alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
MK Segera Putuskan Gugatan Presidential Threshold
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b400b5ec1d7700a348b4567/mk-segera-putuskan-gugatan-presidential-threshold

MK Segera Putuskan Gugatan Presidential Threshold

PolitikToday – Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi diminta segera memutuskan perkara gugatan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh Koalisi Masyarakat Pendukung PT “0” persen sebelum akhir bulan Juli ini. Disampaikan Pakar Hukum Tata Negara Dr. Refly Harun, Mahkamah Konstitusi (MK) harus segera memberikan putusan karena proses pendaftaran Calon Presiden untuk Pilpres 2019 yang akan datang sudah kian dekat.

“Konstitusi calon tidak dirugikan kalau permohonan itu dikabulkan. Karena itu menurut saya yang paling bagus adalah mungkin akhir Juli sudah dapat diputuskan, jelas Refly Harun, Rabu (4/7).

Ia menilai, kesembilan hakim konstitusi juga sudah paham terkait hal itu dan harus segera memutuskan. Refly juga mengaku bahwa ia memiliki pengalaman ketika mengajukan uji meteri mengenai hak memilih warga negara.

Menurut Mantan Staf Khusus Mensesneg itu, dia mengajukan gugutan hak memilih warga negara hanya beberapa hari sampai kemudian diputuskan.

“Tapi yang lebih spektakuler adalah sidangnya cuma sekali saja. Jadi sidangnya itu jam 10 pagi dan diputuskan jam lima sore,” tambahnya.

Ia menceritakan pada 6 Juli 2009 silam atau dua hari menjelang Pilpres 8 Juli 2009, Hakim MK memutuskan bahwa pemilih di Pilpres diperbolehkan memilih hanya dengan menunjukkan KPT yang berlaku ditambah Kartu Keluarga yang berlaku.
Saat itu, ujarnya, bersama dengan Prabandono, keduanya meminta MK membatalkan ketentuan DPT yang tercantum dalam UU No 42/2008 tentang Pemilu Presiden.

Ia mengajukan itu, karena pada Pemilu Legislatif pada April 2009 keduanya tidak tercantum dalam DPT. Refly mengatakan bahwa masalah tersebut lebih besar dibanding saat ini. Karena menyangkut jutaan pemilih yang tercantum.

“Prinsip demokrasi di Indonesia adalah pintu itu dibuka selebar-lebarnya, ketika orang masuk ke dalam pintu tersebut, aturan penyelenggaraan pemilunya yang diperketat,” tutup Refly.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 12 orang yang terdiri dari pegiat pemilu, mantan ketua KPK, dan akademisi mengajukan permohonan uji materi ke MK tentang ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden di Pasal 222 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Ke-12 orang tersebut adalah Rocky Gerung, Busyro Muqoddas, Hadar Navis Gumay, Bambang Widjojanto, Dahnil Azhar Simanjuntak, dan Titi Anggraini dengan kuasa hukum Denny Indrayana.

Mereka meminta Mahkamah Konstitusi untuk membatalkan pasal 222 dan menghapus ketentuan yang mengatur tentang ambang batas perolehan suara bagi partai politik untuk mencalonkan pasangan Capres dan Cawapres pada Pilpres tahun 2019 mendatang.
(gg)
http://politiktoday.com/refly-minta-...ial-threshold/

pasal 6A ayat 2:
"Calon presiden dan calon wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu ..."
tegas dan jelas. Embel-embel PT 20% itu konspirasi kejahatan petahana yang takut kalah.


Quote:

Diubah oleh gagakngondek
Urutan Terlama
hapuskan saja atau turunkan ke sepuluh
ditunggu saja keputusan MK di bulan ini.
kapan putusnya nih pak hakim
lah pt 20% bukannya diusulin dari jaman beye yah, kok baru skrg diprotes?? emoticon-Bingung
mau PT batal/ enggak wowo apenliebe tetap capres abadi.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di