alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
LAPAN: Suhu Dingin di Indonesia tak Terkait Aphelion
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3f6fbaded77024678b4567/lapan-suhu-dingin-di-indonesia-tak-terkait-aphelion

LAPAN: Suhu Dingin di Indonesia tak Terkait Aphelion

[# LINK_TEXT #] bagus, Silakan lihat! https://m.republika.co.id/berita/trendtek/sains-trendtek/18/07/06/pbg3jc284-lapan-suhu-dingin-di-indonesia-tak-terkait-aphelion

Friday, 06 July 2018 | 19:47 WIB
Ilustrasi.
0
9
SHARE
Red: Yudha Manggala P Putra | Rep: Silvy Dian Setiawan
Aphelion merupakan fenomena dimana bumi berada pada titik terjauh matahari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengungkapkan, penurunan suhu yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia saat ini tidak ada kaitannya dengan aphelion. Aphelion merupakan fenomena dimana bumi berada pada titik terjauh matahari, yang biasa terjadi di Bulan Juli.

"Tidak ada hubungannya (penurunan suhu) dengan aphelion, karena perubahan jarak Matahari ke Bumi tidak terlalu signifikan mempengaruhi suhu permukaan Bumi," kata Thomas, Jumat (6/7).

Lebih lanjut ia menjelaskan, suhu udara dipengaruhi oleh distribusi panas di Bumi akibat perubahan tahunan posisi matahari, di mana saat ini posisi Matahari berada di belahan Bumi Utara. Sehingga, belahan Bumi Selatan mengalami musim dingin.

"Tekanan udara di bagian selatan juga lebih tinggi dari pada belahan utara. Akibatnya angin bertiup dari selatan ke utara," katanya.

Tiupan angin dari selatan ke utara tersebut, mendorong awan menjauh ke utara. Akibatnya, Indonesia memgalami musim kemarau. Namun, di beberapa wilayah di Indonesia mengalami penurunan suhu yang terjadi karena adanya aliran massa dingin dari Australia menuju Asia, yang juga melewati Indonesia.

"Di Indonesia pada musim kemarau saat ini, angin bertiup dari Australia yang sedang musim dingin. Itu sebabnya masyarakat (khususnya) di (Pulau) Jawa pada saat ini mengalami udara yang dingin," ujarnya.

Seperti diketahui, Kepala Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Harry Tirto Djatmiko mengatakan, penurunan suhu tersebut terjadi karena Indonesia mendapatkan pengaruh aliran massa dingin dari Australia yang biasa terjadi di Bulan Juli hingga Agustus.

Sehingga terjadi perubahan di beberapa wilayah di Indonesia yang berada di wilayah selatan khatulistiwa. "(Terjadi perubahan suhu) Mulai dari Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jabar, DKI, Jateng, Jatim, NTT, Bali," kata Harry saat dikonfirmasi Republika, Jumat (6/7).

Ia menjelaskan, perubahan suhu tersebut merupakan fenomena alam biasa yang terjadi tiap tahunnya, khususnya yang sering terjadi di bulan Juli hingga Agustus. Sebab, pada bulan tersebut merupakan bulan puncak kemarau.

"Itu tanda kalau kita mau berada di puncak kemarau, suhunya lebih dingin, siang lebih panas, anginnya lebih kencang," kata Harry.

"Indikatornya (angin) monsun Australianya sudah aktif. Ditandai adanya aliran massa udara dingin dari Australia yang menuju ke Asia."
+++++
Hal ini jawaban..dari hebohnya grup2 whats app malam ini soal...

*APHELION AKAN TERJADI MALAM*

Banyak sekali pertanyaan, koq dalam beberapa hari terakhir ini dingin bangett ya?
Nah ini jawabanny, karena kita di bumi sedang berada di titik APHELION.

Pada 6 Juli 2018 hari ini, Bumi akan berada di titik aphelion yaitu posisi bumi berada jauh dari matahari... Dan itu menyebabkan SUHU bumi menjadi LEBIH DINGIN dan mencapai titik minimumnya.

Dalam bidang astronomi, ada sebuah istilah bernama aphelion.

Aphelion berarti jarak terjauh yang dicapai Bumi dalam orbitnya mengelilingi Matahari.
Sedangkan kebalikannya adalah perihelion, yaitu jarak terdekat Bumi dengan Matahari.
Yap, orbit Bumi itu tidak bulat sempurna, tapi berbentuk elips.

Maka itu, akan ada waktunya Bumi berada di titik terjauhnya dan juga di titik terdekatnya dengan Matahari.

Aphelion tahun ini akan terjadi 6 Juli 2018 pukul 23.48 WIB.
Karena puncaknya terjadi saat malam hari, maka kita yang berada di Indonesia dan sekitarnya tidak bisa melihat peristiwa ini, hanya saja suhu udara menjadi lebih dingin.

#ragam #info #tips
+++++
Gimana koment agan2...LAPAN: Suhu Dingin di Indonesia tak Terkait Aphelion
Halaman 1 dari 2
asli deh dingin banget, sampe mesti pake selimut, biasanya gk pake selimut wkwk
biasa aja lah,
di Cilacap selalu kayak gini kalau di ostrali dingin
lumayan hemat listrik kalau dingin, kipas angin dan ac tinggal matiin
Hari ini ane merasa nyaman emoticon-Selamat
bingung dengan berita di Indonesia
dicini panas aja emoticon-Frown
emang dingin siy
gitu ya
Quote:

kasihan gembel ini emoticon-Kalah
semoga bs mendinginkan hati yg panas gara2 TGB di habitat kecebong emoticon-Traveller
LAPAN: Suhu Dingin di Indonesia tak Terkait Aphelion
bani datar mana ngarti emoticon-Cool
Dingin banget

Ac nya 18 °
syukurlah
terutama pas mau shubuh..dingin beud dah ah..jd pengen ngelonin bini terus emoticon-Ngakak
Tadi pagi ane Kira ane meriang kok berasa dingin. Ga taunya emang suhu làgi dingin emoticon-Big Grin tangsel rasa Bandung emoticon-Embarrassment
padahal tiap tahun terjadi pas mau musim kemarau
tapi masih aja ada yang bilang "kok dingin", orang dewasa lagi...
ane aja nyadar udah 20x malah tahun pertama ane main layangan
Quote:


Pekanbaru tantulah iyoo
Tak ada obatnya Pekanbaru
emoticon-Nohope
bukan aphelion tapi arepkelon
dingin2 pas kui.
Quote:


iya om emoticon-Frown
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di