alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cerita di Balik Kata "Don't Be Evil", Slogan Kontroversi Milik Google
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b402dc498e31be4748b4572/cerita-di-balik-kata-quotdont-be-evilquot-slogan-kontroversi-milik-google

Cerita di Balik Kata "Don't Be Evil", Slogan Kontroversi Milik Google

Hello, what news everybody? Selamat datang, dan selamat membacaemoticon-Blue Guy Peace

Cerita di Balik Kata "Don't Be Evil", Slogan Kontroversi Milik Google

Google saat ini merajai pasar smartphone, bahkan juga di mesin pencarian. Berbagai segmen dimasuki Google, namun perusahaan ini sebenarnya memiliki filosofi slogan yang dijunjung tinggi. Apa itu? Ya betul, "Dont be evil" atau jangan menjadi jahat. Slogan ini pertama kali dicetuskan oleh seorang karyawan Google yang bernama Paul Buchheit, filosofi dari slogan ini sangat mengena sekali dengan produk Google. Dapat gansis lihat banyak sekali produk Google yang gratis, mulai dari tempat penyimpanan data gratis hingga OS Android yang bersifat open source. Ya, itulah taktik bisnis Google, sehingga konsumen menyenangi yang serba gratis dan akhirnya konsumen nyaman dalam lingkungan produk Google.

Sebagai sebuah slogan "Don’t be evil" Google punya dua sisi mata pisau. Sisi positif yang menghadap ke pengguna mereka dengan segala layanan Google yang memudahkan dan memanjakan, di sisi lainnya ada yang menghadap ke para kompetitor. Di sini lah sisi kelam dari slogan "Don’t be evil". Efek slogan "Don’t be evil" telah menghadirkan keuntungan-keuntungan bagi pengguna Google sendiri. Orang-orang di seluruh dunia, dapat memanfaatkan pelbagai layanan teknologi canggih milik Google dengan gratis. Dikutip dari Internet Live Stat, mesin pencari milik Google melakukan 3,5 miliar pencarian per hari dari para netizen di seluruh dunia. Situs web w3school.com mengungkapkan bahwa browser atau perambah Chrome milik Google, memiliki pangsa pasar sebesar 74,1 persen pada Februari 2017. Sementara itu, sebagaimana diwartakan Techcrunch di bulan Februari lalu, Gmail memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif.

Cerita di Balik Kata "Don't Be Evil", Slogan Kontroversi Milik Google

Selain itu, ada juga sistem operasi bagi ponsel pintar bernama Android. Android kini jadi sistem operasi sejuta umat. Alih-alih memberikan beban biaya yang tinggi, Google memberi label Android miliknya tersebut "open source." Artinya, siapa pun bisa memanfaatkan Android tanpa ada halangan dari Google. Dari kebijakan tersebut, Android memiliki beragam versi modifikasi. Namun, "Don’t be evil" seolah luntur saat Google menghadapi persaingan dengan perusahaan-perusahaan teknologi lain. Lebih jauh lagi Google sudah seperti merepresentasikan "evil" yang jahat. Sisi lain dari slogan Google ini pernah mendapat catatan dari sang legenda teknologi Steve Jobs. Saat sang pendiri Apple ini masih hidup, pernah berkomentar cukup keras dengan langkah Google. Kritikan Steve Jobs pada 2010 lalu itu menceritakan bagaimana Google bermain di bisnis mesin pencari, sedangkan Apple tidak masuk ke bisnis tersebut. Namun, Google secara terang-terangan telah masuk ke bisnis ponsel pintar. Ini rupanya diartikan oleh Steve Jobs sebagai langkah Google hendak membunuh iPhone dengan kehadiran ponsel pintar Nexus.

