha'.
Mereka pun pulang ke rumah masing-masing untuk bersiap datang jam 3 pagi.
Mantab gan, lanjut.. 🙏🙏🙏
kok prabowo,yudhoyono,eyang amin dkk ga diajakin gan?
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03

Bagian 7

Widodo Pun akhirnya bangun ."wah masih ngantuk oaaahhh" ia pun bergegas mandi di gubuk". Setelah usai mandi ia pun menutup pintu rumah dan pergi dengan berlari sedang" aduh takut terlambat nih".
sekitar 7 menit dari rumahnya akhirnya tiba di depan istana gubernur Van Ludwig .Ia melihat banyak orang berkumpul salah satunya Jiun"hei bangun juga ya".
Jiun balas" ah masih ngantuk gue,mana si Joko".Joko Jawab '" Kayaknya kagak dateng nih" lalu jiun melihat joko berlari tergesa-gesa menuju mereka. Joko" hahaha mengas deh". jiun menjawab'' Datang juga sama kami hahaha".
lalu seorang pria keturunan china wei bertanya pada mereka''Permisi mas,kalian juga daftar tentara ya".
Joko"Ya kami daftar ,pengen liburan ke londo". lalu pria China tersebut memperkenalkan diri" Namaku Wei salam kenal ,aku juga mau daftar".
mereka pun berkenalan. Widodo jawab" wah cuma kamu ya keturunan china yang daftar jadi tentara, disini banyak orang jawa,betawi ama orang padang".
Wei jawab' wah emang Keturunan ngak boleh daftar,ini kan jadi Tentara sementara.Saya udah biasa kerja bagian perdagangan,ingin nih coba pengalaman baru".
Joko" Hahaha Horang Kaya nih olang"
Wei" Hei ngak semua orang Keturunan China kaya".
Widodo" Kamu udah kaya mau aja resiko mati jadi Tentara".
Wei Jawab" Setiap manusia pasti mati".
Jiun"Ok sekarang kamu teman kami hahah".
Lalu seorang Sersan Belanda bernama Donny " Hei kalian semua kumpul disini". Mereka semua sekitar 60 orang datang kearah Sersan Donny. Sersan Donny mengarahkan" Ok semuanya,ditengah shubuh ini kalian selama seminggu akan ditempa di Area dekat Istana Gubernur selama 5 hari ,apakah kalian lolos jadi Tentara atau Pecundang,buktikan kalian layak".
Wei jawab" wah ini adalah pembuktiannya". Widodo jawab juga" asyik nih ke londo". Sersan Donny'' Kalian dengar instruksi saya kalian yang banyak ini akan dibagi berbagai grup ,tiap grup berisi 9 orang dengan Pelatih 2 ,Ingat Panggil mereka Kepala Kopral lalu nama mereka.
Turuti semua aturannya tanpa terkecuali jika ingin lolos".
Donny melanjutkan" DIsini kalian akan diuji mental, dan kemampuan kalian ". lalu datanglah Belasan Pelatih Berpangkat Kopral Kepala dengan wajah Bule dan tinggi besar tubuh mereka.
Sersan Donny " Ok Kopral sekrang arahkan mereka sesuai grup masing-masing. ini barisan-barisannya. Dengan wajah tanpa senyum mereka memanggil tiap Barisan. Barisan Joko,Widodo,Jiun Dan 3 orang belum dikenal diarahkan oleh Kopral Kepala.
Kopral Kepala" Selamat Pagi semuanya". Mereka semua menjawab Selamat Pagi". Kopral Jawab" Namaku John panggil Kopka John,kudengar kalian ingin jadi Tentara ya''. Para Calon pun memperhatikan dengan sesama. Kopka John Balas''Walaupun ini hanya Tentara Sementara,Kerajaan Belanda akan menghargai jasa kalian semua terutama Rakyat kami, Ok aku minta perkenalan nama anda semua seperti ini, Misal Saya Babu,Saya Anjing misal nama nada ,sekarang".
Joko"Saya joko". Wei" Saya Wei". Widodo " Saya Widodo''. Jiun" Saya Jiun". Sutarno' saya Sutarno". Daud" Saya Daud" Bowo " Saya Bowo'.
Sersan Donny". Ok itu nama kalian,sekarang aku tidak mau tahu kelilingi 100 kali istana tersebut". Mereka semua terkejut Joko" Wah gila Kopral kepala Donny,capek nih. Lalu Kopka Donny menendang perut Joko" Lakukan perintahnya atau keluar berhenti dari pelatihan ini".
Mereka pun dengan hati jengkel terpaksa menuruti kemauan Pelatih mereka. Lalu Datanglah Kopka Gabriel ngobrol dengan Kopka Donny" Wah ini anak buah kita ya". Kopka Donny balas'' kali ini anak buah kita bukan sesama kita tapi orang jawa,china dan sumatra".
Kopka Gabriel" Ini ada jenever kita minum nih". Jenever adalah minuman alkohol khas belanda". Sambil Minum 2 kopka tersebut yang santai, diputaran 34 mereka mulai kelelahan Joko" Aduh gila tuh belanda nyuruh kita mati". Widodo" capek banget istirahat dulu".
Kopka Donny dan Kopka Gabriel yang setengah mabuk ngobrol berdua" Aduhh hahahah enak ya minum jenever,itu langit kok ilang bintangnya". Kopka Donny jawab" Hei kamu mabuk,ini udah selesai shubunya, yuk kita liat anak buah kita". Sambil jalan sempoyongan dan memegang botol jenever mereka menuju para anak buah".
Widodo'ENak juga berbaring di rumput ini". Lalu Kedua Kopka berteriak kepada mereka semua" Hei Anjing pribumi ,kenapa berhenti,baris kalian semua". Mereka Pun berbaris ,Kopka Gabriel dan Kopka Donny menendang dan meninju mereka semua yang kedapatan istirahat.
Kopka Donny '' Kalian pikir dengan istirahat langsung jadi Tentara".
Kopka Gabriel memgang baju Widodo" Hei Mau nantang saya ya anjing pribumi" Jawab Widodo" Tidak Kopka".Kopka Gabriel Jawab" Siapa namaku". Jawab Widodo' Tidak tahu Kooppka". Lalu Ditampar 5 kali muka Widodo. Kopka Gabriel" Panggil Saya Kopka Gabriel".
Kopka Donny" heh ternyata disini kumpulan pencundang". Kopka Gabriel lalu melihat Daud salah satu rekan Joko yang baru dan memegang baju Daud" Mau lawan saya,ayo" Kopka Gabriel menarik baju Daud. Daud memelas" Ampun Kopka Gabriel,saya tidak berkmaksud melawan anda".
Kopka Donny" Cukup,semuanya tengkurap di tanah". Mereka semua tengkurap di tanah. Kopka Donny "semuanya masuk kedalam kolam sana". Mereka bertujuh merayap ditengah rumput menuju kolam yang diarahkan Pelatih.
Sesampainya dikolam Kopka Gabriel memberikan instruksi" semuanya saya minta menyelam sekarang". Mereka semua menyelam kedalam kolam". Dalam hati Wei" Wah dingin sekali kolam ini". Dalam Hati Sutarno" baik,Anjing nih Kopka". Dalam Hati Widodo" Wah mau ke Belanda aja nyawa taruhannya".
Setelah 10 detik Kopka Gabriel memberikan instruksi" Hei timbulkan diri kalian sekarang". Para Anak Didik menampakan diri dengan muka kedinginan. Kopka Donny" Ada yang mau pulang jawab!!!!!!!!! dengan teriakan keras. Mereka semua jawab" Tidakkkk".
Kopka Gabril' Hei Donny suruh mereka keluar dari kolam". Kopka Gabriel" Hei Semuanya cepat keluar dari kolam".
Mereka semua keluar dari kolam. Kopka Donny" Hahaha sudah terbit Matahari,Hah masih ada yang kedinginan".
Kopka Donny menampar Wajah Bowo salah satu rekan Joko yang baru dikenal" Namamu Joko bukan".
Bowo' Bukan Nama saya Bowo". Kopka Donny'' Ini sudah terbit matahari,kalo ada raut muka kedinginan saya hajar kalian".
Mereka semua dengan terpaksa menahan ekpresi kedinginan,karena takut dihajar para pelatih.

