alexa-tracking

Ingin Kuliah Fakultas Kedokteran di Surabaya? Siapkan Uang Minimal Rp 300 Juta

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b4097831854f741088b4567/ingin-kuliah-fakultas-kedokteran-di-surabaya-siapkan-uang-minimal-rp-300-juta
Ingin Kuliah Fakultas Kedokteran di Surabaya? Siapkan Uang Minimal Rp 300 Juta
SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Kedokteran masih menjadi program studi prodi favorit di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Padahal biaya awal masuk kuliah Fakultas Kedokteran (FK) di PTS mencapai Rp 390 juta.

Berdasar sejumlah website pendaftaran PTS di Surabaya, Uang Sumbangan Pendidikan (USP) atau Dana Pembangunan dan Pengembangan (DPP) di FK mulai Rp 300 juta.

Humas Universitas Surabaya (Ubaya), Hayuning Purnama Dewi mengungkapkan USP sebesar Rp 300 juta itu dibayarkan saat mahasiswa masuk FK.

“USP ini untuk pengembangan untuk mendukung perkuliahan, dan fasilitas mahasiswa,” urai Hayuning kepada SURYAMALANG.COM, Sabtu (7/7/2018).

Selain USP, mahasiswa FK harus membayar SPP sebanyak Rp 32,5 juta per semester.

SPP ini bisa diangsur enam kali sebesar Rp 6,5 juta.

Ubaya juga menawarkan opsi pembayaran tunai dengan potongan.

Jadi SPP tiap semester hanya Rp 30 juta.

USP dan SPP FK memang paling tinggi dibandingkan fakultas lain.

Namun, peminat FK setiap tahun mencapai 200 pendaftar di tiap gelombang.

Padahal Ubaya hanya memiliki daya tampung 50 mahasiswa baru (maba) untuk FK.

“Kalau FK wajib tes. Itu berbeda dengan jurusan lain yang bisa memakai jalur tanpa tes atau pakai nilai rapor.”

“Bedanya lagi, ada rangkaian lain, seperti wawancara dan psikotest dengan calon mahasiswa baru (camaba),” ungkapnya.

Menurut Hayuning, tes pendaftar FK diadakan di tiga tempat, yaitu Surabaya, Jakarta, dan makasar.

Dari hasil wawancara dan tes, akan ditentukan pendaftar yang lolos.

“Kalau yang lulus kurang dari 50 pendaftar, baru kami rapatkan dan buka pendaftaran lagi untuk FK,” lanjutnya.

Besarnya peminat FK di PTS juga terjadi di Universitas Wijaya Kusuma (Uwika) Surabaya.

Kepala Biro Adm Kemahasiswaan & Kehumasan Uwika, Andi Aruji menjelaskan usai lolos tes, camaba harus membayar USP sebesar Rp 390 juta untuk sekali masuk FK.

Selain itu juga membayar biaya ikatan orang tua mahasiswa (Ikoma), asuransi, laboratorium dan SPP sebesar Rp 28.320.000.

Sedangkan untuk SPP-nya sebesar Rp 12 juta setiap semesternya.

http://suryamalang.tribunnews.com/2018/07/07/ingin-kuliah-fakultas-kedokteran-di-surabaya-siapkan-uang-minimal-rp-300-juta?page=

Gak terjangkau nasbung biaya kuliahnya
image-url-apps
Nggak salah dokter kalo obat pake sponsor,kuliahnya aja mahalemoticon-Mewek
image-url-apps
Kedokteran emang mahal bagi yg ga punya duit lebih emoticon-Mewek
KASKUS Ads
image-url-apps

300 juta???
Pantes aja banyak kaum muda nastak yang mengurungkan niatnya untuk menuntut ilmu di fakultas ini
image-url-apps
Kalo banyak pasien cepat balik.modal, kalo yg sepi pasien bisa tekor
image-url-apps
Blm tentu juga jd dokter yg tenar sdh tombok duluan segitu byk wkwkwkwkw
Quote:


kaum muda nasbung jadi apa??
ahli madya biang keributan?
image-url-apps
Quote:



agan akan menjadi saksi di 2019 nanti kami lah yang akan menguasai di setiap sendi pemerintahan republik ini
image-url-apps
Quote:


gak separah itu juga kali, kan bs masuk profesi ahli spiritual ato dukun
Quote:


pembicaraan spt yg agan biliang itu kayak sudah umum di masyarakat yak?? emoticon-Smilie






emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
image-url-apps
Quote:


