alexa-tracking

Apa Itu Embun Upas ?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3f317831e2e6fe758b4568/apa-itu-embun-upas
icon-hot-thread
Apa Itu Embun Upas ?


Apa Itu Embun Upas ?

Untuk juragan yang tinggal di pegunungan pastinya tahu embun pagi yang membekukan ladang-ladang petani, biasanya hal ini terjadi di musim kemarau namun tidak menutup kemungkinan di musim penghujan pun ada biasanya disertai dengan dingin hampir 5°celcius. Sebenarnya hal tersebut memang langka terjadi tidak di setiap daerah pegunungan yang mengalami embun upas alias embun yang membeku di pagi hari, penamaan embun upas sendiri bila di daerah lain sering disebut sebagai lodoh, ngulun atau trotol, di kalangan akademisi disebut dengan downy mildew.

Apa Itu Embun Upas ?

Nah sebab tejadinya embun upas sendiri memang unik, biasanya suhu ketika siang 22-24° celcius kemudian ketika malam hari turun drastis ke 5°celcius, nah kabut yang datang dari arah atas pegunungan biasanya akan berubah menjadi embun, tetesan air yang membuat basah dedaunan dan juga benda-benda yang dilewatinya tetapi bila suhu udara dingin embun ini terkondensi menjadi beku menempel pada dedaunan menjadi es.

Apa Itu Embun Upas ?

Embun upas sendiri merupakan pemandangan yang sangat indah layaknya di eropa dengan bulir-bulir saljunya, tapi hal itu membuat para petani merugi dan embun upas tak disuka oleh mereka. Karena embun upas tanaman yang terkena embun tadi gagal berfotosintesis bila ini terjadi dalam waktu yang lama, dapat dipastikan tanaman akan layu dan mati hingga pak petanipun gagal panen.

Apa Itu Embun Upas ?

Disarankan petani menghangatkan tanamannya dengan berbagai sistem, biasanya dengan alat dry heating di suhu 40° celcius dan di kontrol ladangnya agar tak merugi, alat pemanas buatan ini biasanya di pakai di rumput sepakbola eropa dengan tambahan sinar yang menyerupai mentari.

Tak hanya petani embun upas berbahaya bagi para pendaki, hipotermia menghantui maklum saja embun ini datang secara tiba-tiba tidak peduli sang pendaki fisiknya kuat atau tidak, bila ia datang segeralah bakar api unggun untuk menghangatkan suhu tubuh walau terkadang sulit untuk memantik api bila ranting-ranting semuanya basah akibat embun upas.

Apa Itu Embun Upas ?

Embun ini pun datang di pegunungan mana saja biasanya di dataran tinggi Dieng atau di Semeru untuk wilayah pulau jawa, namun di wilayah pegunungan Jawa Barat belum pernah terlihat untuk itu sesuatu yang indah belum tentu itu baik bisa jadi itu merugikan bahkan berbahaya.

Bagaimana juragan semoga info ini berguna monggo serupuutt dolo..

Apa Itu Embun Upas ?

c4punk@2018

Referensi tulisan

https://www.viva.co.id/berita/nasion...s-lima-derajat

image-url-apps
Keduaxemoticon-Coblos
image-url-apps
Quote:


ente pertamax gan emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
image-url-apps
huwus huwus huwus huwus
image-url-apps
Dingin pasti

emoticon-Takut
sepertinya ane gak tau breeee

mungkin bawah ane tau emoticon-Coblos
image-url-apps
Quote:


emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka lu pasti ga baca sampe selesai yah ?
tadi ane ga tau bre tapi berkat trit TS sekarang ane jadi tau emoticon-Coblos
image-url-apps
Musuhnya petani di Dieng emoticon-Big Grin
Ga tau dah kalo sekarang masih ato ngga

Ngeliat panorama embun pagi enaknya sambil minum yg anget anget, bre emoticon-Malu (S)

Apa Itu Embun Upas ?
image-url-apps
Quote:


ane keduax karena Pertamax hanya punya ts emoticon-Nyepi
image-url-apps
akhir akhir ini adem betul hawanya
image-url-apps
Quote:


iya aja dah ma sepuh mah emoticon-Embarrassment
image-url-apps
Ane belum ngalamin gan, gak kebayang dah dinginnya. Sekarang aja di tempat ane hawanya lagi dingin bat, padahal hari terik. Dingin segini aja udah sukses mangkas kegiatan mandi ane emoticon-Ngakak
image-url-apps
embun itu seperti dia yang dingin
image-url-apps
yg kmrn di wonosobo termasuk jg ya gan?
image-url-apps
keren ni embun... asli
image-url-apps
Tapi keren ini gan emoticon-Wow
Kalau di dataran tinggi pastinya kemungkinan gini ada , tapi bagi lowlander panas adalah musuh bersama emoticon-Ngakak (S)
image-url-apps
Quote:


Kreator legend nih
image-url-apps
Quote:


wah ad yg mampir...suhu besar emoticon-Big Grin
×