alexa-tracking

Berharap Gunung Agung tak ganggu agenda tahunan IMF-Bank Dunia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3f55151a99756c628b4583/berharap-gunung-agung-tak-ganggu-agenda-tahunan-imf-bank-dunia
Berharap Gunung Agung tak ganggu agenda tahunan IMF-Bank Dunia
Berharap Gunung Agung tak ganggu agenda tahunan IMF-Bank Dunia
Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (tengah) saat sesi foto bersama di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, Kamis, (5/7/2018).
Setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Bogor dan Jakarta, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim mengunjungi Bali, Kamis (5/7/2018). Kim hadir untuk meninjau persiapan Annual Meeting IMF-World Bank yang akan digelar pada 9-14 Oktober mendatang.

Kim hadir di Bali bersama Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan mengunjungi Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK). Kim pun berharap pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia nanti tak akan terkendala oleh Gunung Agung yang belakangan cukup aktif.

"Semua tidak bisa memperkirakan yang akan terjadi," kata Kim kepada para wartawan.

Sementara Luhut enggan terlalu khawatir dengan situasi perkembangan Gunung Agung meski pemantauan aktivitasnya terus dilakukan. "Kami sudah punya semua skenario (rencana). Dan, kami confidence dengan skenario," ujarnya merujuk rencana cadangan apabila aktivitas Gunung Agung memengaruhi operasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar.

Pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia yang bakal diikuti para delegasi dari 189 negara akan diadakan di kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung. Lokasi tersebut terletak sekitar 70 kilometer dari Gunung Agung di Kabupaten Karangasem.

Meski akan dimulai sejak 9 Oktober, pertemuan resmi baru berlangsung pada kurun 12-14 Oktober 2018. Peserta yang akan menghadiri pertemuan resmi adalah seluruh menteri keuangan dan gubernur bank sentral di dunia, sementara total anggota delegasi yang akan datang ke Bali adalah 17.000 orang.
Berharap Gunung Agung tak ganggu agenda tahunan IMF-Bank Dunia
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan (dua kanan) berbicara dengan awak media di Pos Pengamatan Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, Kamis (5/7/2018).
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan pun sempat mengunjungi Pos Pengamatan Gunung Agung di Kabupaten Karangasem. "Kami memperkirakan bahwa erupsi ini akan tetap terjadi dari waktu ke waktu," katanya.

Jonan menegaskan radius berbahaya ketika Gunung Agung erupsi adalah 4 kilometer dari kawah. Namun, berdasarkan analisis, lanjut Jonan, deformasi Gunung Agung bakal cenderung kecil.

Apalagi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menetapkan Gunung Agung saat ini dalam status Siaga, atau level 3.

"Tidak akan terjadi letusan yang sangat besar mencapai radius di luar 4 kilometer," tuturnya.

Bahkan lava pijar yang bisa terjadi saat erupsi strombolian, seperti pada Senin (2/7) malam lalu, pun akan terbatas. "Tidak menimbulkan lava panas yang bisa mengalir ke mana-mana," katanya.

Jonan pun mengutip laporan terbaru hasil foto satelit yang menunjukkan lava di dalam kawah tetap cair dan itu tidak akan membahayakan. "Kalau mengental, tekanannya besar dari bawah itu bisa sangat berbahaya sekali," ujarnya.

Adapun saat Jonan berkunjung ke pos pengamatan, Gunung Agung sempat erupsi pukul 16.33 WITA. Erupsi tersebut menimbulkan kolom abu setinggi 2.800 meter di atas kawah.

Berdasarkan pengamatan PVMBG, kolom abu berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong bergerak ke arah timur dan barat. Sementara seismogram menunjukkan erupsi menghasilkan amplitudo maksimum 24 milimeter dan durasi 8 menit 56 detik.

"PVMBG bisa memprediksi aktivitas vulkanologis dalam jangka waktu tertentu. Kalau persis erupsi tidak bisa tahu kapan terjadi," tutur Jonan.
Berharap Gunung Agung tak ganggu agenda tahunan IMF-Bank Dunia


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...imf-bank-dunia

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Berharap Gunung Agung tak ganggu agenda tahunan IMF-Bank Dunia Layanan izin online terintegrasi terkendala masa transisi

- Berharap Gunung Agung tak ganggu agenda tahunan IMF-Bank Dunia Sektor Keuangan memerah, biang pelemahan IHSG hari ini

- Berharap Gunung Agung tak ganggu agenda tahunan IMF-Bank Dunia Kantong plastik jadi barang terlarang di Balikpapan

×