alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Realisasi investasi migas meleset dari target
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b40550554c07af9408b4584/realisasi-investasi-migas-meleset-dari-target

Realisasi investasi migas meleset dari target

Realisasi investasi migas meleset dari target
Ilustrasi foto kilang minyak.
Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat realisasi investasi di sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) per semester I 2018 hanya mencapai 3,9 miliar dolar AS atau setara Rp54 triliun.

Realisasi tersebut baru memenuhi 27 persen target pemerintah tahun ini yang dipatok 14,2 miliar dolar seperti tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

"Untuk proyeksi 2018 diperkirakan (investasi sektor hulu migas) akan mencapai 78 persen atau 11,1 miliar dolar," ujar Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi dalam keterangan persnya yang dikutip Sabtu (7/7/2018).

Jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, realisasi investasi hulu migas pada paruh pertama tahun ini juga merosot. Per Januari-Juni 2017, realisasi investasi hulu migas mencapai 3,98 miliar dolar dengan rincian 3,96 miliar dolar untuk blok eksploitasi dan sisanya eksplorasi.

Menurut Amien, realisasi investasi hulu migas masih belum optimal pada semester I 2018 akibat beberapa kegiatan proyek yang tertunda. Alhasil, realisasi investasinya bergeser--baik ke paruh kedua tahun ini maupun tahun depan.

Ia mencontohkan, rancangan pengembangan (Plan of Development/POD) Lapangan Merakes oleh operator ENI Indonesia Ltd yang telah disetujui, tetapi investasi belum terealisasi karena belum ada pelaksanaan proyek. Kemudian, realisasi proyek pengadaan unit produksi terapung (FPU) Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) juga mundur.

"Kalau penyiapan (proyek) tertunda tentu realisasi investasi tertunda," terangnya.

Akibat mundurnya sejumlah proyek, investasi hulu migas tahun ini diperkirakan tidak akan penuh mencapai target, hanya 78 persen atau 11,1 miliar dolar.

Kendati demikian, Amien optimistis akan terjadi percepatan laju investasi sektor hulu migas pada tahun depan. Pasalnya, untuk kegiatan eksplorasi saja, pemerintah telah mengantongi komitmen kerja pasti sebesar 642,52 juta dolar untuk jangka waktu lima tahun setelah kontrak baru efektif.

Komitmen tersebut diperoleh dari persetujuan sembilan kontrak baru pada wilayah kerja hulu migas yang akan berakhir pada 2019 hingga 2026.

"Mulai tahun depan akan ada kegiatan eksplorasi yang agresif. Dengan eksplorasi yang agresif diharapkan akan ada penemuan besar yang bisa menjadi cadangan terbukti dan bisa diproduksikan," ujarnya.

Temuan cadangan terbukti sangat penting untuk mendongkrak investasi hulu migas. Pasalnya, komponen investasi terbesar sektor hulu migas adalah untuk membangun fasilitas produksi dan biaya untuk produksi.

Sementara, untuk realisasi lifting migas hanya tercatat sebesar 1,923 juta setara barel minyak per hari (barrel oil equivalent per day/boepd). Angka ini setara 96 persen dari target APBN 2018 yang sebesar 2 juta boepd.

"Posisi sekarang capaiannya 96 persen, perkiraan outlook akhir tahun bisa sampai 95 persen," kata dia.

Sebanyak 12 perusahaan tercatat berkontribusi sekitar 88 persen dari total produksi minyak di Indonesia. Dari 12 perusahaan tersebut, PT Chevron Pacific Indonesia menjadi kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) penghasil minyak bumi terbesar dengan hasil produksi mencapai 207.000 barel per hari.

Sebelumnya, Menteri ESDM Ignasius Jonan telah memangkas aturan yang menghambat investasi pada sektor ESDM. Sebanyak 186 aturan direvisi meliputi 90 regulasi dan 96 sertifikasi, rekomendasi, dan perizinan.

Khusus sektor migas; ada 18 peraturan, 23 sertifikasi, rekomendasi, dan perizinan yang dicabut. Di sektor ketenagalistrikan, ada 20 peraturan yang dicabut.

Kemudian sektor minerba; ada 32 peraturan, 64 sertifikasi, rekomendasi, dan perizinan yang dicabut. Pada sektor energi baru dan terbarukan, ada lima peraturan yang dicabut dan sembilan sertifikasi, rekomendasi, dan perizinan yang dicabut.

Selanjutnya, di SKK Migas ada 12 peraturan yang dicabut dan tiga peraturan di BPH yang dicabut. Penyederhanaan regulasi ini, kata Jonan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memudahkan investasi--khususnya pada sektor ESDM.
Realisasi investasi migas meleset dari target


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...et-dari-target

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Realisasi investasi migas meleset dari target Ojol diminta matikan aplikasi untuk urai kemacetan

- Realisasi investasi migas meleset dari target Stunting dan sampah di Indonesia jadi sorotan Bank Dunia

- Realisasi investasi migas meleset dari target Model transgender mewakili Spanyol di Miss Universe

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di