alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PKS Dukung PKPU Larangan Bekas Napi Korupsi Jadi Caleg
1 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b40af6e12e25739778b4567/pks-dukung-pkpu-larangan-bekas-napi-korupsi-jadi-caleg

PKS Dukung PKPU Larangan Bekas Napi Korupsi Jadi Caleg

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera atau PKS Hidayat Nurwahid mengatakan partainya setuju dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum atau yang melarang mantan narapidana korupsi mencalonkan diri dalam pemilihan legislatif 2019. Hidayat mengatakan PKS tak akan mencalonkan mantan napi korupsi kendati tak ada aturan itu.

"PKS sangat setuju, dan walaupun tidak ada aturan itu PKS juga tidak mencalonkan mantan napi korupsi," kata Hidayat di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 2 Juli 2018.

KPU baru saja menetapkan PKPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. PKPU itu ditetapkan pada 30 Juni 2018 oleh Ketua KPU Arief Budiman dan telah diunggah di laman resmi KPU.

Aturan pencalonan itu disahkan setelah melalui pro dan kontra larangan eks napi korupsi mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Sejak awal, rencana itu menuai penolakan dari sejumlah pihak, di antaranya Dewan Perwakilan Rakyat, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Kementerian Hukum dan HAM bahkan menolak mengundangkan peraturan itu.

Hidayat mengatakan tidak diundangkannya PKPU itu memang menjadi polemik tersendiri. Selain itu, Hidayat menyebut PKPU itu juga menguji komitmen Indonesia terhadap pemberantasan korupsi. "Ini juga menjadi ujian bagi seluruh rakyat indonesia mengenai komitmen kita memberantas korupsi."

Baca:
Yasonna Tak Akan Teken PKPU Soal Larangan ...
KPU Segera Serahkan Draf PKPU Pencalonan ...

Menurut Hidayat, masyarakat berhak mendapatkan calon anggota legislatif yang bersih dari korupsi. Hidayat mengatakan tahapan pemilu tak seharusnya direpotkan dengan perdebatan mantan napi korupsi ini. "Di Indonesia ini yang tidak pernah terjaring masalah korupsi masih berjuta kali lebih banyak daripada yang terkena korupsi," kata Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat ini.

Larangan mantan napi korupsi dalam PKPUitu, kata Hidayat, juga diterapkan dalam pemilihan presiden dan pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Hidayat berpendapat aturan serupa seharusnya juga diterapkan dalam pemilihan legislatif. "Toh hakikatnya sama, rakyat diberi calon dan rakyat akan memilih. Oleh karena itu disamakan saja," kata Hidayat.

https://nasional.tempo.co/read/1102771/pks-dukung-pkpu-larangan-bekas-napi-korupsi-jadi-caleg

Koruptor kok nyaleg
Urutan Terlama
partai yg tidak mndukung ga usah dipilih lagi di pileg nanti.

siapakah partai yg tidak mndukung?
PKS Dukung PKPU Larangan Bekas Napi Korupsi Jadi Caleg
Quote:



Partai yang tidak mendukung ituuu
Ada pdip
Ada demokrat
Ada golkar
Ada banyak sih gan
Kayaknya sejauh ini yang mendukung pkpu baru pks doang deh
Gerindra juga mendukung pkpu kpu.
curiga hanya kerna kubu pemerintah kasih statemen membolehkan selama belom inkrah
katanya rembuk nasional, tp masyarakat awam yg ga tau apa apa dijadikan komoditi

PKS Dukung PKPU Larangan Bekas Napi Korupsi Jadi CalegPKS Dukung PKPU Larangan Bekas Napi Korupsi Jadi CalegPKS Dukung PKPU Larangan Bekas Napi Korupsi Jadi Caleg

koordinator si adrian napitolol
Quote:


nah, well meskipun kalo mendukung pkpu itu belum tentu nantinya tidak korupsi paling tidak sudah ada komitmen dari PKS. Ane rasa PKS tobatnya paling bagus diantara laennya, terbukti statistik korupsinya paling rendah.
Jgn salah kader pks ada juga yg korupsi
emoticon-Toast
tp krn punya bnyk kader, jadi kalo ada yg korupsi tinggal dicoret, diganti ama kader yg lain gitu aja kok repot
dari dulu parpol ini memang paling politis dibanding semua dan jago mengambil kesempatan emoticon-Big Grin padahal banyak kader dia yang ketangkol korupsi, tapi pandai mencari kesempatan emoticon-Big Grin
Penjilat...
Jijik gw...
Quote:


siapa sih yang gak suka lobster..
harusnya yah sdh jadipun di tendang juga


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di