alexa-tracking

Jadi Pusat Teknologi Antariksa Rusia, Ini 5 Pesona Kota Samara

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b4072155a516354648b4577/jadi-pusat-teknologi-antariksa-rusia-ini-5-pesona-kota-samara
Jadi Pusat Teknologi Antariksa Rusia, Ini 5 Pesona Kota Samara
Jadi Pusat Teknologi Antariksa Rusia, Ini 5 Pesona Kota Samara

Sepak terjang Rusia di bidang antariksa dibuktikan oleh Yuri Gagarin, manusia pertama yang menempuh perjalanan luar angkasa selama 108 menit pada tahun 1961. Kini kapsul perjalanan Yuri disimpan di Samara, salah satu kota penyelenggara Piala Dunia 2018 Rusia.

Samara akan menjadi saksi apakah Inggris mampu mengulang prestasinya di Piala Dunia seperti tahun 1966. Di Samara Arena, timnas Swedia yang tampil apik sejauh ini siap menghadapi The Three Lions memperebutkan satu tempat di semifinal.

Selain dikenal sebagai pusat pengembangan teknologi antariksa Rusia, ini 5 pesona kota Samara yang wajib kamu tahu.


1. Kota terbesar ke-6 di Rusia
Jadi Pusat Teknologi Antariksa Rusia, Ini 5 Pesona Kota Samara
Samara adalah kota terbesar ke-6 di Rusia yang punya banyak peran penting, mulai dari pusat industri hingga pengembangan studi antariksa. Samara menjadi pusat pemerintahan Oblast Samara, setara dengan provinsi di Indonesia.

Berlokasi di tepi Sungai Volga, Samara termasuk kota tertua di Rusia yang didirikan pada tahun 1586. Jumlah penduduknya cukup padat sekitar 1,2 juta jiwa. 


2. Sempat menjadi ibu kota pengganti untuk Uni Soviet pada masa Perang Dunia II
Jadi Pusat Teknologi Antariksa Rusia, Ini 5 Pesona Kota Samara
Pada tahun 1941-1943, Samara berganti nama menjadi Kuybyshev dan difungsikan sebagai ibu kota Uni Soviet untuk sementara. Kala itu terjadi Perang Patriotik Raya, sehingga banyak lembaga dipindahkan dari Moskow ke Kuybyshev.

Nama Kuybyshev sendiri diambil dari seorang politikus hebat Uni Soviet, Valerian Kuybyshev. Kini namanya diabadikan sebagai nama jalan, di Jalan Kuybysheva inilah spot kulineran enak berjajar rapi.


3. Memajang roket asli P-7 di dekat Cosmos Museum
Jadi Pusat Teknologi Antariksa Rusia, Ini 5 Pesona Kota Samara
Peran Rusia dalam perkembangan eksplorasi luar angkasa gak perlu diragukan lagi. Selain mengirim Yuri Gagarin sebagai kosmonot pertama, Rusia juga aktif memproduksi roket serta peluncur sejak tahun 1960-an. Kota Samara inilah yang berperan sebagai pusat industri dan pengembangan teknologi antariksa.

Salah satu roket P-7 asli dipajang di Kozlov Square, Lenin Avenue pada tahun 2001. Kini roket tersebut berdampingan dengan Cosmos Museum yang baru dibuka pada tahun 2007. Museum ini memberikan informasi tentang eksplorasi luar angkasa dan satelit aktif milik Rusia yang kini tengah mengudara.

Uniknya lagi, kapsul asli yang digunakan Yuri Gagarin pada misinya tahun 1961 juga dipajang di sini lho! Pengunjung juga bisa merasakan makanan khusus astronot yang dibawa sebagai bekal saat menjalankan misi. Destinasi wisata yang asyik kan?


4. Menjadi pusat industri transportasi Rusia
Jadi Pusat Teknologi Antariksa Rusia, Ini 5 Pesona Kota Samara
Selain pusat studi antariksa, Samara juga menjadi kota industri paling sibuk di Rusia. Produk pentingnya adalah kendaraan bermotor, perlengkapan kereta api, mesin, metal, sektor kimia dan makanan.

Di kota ini juga terdapat industri TsSKB-Progress, produsen roket peluncur Soyuz dan kendaraan peluncur Molniya. Karena peran besarnya di dunia industri, Samara dijadikan kota tertutup saat Jerman menginvasi pada tahun 1941.


5. Tempat terbaik untuk menikmati pemandangan Sungai Volga
Jadi Pusat Teknologi Antariksa Rusia, Ini 5 Pesona Kota Samara
Di Samara terdapat tanggul terpanjang di tepian Sungai Volga, membentang sejauh 3 mil. Kawasan ini disebut-sebut sebagai tempat terbaik untuk menikmati indahnya pemandangan Sungai Volga.

Di sekitar tanggul ada jalur sepeda, kafe, area rekreasi, hingga arena voli. Gak heran tempat ini jadi favorit banyak orang, baik warga lokal maupun wisatawan.

Itulah sekilas pesona Samara, tentu masih banyak lagi tempat menarik di kota ini yang bisa dijadikan destinasi wisata. Kamu tertarik berkunjung gak?


Sumber : https://www.idntimes.comtravel/desti...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Jadi Pusat Teknologi Antariksa Rusia, Ini 5 Pesona Kota Samara Kalahkan Uruguay Deschamps Merasa Masih Ada Ruang untuk Perbaikan

- Jadi Pusat Teknologi Antariksa Rusia, Ini 5 Pesona Kota Samara 3 Bintang Piala Dunia yang Bisa Membuat Barcelona Jadi Tak Terkalahkan

- Jadi Pusat Teknologi Antariksa Rusia, Ini 5 Pesona Kota Samara Satu SD Dilarang Main Bola Karena Muridnya Tirukan Gaya Diving Neymar

image-url-apps
samara
nama anak
×