alexa-tracking

Ribuan Bacaleg di Riau Cari Surat Waras dari Rumah Sakit Jiwa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3f298b902cfe8b1b8b4586/ribuan-bacaleg-di-riau-cari-surat-waras-dari-rumah-sakit-jiwa
Ribuan Bacaleg di Riau Cari Surat Waras dari Rumah Sakit Jiwa
Ribuan Bacaleg di Riau Cari Surat Waras dari Rumah Sakit Jiwa

Jakarta, IDN Times - Ribuan bakal calon legislatif diketahui berbondong-bondong ke Rumah Sakit Jiwa Tampan di Riau. Mereka mencari surat keterangan kesehatan jiwa untuk menjelaskan tingkat kewarasan seseorang sebagai syarat bagi bacaleg untuk ikut Pemilu 2019.

Kantor berita Antara melaporkan ribuan bacaleg itu datang dari seluruh kabupaten atau kota Riau ke RSJ Tampan. Bahkan, mereka sudah datang untuk antre sejak 21 Juni lalu.

"Karena di Riau cuma ada satu RSJ, maka semuanya (datang) ke sini. Hari-hari pertama, kami memang kewalahan karena permintaan sangat banyak untuk syarat nyaleg," ujar Direktur Utama RSJ Tampan pada hari ini.

Lalu, siapa kira-kira bacaleg yang gak lolos di pemeriksaan tingkat kewarasan? Benar kah mereka harus membayar surat keterangan itu?


1. Surat keterangan waras menjadi syarat bacaleg mencalonkan diri
Ribuan Bacaleg di Riau Cari Surat Waras dari Rumah Sakit Jiwa
Pihak RSJ Tampan mengaku sudah mencoba untuk mengantisipasi. Bahkan, mereka menyediakan rungan khusus yang lebih luas dibandingkan sebelumnya. Ruangan tersebut bahkan sanggup menampung sekitar 250 orang untuk ujian.

Salah seorang bacaleg bernama Didik Herwanto mengaku ia membutuhkan waktu selama dua hari sebagai syarat lolos pencalonan di Kabupaten Siak.


2.Bacaleg gak mempermasalahkan lamanya proses pemeriksaan
Ribuan Bacaleg di Riau Cari Surat Waras dari Rumah Sakit Jiwa
Sementara, menurut Didik, semua prosedur yang ia lakukan akan terbayar lunas nantinya ketika Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menerima pencalonan dirinya. Ia mengaku melalui beberapa proses yakni pendaftaran, ujian tertulis, skoring dan terakhir wawancara dengan psikiater.

Didik mendengar dari rumah sakit, idealnya semua proses itu dilalui dalam waktu antara 5-6 jam. Tapi, karena banyaknya pendaftar, maka surat itu baru bisa rampung dalam waktu dua hari.

"Daftar dari jam 10 pagi, kemudian tes jam 7 malam. Besoknya langsung lanjut wawancara," kata Didik.


3.Surat waras gak gratis
Ribuan Bacaleg di Riau Cari Surat Waras dari Rumah Sakit Jiwa
Untuk bisa mendapatkan surat waras, ternyata diperolehnya gak secara cuma-cuma. Masing-masing orang harus merogoh biaya sekitar Rp 400 ribu. Namun, lagi-lagi Didik gak mempermasalahkan biaya yang harus ia keluarkan. Malah, menurut dia, itu hal yang wajar.

"Pengen waras ya mahal. Tapi, itu gak masalah, karena kan bagian dari persyaratan bacaleg," kata Didik.


Sumber : https://www.idntimes.comnews/indones...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Ribuan Bacaleg di Riau Cari Surat Waras dari Rumah Sakit Jiwa Mantan Napi Korupsi Tetap Boleh Nyaleg

- Ribuan Bacaleg di Riau Cari Surat Waras dari Rumah Sakit Jiwa Begini Cara KPU Deteksi Mantan Narapidana Korupsi saat Daftar Caleg

- Ribuan Bacaleg di Riau Cari Surat Waras dari Rumah Sakit Jiwa Arief Budiman Benarkan Kabar Situs KPU Diretas

×