alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
Teknik Penutupan Presentasi Yang Berkesan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3f2004d675d4593f8b4568/teknik-penutupan-presentasi-yang-berkesan

Teknik Penutupan Presentasi Yang Berkesan

Teknik Penutupan Presentasi Yang Berkesan

Motivator | Motivator Indonesia Apa yang biasanya lebih mudah di ingat oleh audiens? tentu saja bagian terakhir presentasi Anda, apa yang membuat audiens membeli produk anda? tentu saja bagian terakhir presentasi Anda. Jadi tinggalkan kesan yang mendalam dengan penutupan yang berkesan.
Hal ini juga berlaku didalam presentasi, begitu kuatnya efek sebuah penutupan sehingga Anda dapat mempengaruhi audiens. 

Training Motivasi | Banyak orang melewatkan bagian penting ini, mereka hanya mempersiapkan pembukaan yang powerful tapi lupa membuat penutupan presentasi yang berkesan. Sekarang saatnya Anda memperbaiki hal ini.

Baca Juga : Persiapan Public Speaking Gaya Gus Dur

Inilah 3 langkah untuk melakukan penutupan presentasi :

1. Review / Golden point
Review berarti Anda meringkas materi yang telah Anda bawakan, ambil point-pointnya lalu sampaikan kembali kepada audiens sehingga mereka akan ingat apa saya yang telah dipelajari hari ini.

2. Concluding Grabber
Concluding grabber adalah kalimat penutupan presentasi yang anda sampaikan kepada audiens, yang terpenting ketika Anda membuat concluding grabber adalah pastikan ada hubunganya dengan materi presentasi yang Anda sampaikan jadi bukan asal membuat story, quote atau yang lainya tapa anda hubunganya.

3. Call to Action
Call to action merupakan hal penting yang tidak boleh anda lewatkan, call to action akan sangat tergantung dari tujuan presentasi yang Anda sampaikan. Jika presentasi anda jenis penjualan maka call to actionnya bertujuan untuk closing produk, misalnya: Untuk yang tertarik bisa ikut saya kebelakang, Anda bisa cash bisa gunakan kartu kredit.

Silahkan sesuaikan dengan tujuan/goal dari presentasi Anda. Yang terpenting call to ation bermuara pada tindakan nyata yang harus dikerjakan oleh audiens, jadi mereka tahu apa yang harus dilakukan bukan hanya sekedar just info. Untuk mempermudah Anda buat urutan kalimat penutupan presentasi seperti ini: Review/Golden Point → Concluding Grabber → Call to Action.

Created : Fitri Yanti

Semoga Bermanfaat!

Dan jika Anda ingin menjadi Trainer yang handal dan powerfull . Silahkan hubungi Fitri – Pusat Trainerpreneur di 0811-349-0909
Thread sudah digembok
Urutan Terlama
×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di