alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Stunting dan sampah di Indonesia jadi sorotan Bank Dunia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b403075e05227b15f8b45a1/stunting-dan-sampah-di-indonesia-jadi-sorotan-bank-dunia

Stunting dan sampah di Indonesia jadi sorotan Bank Dunia

Stunting dan sampah di Indonesia jadi sorotan Bank Dunia
Menteri Luhut Binsar Panjaitan dan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim (tiga kanan) mengunjungi Hutan Bakau Suwung Kauh, Denpasar, Bali, Jumat (6/7/2018).
Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim mengisi hari kedua di Bali dengan mengunjungi hutan bakau Suwung Kauh, Denpasar, Jumat (6/7/2018). Kim didampingi Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono; Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo; dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Saat berbicara di hadapan awak media, Kim sempat membahas permasalahan kurang gizi sehingga anak menjadi kerdil atau stunting. "Bagaimana kami membuat semua masyarakat terlibat dalam program stunting," katanya.

Kebetulan Bank Dunia memberi pinjaman hingga Rp2,1 triliun kepada Indonesia untuk mengatasi masalah kesehatan, termasuk stunting. Kim mengatakan stunting yang tidak diatasi bisa mempengaruhi perekonomian Indonesia.

"Di sini pentingnya gambaran tentang penanganan terpadu," Kim menambahkan.

Luhut menjelaskan bahwa stunting di Indonesia masih menjadi masalah besar di Nusa Tenggara Timur (NTT). Data Pantauan Status Gizi (PSG) 2017 Kementerian Kesehatan menunjukkan prevalensi stunting bayi berusia di bawah lima tahun (balita) di NTT mencapai 40,3 persen.

Itu adalah persentase tertinggi dibandingkan provinsi lainnya. Sementara prevalensi (jumlah orang dalam populasi) stunting di Indonesia berdasarkan PSG 2016 mencapai 27,5 persen.

Adapun prevalensi stunting di NTT terdiri bayi dengan kategori sangat pendek adalah 18 persen dan pendek 22,3 persen. Sedangkan Bali menjadi provinsi dengan prevalensi balita stunting paling rendah, "hanya" 19,1 persen yang terdiri balita kategori sangat pendek 4,9 persen dan pendek 14,2 persen.

Luhut mengatakan pendidikan yang masih belum baik di wilayah Indonesia timur juga menjadi persoalan. Itu sebabnya pelatihan kejuruan (vocational training), termasuk politeknik, perlu menjadi prioritas karena berhubungan dengan tenaga kerja.

"Tahun depan itu menjadi program utama dari Presiden Joko Widodo," katanya.

Selanjutnya Kim dan Luhut juga bicara soal pendidikan dan lingkungan, terutama sampah. Apalagi selama ia berada di hutan bakau Suwung Kauh, ia menemukan banyak sampah. Bahkan sampah yang dominan mencemari hutan bakau adalah jenis plastik.

"Musuh terbesar kita sekarang adalah stunting, (masalah sampah) kebersihan, dan pendidikan," ujar Luhut. Itu sebabnya, menurut dia, sampah menjadi masalah prioritas.

"Teknis mulai dirancang. Misalnya di Balikpapan penggunaan plastik sudah tidak dibolehkan," kata Luhut.

Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, memang resmi melarang penggunaan kantong plastik di seluruh pasar modern. Larangan dalam bentuk peraturan wali kota itu bakal disosialisasikan selama 3 bulan semenjak diterbitkan pada 3 April dan diberlakukan mulai 3 Juli 2018.

Menurut Luhut, penanganan sampah juga berkaitan dengan ekonomi dan lapangan kerja pada masa mendatang. Caranya menurut dia mengganti plastik dengan bioplastik.

Luhut menjelaskan bahan bioplastik itu terbuat dari rumput laut atau singkong. Salah satu produsennya adalah perusahaan start-up berbasis sains, Avani Eco, yang memproduksi kantong bioplastik dari singkong.

"Oleh karena itu akan berkaitan pada ekonomi juga, tidak hanya pembersihan (sampah) saja," ujarnya.

Luhut menganggap permasalahan sampah di Indonesia selama ini tidak pernah mendapatkan perhatian yang serius. Dan karena Bank Dunia menaruh perhatian pada permasalahan lingkungan, ini akan menjadi program yang bagus.

"Jadi jangan orang pikir hanya ekonomi, neolib (neoliberalisme), enggak jelas itu," katanya.
Stunting dan sampah di Indonesia jadi sorotan Bank Dunia


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...tan-bank-dunia

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Stunting dan sampah di Indonesia jadi sorotan Bank Dunia Model transgender mewakili Spanyol di Miss Universe

- Stunting dan sampah di Indonesia jadi sorotan Bank Dunia Korupsi Irwandi, bom Pasuruan, dan tragedi kapal tenggelam

- Stunting dan sampah di Indonesia jadi sorotan Bank Dunia Terduga pelaku bom Pasuruan adalah eks napi teroris

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
2,1 trilyun aja pinjem ke Bank Dunia ? emoticon-Belo


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di