alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Wapres: Rupiah Melemah Berdampak pada Asian Games 2018
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3f353354c07abf2d8b4584/wapres-rupiah-melemah-berdampak-pada-asian-games-2018

Wapres: Rupiah Melemah Berdampak pada Asian Games 2018

Wapres: Rupiah Melemah Berdampak pada Asian Games 2018

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, melemahnya rupiah berpengaruh pada penyediaan anggaran untuk persiapan Asian Games 2018, khususnya bagi atlet yang berlatih di luar negeri.

Seperti diketahui, nilai tukar rupiah pada Jumat pagi bergerak melemah 19 poin menjadi Rp14.413 dibanding posisi sebelumnya Rp14.394 per dolar AS. Nilai tukar tersebut terus melemah di angka Rp14.000 sejak akhir Juni.

"Setengah atlet kita yang akan bertanding, sekarang masih di luar negeri, latihan di sana. Juga hampir sebagian besar atlet dalam negeri kita mendapat pelatih dari luar negeri sana. Dengan dolar sekarang ini makin kuat, anak-anak (atlet) yang (latihan) di luar negeri itu juga ditambah uang jalannya," kata Jusuf Kalla di hadapan mitra sponsor Asian Games 2018 di Kantor Wapres Jakarta, seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Jumat (6/7).

Wapres Kalla meminta semua pihak untuk turut serta berpartisipasi dalam mendukung terselenggaranya kompetisi olahraga internasional tingkat Asia, yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang mulai Agustus mendatang.


1. Biaya persiapan atlet Asian Games butuh sponsor
Wapres: Rupiah Melemah Berdampak pada Asian Games 2018
Dengan tingginya biaya pelatihan tersebut, menurut Wapres Kalla, pembiayaan untuk Asian Games secara keseluruhan tidak bisa dibebankan kepada Pemerintah saja. Perlu kerja sama dengan BUMN dan perusahaan swasta untuk mendapatkan sponsor bagi penyelenggaraan Asian Games.

"Penyelenggaraan Asian Games dibutuhkan begitu banyak sponsor, begitu banyak dana. Pemerintah bertugas dalam hal penyelenggaraan, infrastruktur hampir semua dilaksanakan oleh Pemerintah. Itu tentu membutuhkan dukungan kita semua," katanya.


2. JK pastikan ada timbal balik untuk sponsor
Wapres: Rupiah Melemah Berdampak pada Asian Games 2018
Bentuk dukungan yang diberikan oleh pihak BUMN dan swasta tersebut, kata Wapres Kalla, tentu akan mendapat timbal balik yang besar pula, mengingat Asian Games akan disaksikan oleh miliaran penonton baik di dalam negeri maupun luar negeri.

"Tentu dukungan itu bukan 'free', karena nanti juga perusahaan sponsor itu menjadi terkenal dan dilihat oleh 4 miliar orang di Asian Games ini. Sehingga apa yang Anda sumbangkan itu bukan hanya dipakai Inasgoc, tapi akan mendapat dukungan dari penonton seluruh dunia, khususnya Asia," katanya.

Wapres Kalla menjelaskan sistem penyediaan dana bantuan lewat sponsor, dalam sebuah kompetisi olahraga, dimulai sejak penyelenggaraan Olimpiade Musim Panas di Los Angeles pada tahun 1984.

"Dulu, Olimpiade itu semuanya ditanggung Pemerintah, kemudian Pemerintah sering merugi. Tapi dalam hal ini (Asian Games), Pemerintah digabung dengan sponsor akan memperkecil beban Pemerintah, karena tidak mungkin penyelenggaraan itu semuanya oleh Pemerintah," ujarnya.


3. 22 BUMN dan perusahaan swasta jadi sponsor
Wapres: Rupiah Melemah Berdampak pada Asian Games 2018
Wapres Jusuf Kalla menyaksikan penandatanganan kerja sama antara 22 badan usaha milik negara (BUMN) dan pihak swasta dengan INASGOC, untuk membantu penyelenggaraan Asian Games 2018.

Tiga dari 22 mitra sponsor, yang menandatangani kesepakatan kerja sama tersebut, merupakan sponsor resmi, yaitu Mastercard, Tanoto Foundation dan Aice.

Sementara lainnya merupakan pendukung, antara lain PT Adhi Karya, PT Waskita Karya, PT Wijaya Karya, Bank Tabungan Negara, Perusahaan Gas Negara, Asuransi Jiwasraya, PT Transportasi Jakarta, Martha Tilaar, PT Coca Cola Distribution Indonesia dan Combiphar.

Penandatanganan kerja sama sponsor tersebut juga disaksikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, dan Ketua Inasgoc Erick Thohir. 


Sumber : https://www.idntimes.comnews/indones...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Wapres: Rupiah Melemah Berdampak pada Asian Games 2018 Asian Games 2018 Tim Sepak Bola Indonesia Masuk Grup Ringan

- Wapres: Rupiah Melemah Berdampak pada Asian Games 2018 Wajib Dicek Ini 5 Official Song Asian Games 2018 yang Sudah Diliris

- Wapres: Rupiah Melemah Berdampak pada Asian Games 2018 Asian Games Jadi Momen Penggunaan Transportasi Umum secara Luas



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di