alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Cadangan Devisa Kembali Merosot US$3 Miliar Demi Rupiah
3.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3f625f2e04c887268b4582/cadangan-devisa-kembali-merosot-us3-miliar-demi-rupiah

Cadangan Devisa Kembali Merosot US$3 Miliar Demi Rupiah

Cadangan Devisa Kembali Merosot US$3 Miliar Demi Rupiah

Jakarta, CNN Indonesia -- Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada akhir Juni kembali merosot sebesar US$3,1 miliar dibanding bulan sebelumnya menjadi US$119,8 miliar. Penurunan cadev seiring adanya pembayaran utang luar negeripemerintah dan stabilisasi nilai tukar rupiah. 

Sejak awal tahun, posisi cadev terus merosot. Pada Januari 2018, cadev masih di kisaran US$131,98 miliar. Lalu, merosot jadi US$128,06 di Februari, US$126 miliar di Maret, US$124,9 miiar di April, dan US$122,9 miliar di Mei 2018. 

Kendati begitu, Kepala Departemen Komunikasi BI Agusman mengatakan posisi cadev ini masih cukup baik untuk mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. 


Pasalnya, posisi cadev masih cukup untuk membiayai 7,2 bulan impor atau 6,9 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. 

"Selain itu, posisi ini berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," ujar Agus dalam keterangan resmi, Jumat (6/7).

Lemdayo demikian, Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah menilai penurunan cadev tak bisa dihindari lantaran nilai tukar rupiah diperkirakan masih akan terus terguncang hingga Agustus mendatang. Hal ini seiring, rencana bank sentral AS, The Federal Reserve yang kemungkinan akan mengerek bunga acuan pada September mendatang.

Selain akibat sentimen global dari The Fed, impor yang tinggi akibat kenaikan harga minyak turut membuat kebutuhan dolar AS kian besar dan melemahkan rupiah.

"Penjadwalan ulang impor ini menjadi penting agar tidak terlalu besar pada Juli dan Agustus, sehingga kebutuhan dolar AS bisa lebih diatur dan rupiah tidak melemah terlalu dalam," ujar Piter kepadaCNNIndonesia.com, Jumat (6/7). 

Lihat juga:

 Tutup Pekan, IHSG Terjungkal dari Level 5.700


Kendati demikian, pengaturan jadwal impor tak bisa terlalu masif dilakukan BI. Sebab, bank sentral nasional perlu berkoordinasi dengan pemerintah untuk tetap selektif memilah-milih impor yang masih bisa ditahan. 

"Kalau untuk impor yang sudah masa tanda tangan kontrak tentu tidak bisa. Mungkin yang bisa adalah impor yang untuk proyek pembangunan infrastruktur, karena berjangka panjang, belum segera dibutuhkan," katanya. 

Sayangnya, pengaturan jadwal impor mau tidak mau akan menekan pertumbuhan ekonomi ke depan. "Tapi mau tidak mau ini harus dahulukan stabilitas rupiah, baru pertumbuhan. Stabilitas rupiah itu kunci," imbuhnya. 

Lihat juga:

 JK Akui Pelemahan Rupiah Berdampak pada Asian Games 2018


Bila ini berhasil dilakukan, Piter memperkirakan tekanan pelemahan rupiah bisa diminimalisasi pada Juli-Agustus 2018. Namun, BI diperkirakan tetap perlu menggelontorkan cadev karena masih ada sentimen global dari rencana kenaikan bunga AS. 

"Dengan stabilisasi rupiah yang sudah diupayakan sejak bulan-bulan sebelum pengumuman The Fed, lalu BI menaikkan bunga lagi mengikuti The Fed, maka diperkirakan kenaikan bunga akan direspons positif oleh pasar, tidak seperti kenaikkan terakhir kemarin," terangnya.(agi)

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...ar-demi-rupiah


Cadangan Devisa Kembali Merosot US$3 Miliar Demi Rupiah
Urutan Terlama
bocor-bocor-bocor
Cadangan Devisa Kembali Merosot US$3 Miliar Demi Rupiah
Cadangan Devisa Kembali Merosot US$3 Miliar Demi Rupiah

salah lo bray, kata pemuja jokui, jokui ga mkn salah, makanya nyalahin diri sendiri
Lha memang gunanya cadangan devisa ya itu, bikin kurs stabil dan untuk bayar utang tahunan

Cadangan Devisa Kembali Merosot US$3 Miliar Demi Rupiah
Cadangan Devisa Kembali Merosot US$3 Miliar Demi Rupiah
Cadangan Devisa Kembali Merosot US$3 Miliar Demi Rupiah
ya ampun emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
cadangan devisa hasil utang menguap, hahaha
gw liat presiden sekrng ini jadi inget si bowo tiktok

diawal awal bagus2 eh tau nya zonk
mirip sama bowo yg ganteng di aplikasi kenyataannya gitu

emoticon-Malu
intervensi ga ada gunanya... pengalaman beberapa negara di 98
fuji tuhan. emoticon-Big Grin
Quote:


2 postingan paling atas lucu wkwkwk...
meroket, eh merosot emoticon-Leh Uga
Quote:


Program pencitraan berarti sukses bray
emoticon-Wakaka
sepi ya kl trit bahas mslh kenaikan dolar emoticon-Big Grin
Quote:


hebat kan SBY? tahun 2004 waktu dia mulai jadi presiden, cadangan devisa indonesia berapa? di akhir jabatan, cadangan devisa indonesia berapa?
cadangan devisa tinggal dikit, dipakai buat stabilkan rupiah, dan berita ini gak akan diliput stasiun tv mainstream, karena pengalihan pakai kasus bom pasuruan lagi supaya mata masyarakat teralih dari pelemahan nilai tukar kepada kasus terorisme emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
Dan nastak pada kemana?
Mereka lebih sibuk meramaikan trid emak-emak goblog
kebohongan rezim yg harus dibayar mahal


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di