Bagian 8

DI Istana Gubernur Van Ludwig dalam ruangan berbeda, Di Ruangan Kapten Abraham ia memikirkan sesuatu" Kudengar akhir-akhir ini berita perompakan dari surat kabar memakan banyak korban,bahkan tentara pun banyak yang mati".
Lalu Pintu Ruangan Kapten Abraham DIketuk"Tok,tok,tok permisi tuan". Jawab Kapten Abraham" Masuk". lalu datanglah mbok-mbok pelayan "Permisi Tuan,Tuan Dipanggil Gubernur di ruangannya". Jawab Kapten Abraham" Saya akan ke ruangannya". Lalu ia berjalan menuju ruangan Gubernur Van Ludwig,Tampak saat ia berjalan,Lukisan Klasik mewah,Gambar Ratu Belanda,Kursi,Lemari dan Perabotan mahal lainnya terlihat glamor, ia pun tiba menghadap Gubernur Van Ludwig. Gubernur" Kapten aku dapat surat dari Pimpinan tertinggi Angkatan Laut Laksamana Obet Bauwens,Bahwa Kapal dagang milik inggris dirampas oleh Perompak Srilangka,semuanya habis dibantai padahal disana ada 14 Tentara Inggris yang menjaga para Pedagang Inggris,mereka rugi total".
Lalu Kapten Abraham" Sebanyak itu dibantai para Tentara".
Gubernur Ludwig" Ya sebanyak itu,apa kita batalkan saja".
kapten Abraham" Jangan kita dan rakyat butuh harta tersebut".
Gubernur" Kamu Yakin Tentara Kita dan Tentara Pribumi dapat mengawalnya".
Kapten Abraham" Percayakan padaku".


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di