Njir. Main villain emoticon-Ngakak
image-url-apps
makanya masuk fk negeri
fk negeri ada juga sih yg mahal spp 20 jt tapi ada juga yg gratis spp kek unpad

padahal kuliah kedokteran susah lama belum pake koass internship ukmppd kenapa masih banyak aja yg minat ya ? gw ajankalau ditanya gimana kuliah kedokteran slalu jawab ga enak
orang tua anak yg masuk fk juga mikirnya kedokteran banyaknkali ya duitnya padahal mah dibayarnya cuma 2000 perak iship aja bayarnya kek umr padahal taruhannya nyawa emoticon-linux2
image-url-apps
sistem perkuliahan kedokteran hanya memungkinkan mahasiswa2 dari keluarga tajir (yang kebanyakan berasal dari keluarga dokter juga) atau mahasiswa kedokteran dari keluarga ekonomi biasa yang super jenius + keberuntungan dari langit
image-url-apps
makasih banget buat dokter2 di luar sana yang sukarelawan nyembuhin orang ga nuntut biaya macem2 atau gratis sekalian emoticon-Shakehand2,

buat dokter yang minta tarif tinggi....ya realitanya pendidikan aja udah gitu biayanya, susah juga mau nyalahin mereka emoticon-Nohope
image-url-apps
bukanya dokter emang segitu biaya kuliahnya​ yaa, kok malah heran
image-url-apps
Pantes aja banyak dokter blangsak belakangan ini... Bikin gw jd antipati ama dokter.. Serius anak gw 4 masih bocah semua.. Kalo sakit ga gw bolehin ke dokter... Biar sembuh sendiri, dan hasilnya skrg malah semua jd jarang sakit.. emoticon-Big Grin

Apalagi dokter kandungan tuh, dikit2 main sesar.. Kandungan ga knp2 dibilang harus sesar skrg juga..

Btw temen gw ada jg jadi dokter, skrg buka praktek sendiri, pernah dia update status kaya gini:
"Alhamdulillah, hari ini banyak pasien emoticon-Smilie "

Alhamdulillah gundulmu ambyar kui emoticon-fuck

Banyak yg ga sadar kalo dokter itu adl pengabdian pd kemanusiaan, bukan pekerjaan...
Kalopun ada hasil materi / uang yg didapat, itu hanya sebuah aksi dan reaksi saja.. Bukan tujuan utama

Jari tengah jugalah buat sistem pendidikannya emoticon-fuck

No offence ya bukan dokter yg masih idealis.. Mudah2an masih ada.. Kalopun ada biasanya sudh sepuh.. Sudh selesei dgn permasalahan hidupnya..

Contoh: dokter lo dari solo yg banyak menggratiskan biaya berobat utk pasien yg gak mampu
image-url-apps
Ane punya satu pertanyaan, buat dokter2.
Kalu semisal sebagai dokter, kalian menemukan suatu formula, yg membuat manusia akan hidup tanpa sakit, sampi rentang waktu tertentu, kemudian mati normal. Tidak melalui proses sakit panjang dan mahal dan berlarut2. Kira2 Kalian akan beberkan obat itu atau menyembunyikan nya?


TCA:
1. jgn fokus pada rentang waktu/ umur yg tertentu nya. Itu bisa di perdebatkan.
2. Jgn melebar pada mungkin tidaknya obat tsb.
Idea nya adalah, mau ga kalian mem beberkan formula tsb.
image-url-apps
di solo aja murah.
image-url-apps
Quote:


Quote:


gw setuju banget kuliah kedokteran atau mungkin yang lain juga dibuat mahal ..
semakin tinggi kualitas fakultas/jurusan/universitas, semakin tinggi juga biayanya ..

tapi disaat yang bersamaan; upayakan beasiswa ..misalnya 20% dari total mahasiswa ..

upah dokter murah? mungkin karena sitem kesehatan kita yang buruk
gak ada yang memperhatikan
harusnya dokter dibayar mahal .. supaya semua orang menjaga kesehatan

gw malah setuju pajak rokok dinaikkan, bisa support biaya kesehatan nasional

dan pemda harus diikutsertakan dalam sistem kesehatan nasional .. access to insurance, awareness, dll .. harus terus digalakkan.

industri kesehatan indonesia harus dikembangkan ..
harusnya tempat2 wisata kayak bali atau tempat2 lain, juga bisa dibuat jadi tempat wisata pendidikan dan kesehatan ..

bangun atau bina fakultas kedokteran yang bagus di lokasi2 destinasi wisata, dan bangun pusat2 kesehatan yang bagus juga .. supaya orang gak berobat ke Malaysia dan Singapore, tapi bisa ke Bali, Bandung, Maluku, dll ..

tapi memang standarnya harus international .. sehingga pengajaran di fakultas kedokteraan juga harus dalam bahasa inggris, sehingga nantinya memudahkan untuk menaikkan level pusat2 kesehatan ini menjadi level yang lebih tinggi.

harusnya orang2 malaysia, singapore yang kuliah dan berobat di indonesia, bukan sebaliknya ..

sayang
image-url-apps
Quote:

Setelah lulus juga belum bisa jadi dokter, perjalanan masih panjaaang