Cerita di Balik Kata "Don't Be Evil", Slogan Kontroversi Milik Google

Majalah ternama wired.com juga sempat menulis dengan judul cukup keras, yakni : Googles 'Don't Be Evil' Mantra Is Bullshit, Adobe Is Lazy : Apple's Steve Jobs. Apple memang kesal pada Google. Apple merasa Google mencontek ide iOS untuk mereka terapkan pada sistem operasi ponsel pintar Android. Kekesalan tersebut cukup beralasan, apalagi Eric Schmidt pernah juga berada dalam keluarga besar Apple. Google juga berkonflik terbuka dengan Microsoft. Salah satu kejadian yang cukup hangat dalam perseteruan antara Google dan Microsoft adalah peristiwa Google yang membajak salah satu pegawai terbaik Microsoft. Google merekrut Dr. Kai-Fu Lee dari Microsoft. Permasalahan pembajakan karyawan tersebut bahkan harus masuk meja hijau. Microsoft tidak rela karyawannya dicaplok oleh Google.
Cerita di Balik Kata "Don't Be Evil", Slogan Kontroversi Milik Google
Langkah merekrut Lee adalah salah satu strategi Google dalam menghadapi persaingan. Selain membajak sumber daya manusia perusahaan lain, dalam berbagai bentuk, Google juga sering "mencontek" teknologi-teknologi lain. Namun, seiring berjalannya waktu, slogan Google yang sudah terlanjur melekat tersebut akhirnya dipensiunkan. Alphabet, perusahaan induk Google, telah menghapus slogan itu pada Oktober 2015 lalu menggantinya dengan, "Do the right thing." Memang sudah sepantasnya Google bertindak lebih dari sekadar tak berbuat "jahat" tapi juga bisa melakukan sesuatu yang benar.

Oke sekian dulu untuk thread kali ini, jangan lupa share biar teman-teman yang lain tau dan rate kalau bermanfaat. Sampai jumpa di thread lainnya ya!emoticon-Blue Guy Peace

Sumur : Otak Pintar TS
Refrensi Lain : 1 - 2
Medsos : Instagram / Facebook / YouTube
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 3
emoticon-Hansip
seperti itu yak
Quote:

Yoi bree, makasi komennyaemoticon-Coblos
Diubah oleh junleon
wah kontrovesi banget ya breeeee

bgtu ternyata emoticon-Jempol
Baru tahu google punya slogan kayak gitu. Kirain maksudnya jangan jadi penyebar hoax, jangan memposting yang menyebabkan perpecahan, jangan jadi cyber-bully intinya bijaklah dalam menggunakan Google (internet).
Quote:

Betul bre, ane juga baru tau, dan langsung share di kaskusemoticon-I Love Indonesia
Quote:

Nahh tap mantap gan, kelihatan dari diluar emang Google enak bgt hidupnya, tapi ternyata didalamnya penuh masalah juga layaknya netizen yang budimanemoticon-2 Jempol
Cocok tuh dipasang di meja bos ane "Dont be Evil"emoticon-Ngakak
Dont be ghost emoticon-Betty
Quote:

Wah wah si agan gawat nih, hati2 kebaca bos lohemoticon-Wkwkwk
Quote:

Ghost rider bree?emoticon-Leh Uga
Cerita di Balik Kata "Don't Be Evil", Slogan Kontroversi Milik Google
Quote:

Yang begini nih bikin nambah dosa, btw itu yg bunder2 gede apaan breemoticon-Ngakak
Menurut ane seharusnya Be Ethical Saja Sih, kalau yang benar belum tentu etis emoticon-Big Grin. Apalagi ikuti standard modern barat begghh
Quote:


Mantaph bosqu emoticon-Ngakak (S)
apple dah telat kalo mu masuk di bisnis mesin pencari, si mbah google udah tenar duluan,
Ga "gratis" juga, tp dibarter sama privasi kita.
Hypocrite emoticon-Request
Quote:


come to hell emoticon-Takut
Sudah diganti kok.
baru tau ane bre
Quote:

Betul gan, apple bagus di OS klo google mesin pencarian nyaemoticon-Salam Kenal
Quote:

Namanya internet bre, makanya jgn ngirim yg aneh2 di dunia mayaemoticon-Toast
Quote:

Munaroh aja ganemoticon-Coblos
Quote:

Hell boy?emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di