alexa-tracking

Pentingnya Riset, 2019 Indonesia Targetkan Kalahkan Malaysia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b4058ce62088147548b4583/pentingnya-riset-2019-indonesia-targetkan-kalahkan-malaysia
Pentingnya Riset, 2019 Indonesia Targetkan Kalahkan Malaysia
Pentingnya Riset, 2019 Indonesia Targetkan Kalahkan Malaysia

Jakarta, IDN Times - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menyadari pentinya riset bagi masa depan bangsa. Tidak heran, jika pemerintah dalam hal ini Kemristekdikti terus mendorong para peneliti dan perguruan tinggi untuk bisa meningkatkan riset mereka.

Untuk meningkatkan motivasi dan semangat para pelaku penelitian, Kemristekdikti pun memberikan penghargaan kepada mereka. Dengan tujuan, upaya ini bisa meningkatkan jumlah publikasi baik pada institusi maupun penulisnya itu sendiri.

“Melalui Sinta Award ini, memberikan apresiasi kepada peneliti. Bisa jadi institusinya, pengelola jurnal, atau kelembagaannya,” ujar Menristekdikti, Mohamad Nasir di Gedung D, Kantor Kemristekdikti, Jakarta.


1. Target 2019, Indonesia targetkan kalahkan Malaysia dalam pembuatan jurnal
Pentingnya Riset, 2019 Indonesia Targetkan Kalahkan Malaysia
Nasir mengatakan saat ini jumlah jurnal internasional yang dimiliki Indonesia sudah mencapai 12.260-an jurnal. Sedangkan Singapura sendiri baru mencapai jumlah jurnal sebesar 10ribuan.

“Kalau Malaysia sekarang sudah 12.400-an, itu kan tinggal sedikit lagi. Karena itu, ingin kami dorong supaya bisa mencapai target melebihi Malaysia,” jelasnya. 


2. Penyisiran anggaran untuk bisa memaksimalkan kualitas riset dan pendidikan
Pentingnya Riset, 2019 Indonesia Targetkan Kalahkan Malaysia
Selain itu, Nasir juga mengatakan bahwa perlunya penganggaran yang lebih baik. Hal itu dimaksudkan agar kualitas pada riset bisa ditingkatkan dan juga semakin besar mahasiswa yang kurang mampu bisa menempuh pendidikan.

“penyisiran anggaran juga diperlukan. Saya minta anggaran untuk digeser dan ditingkatkan pada riset. Sehingga bisa meningkatkan banyak anak-anak dari keluarga kurang mampu untuk bisa mengenyam pendidikan.” Ujar Nasir. 


3. Hasilkan inovasi yang bisa bermanfaat bagi masyarakat
Pentingnya Riset, 2019 Indonesia Targetkan Kalahkan Malaysia
Nasir mengatakan perguruan tinggi saat ini atmosfernya sudah menjadi lebih baik. Hal ingin didorong saat ini adalah pada kuantitas terlebih dahulu, kemudian mendorong pada segi kualitas. Riset pun bsa menjadi lebih baik agar bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Riset bisa lebih baik sehingga bisa diaplikasikan ke masyarakat. Itu pentingnya riset bagi Indonesia. Kolaborasi juga dilakukan oleh penemu, peneliti dan industri untuk mengirimkan hasil-hasil inovasi mereka. Supaya bisa menjadi nilai tambah ekonomi,” jelasnya. 

Baca juga: Deretan Fakta Seputar SBMPTN 2018 yang Perlu Kamu Tahu


Sumber : https://www.idntimes.comnews/indones...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Pentingnya Riset, 2019 Indonesia Targetkan Kalahkan Malaysia 700 Mahasiswa dari 7 PT Ternama Yogyakarta Ikuti Tes Beasiswa Djarum

- Pentingnya Riset, 2019 Indonesia Targetkan Kalahkan Malaysia 7 Hal yang Bisa Mahasiswa Lakukan Saat Libur Panjang Lebaran

- Pentingnya Riset, 2019 Indonesia Targetkan Kalahkan Malaysia Menristekdikti Radikalisme Tumbuh Sejak Masa Sekolah

image-url-apps
haruas menang
×