alexa-tracking

Tahun Depan Pemerintah Masih Ambil Utang Demi Tutup Defisit APBN

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3f7a2314088d9a4d8b4568/tahun-depan-pemerintah-masih-ambil-utang-demi-tutup-defisit-apbn
Thumbs up 
Tahun Depan Pemerintah Masih Ambil Utang Demi Tutup Defisit APBN
Tahun Depan Pemerintah Masih Ambil Utang Demi Tutup Defisit APBN


Pemerintah melaporkan bahwa desain Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di 2019 masih defisit. Di mana, pendapatan lebih kecil dari anggaran pengeluaran atau belanja.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Suahasil Nazara saat rapat panja pemerintah dengan Banggar DPR.

Dengan desain APBN yang masih defisit, itu artinya pemerintah masih bergantung dengan utang sebagai konsekuensi menutup rentang antara pendapatan dengan pengeluaran.

"Pada 2019, APBN masih akan kami desain sebagai APBN yang sifatnya ekspansif, artinya pengeluaran akan masih lebih tinggi dari penerimaan. Oleh karena itu ada defisit," kata Suahasil di ruang rapat Banggar DPR, Jakarta, Selasa (3/8/2018).

Meski masih defisit, Suahasil mengatakan angka defisit pada 2019 dipastikan lebih kecil dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dia bilang, defisit anggaran pada tahun depan 1,6-1,9% terhadap PDB.

"Defisitnya akan kami turunkan, defisit 2015 2,59% dari PDB, 2016 2,49%, 2017 masih 2,51%, 2018 ini sepertinya defisitnya 2,19%, dan tahun depan kami akan teruskan sehingga defisit di RAPBN 2019 1,6-1,9% dari PDB," tambah dia.

Suahasil menegaskan, dengan angka defisit anggaran sebesar 1,6-1,9% terhadap PDB. Maka pemerintah tetap menjaga rasio utang di bawah 30% dari PDB.


"Kita akan di sekitar 29% dari PDB, ini agar primary balance kita positif, kalau positif, kita punya uang lebih setelah membayar pembiayaan operasional. ini terkait defisit," jelas dia.

Terkait dengan strategi pembiayaan di tahun depan, Suahasil mengungkapkan masih mendorong pembiayaan yang sifatnya kreatif, inovatif agar pembangunan infrastruktur bisa diteruskan dan memperluas akses kepada UMKM, serta pembiayaan perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Untuk pembiayaan ini kami tetap akan melihat, memanfaatkan pembiayaan untuk produktif, jaga keseimbangan makro, tetap kita penuhi seluruh kewajiban negara dalam organisasi lembaga internasional, namun kami akan perkuat peranan sovereign wealth fund yang saat ini ada LPDP," tutup dia.

https://finance.detik.com/berita-eko...p-defisit-apbn


Puji Tuhan emoticon-Angel sip deh lanjut terus emoticon-2 Jempol
Tahun Depan Pemerintah Masih Ambil Utang Demi Tutup Defisit APBN
image-url-apps
banzai datang lah nastak nasbung. manusia tidak berguna dan tidak ada kerjaan
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


Tahun Depan Pemerintah Masih Ambil Utang Demi Tutup Defisit APBN
image-url-apps
ya ampun ngutang lagi. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Tahun Depan Pemerintah Masih Ambil Utang Demi Tutup Defisit APBN


emoticon-2 Jempol
image-url-apps
Quote:



Tahun Depan Pemerintah Masih Ambil Utang Demi Tutup Defisit APBN
Tahun Depan Pemerintah Masih Ambil Utang Demi Tutup Defisit APBN
image-url-apps
BETUL BETUL ANTI HUTANG
Quote:



ampun ya emoticon-Big Grin
Quote:



Tahun Depan Pemerintah Masih Ambil Utang Demi Tutup Defisit APBN

Iloveindonesia
walah gali lobang tutup lobang kalo model begini trus, emoticon-Cape d...
Quote:


anjaaay, thu poto dispoiler napeh pun emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:



Tahun Depan Pemerintah Masih Ambil Utang Demi Tutup Defisit APBN emoticon-2 Jempol
image-url-apps
Quote:


Ga tau kenapa baca komeng lu refleks gw langsung ketawa emoticon-Big Grin
terjebak hutang. semoga cepat mampus rezim ini
image-url-apps
Nasbung teriak2 anti kebijakan hutang tapi bayar pajak juga ga pernah alias ngemplang. Subsidi ditarik malah demo lagi. Situ waras?
emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


Coba dulu kau jelaskan kenapa junjungan kau si jokoblog bisa2nya janji ga ngutang?
image-url-apps
Quote:

emoticon-Ngakak (S)

Gw nanya kek gini,biasanya respon nastakbabik cuma oot nyampah muter2 dongok kesurupan sendiri,diakhiri dg modal icon (pura2) ketawa.

Emang paling enak nginjek2 nastak bayaran emoticon-Ngakak
kalo bernyali pangkas tu tunjangan pns, kegiatan rapat ropet kagak jelas, post pengeluaran kementrian / lembaga negara harus transparan.

pejabat yang disuruh rapat, anak buah yang jalan, honorer kementrian aja bisa panen sebulan 7 jt cuma rapat ropet, laporannya kagak jelas pula lagi.

emoticon-Leh Uga

bumn dikelola yang bener, jangan cuma pejabatnya makin kaya.

koruptor hukum kayak di china.

kalo kagak berani nerapi, nambah terus negara kasbon ke negara lain, alasan pembangunan sama jajan 3 golongan

1. pejabat
2. pns
3. pemegang proyek

emoticon-Leh Uga

lagian menkeu sekarang kagak ngaruh emoticon-Leh Uga cuma bikin, pajak menggila

dulu $9800 sekarang dollar 14.300 bukan karena pengaruh menkeunya, berarti ada yang atur dibelakangnya.

emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


emoticon-Leh Uga



×