alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
3 Kunci Mengapa Brasil Memiliki Pertahanan Terbaik di Piala Dunia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3f353a582b2e5e398b4589/3-kunci-mengapa-brasil-memiliki-pertahanan-terbaik-di-piala-dunia

3 Kunci Mengapa Brasil Memiliki Pertahanan Terbaik di Piala Dunia

3 Kunci Mengapa Brasil Memiliki Pertahanan Terbaik di Piala Dunia

Timnas Brasil semakin dekat dengan gelar Piala Dunia keenamnya. Tim Samba telah mencapai babak perempat final dan akan menghadapi Belgia, Sabtu (7/7) nanti. Kesuksesan tim asuhan Tite ini tak lepas dari solidnya lini pertahanan yang mereka miliki. 

Brasil bersama Uruguay menjadi tim yang paling sedikit kebobolan dalam Piala Dunia kali ini. Mereka hanya kebobolan satu gol dalam empat pertandingannya. Lantas, apa rahasia Brasil hingga memiliki barisan pertahanan yang sulit ditembus lawan-lawannya? Berikut penjelasannya menurut asisten pelatih Brasil, Cleber Xavier.


1. Zonal Marking
3 Kunci Mengapa Brasil Memiliki Pertahanan Terbaik di Piala Dunia
Salah satu kunci kesuksesan Brasil dalam bertahan adalah menerapkan zonal marking. Istilah ini sangat umum dalam strategi sepak bola yang berarti sebuah sistem pertahanan yang fokus pada penjagaan wilayah area permainan. Artinya, setiap pemain tak dibebani tugas untuk menjaga satu pemain saja. Mereka hanya diarahkan untuk menjaga wilayahnya masing-masing. 

Quote:
Keunggulan strategi ini adalah pemain tak langsung berhadapan satu lawan satu dengan pemain lawan. Ini tentu bisa mengurangi kemungkinan seorang bek berduel dengan pemain lawan yang memiliki skil lebih baik.

Quote:
Untuk diketahui, Brasil menjadi salah satu tim yang melakukan pelanggaran paling sedikit di Piala Dunia. Rata-rata Tim Samba hanya melakukan 9 pelanggaran tiap laga. Hal ini penting untuk meminimalisir sedikit mungkin peluang tim lawan menciptakan gol dari situasi bola mati. Bandingkan dengan Kolombia yang melakukan 15 pelanggaran tiap laganya yang mengalami kebobolan tiga gol dalam empat pertandingan.


2. Konsisten lakukan strategi pressing tinggi
3 Kunci Mengapa Brasil Memiliki Pertahanan Terbaik di Piala Dunia
Rahasia kedua adalah bagaimana antisipasi Brasi saat kehilangan bola atau transisi dari menyerang ke bertahan. Dalam sepak bola ini dikenal dengan istilah pressing atau usaha merebut bola dari lawan dengan memanfaatkan kendali atas ruang.

Cleber mengatakan bahwa timnya sangat fleksibel dalam hal merebut bola kembali ini. Menurutnya, Brasil saat ini menerapkan sistem total pressing yang terdiri dari tiga gaya bertahan, yakni pressing tinggi, menengah, dan rendah. Namun, dalam ajang kali ini Brasil lebih sering menjalankan pressing tinggi.

“Ada tiga fase ketika kami bertahan: pressing tinggi, menengah, dan rendah. Kami cukup menyesuaikan dengan gaya bermain lawan kami," katanya.

"Dalam setiap permaianan kami biasanya melakukan pressing tinggi. Sementara yang sedang dan rendah tergantung situasi," lanjutnya.

Jenis pressing yang pertama atau yang tinggi adalah menugaskan pemain Brasil menekan hingga area pertahanan lawan. Keuntungannya, saat berhasil merebut bola maka peluang untuk mendekat ke gawang lawan makin tinggi. Tak hanya itu, jenis pressing ini juga biasanya memaksa lawan untuk melakukan umpan-umpan jarak jauh yang akurasinya sangat kecil.


3. Kekuatan komunikasi antar pemain
3 Kunci Mengapa Brasil Memiliki Pertahanan Terbaik di Piala Dunia
Rahasia Brasil berikutnya adalah kekuatan komunikasi antar pemainnya. Menurut Cleber, semua pemain di Tim Samba sudah saling mengerti satu sama lain. Hal tersebut memudahkan Brasil dalam mengorganisasi permainan dan menerapkan strategi dari pelatih.

Quote:
Saat bertahan, komunikasi menjadi salah satu hal yang sangat penting. Pasalnya, seorang kiper dan bek tengah harus sering-sering berkoordinasi untuk mengantisipasi serangan lawan. Buruknya koordinasi bisa berakibat fatal karena bisa memperbesar kesalahan sehingga tim lawan dengan mudah mencetak gol.


Sumber : https://www.idntimes.comsport/soccer...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 3 Kunci Mengapa Brasil Memiliki Pertahanan Terbaik di Piala Dunia Preview Brasil vs Belgia Juara Dunia Bertemu Kekuatan Baru Eropa

- 3 Kunci Mengapa Brasil Memiliki Pertahanan Terbaik di Piala Dunia Daftar Pemain yang Harus Hindari Kartu Kuning di Laga Perempat Final

- 3 Kunci Mengapa Brasil Memiliki Pertahanan Terbaik di Piala Dunia Uruguay Hadapi Prancis di Perempat Final Ini Kabar Terbaru Kedua Tim

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di