alexa-tracking

Bagaimana TIK TOK menjadi aplikasi paling populer di dunia saat ini

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3f05ab5c77989c5f8b4568/bagaimana-tik-tok-menjadi-aplikasi-paling-populer-di-dunia-saat-ini
Bagaimana TIK TOK menjadi aplikasi paling populer di dunia saat ini
Bagaimana TIK TOK menjadi aplikasi paling populer di dunia saat ini
Aplikasi Douyin dari ByteDance atau Tik Tok, baru saja menduduki puncak unduhan iOS untuk aplikasi non-game untuk kuartal pertama 2018, menurut laporan analisa dari Sensor Tower

Bagaimana TIK TOK menjadi aplikasi paling populer di dunia saat ini

Douyin (抖 音, atau “shaking“) aka Tik Tok untuk sebutan diluar China adalah aplikasi video dan musik video singkat yang diluncurkan oleh sebuah perusahaan internet asal China, ByteDance Inc, juga pendiri Jinri Toutiao, Mr. Zhang Yiming.
Aplikasi ini untuk memproduksi dan menjelajahi klip video, dengan cara yang mirip dengan cara Vine sebelum platform ini ditutup oleh pemilik Twitter. Namun salah satu yang berbeda dari Douyin/Tik Tok adalah fitur fungsi pengeditannya, yang telah paham memanfaatkan preferensi kreatifitas para pengguna rata2 anak2 muda millenial dengan menambahkan beragam add-on, tema musik, animasi, Facial Recognition, dan banyak lagi.
Tik Tok merupakan platorm yang memfasilitasi penggunanya mengunggah beragam konten video buatan masing-masing untuk dinikmati sesama pengguna layanan lainnya. Mereka menyasar Generasi Z yang menyukai konten vlog, dan bisa juga membahas tentang berbagai bidang, mulai dari kecantikan, musik, dance hingga lifestyle.
Banyak fitur pendukung yang menarik dan sesuai untuk anak2 muda seperti
Facial Recognition : Pengambilan gambar dengan kecepatan tinggi dan fitur wajah di sempurnakan yang dikombinasikan untuk beragam ekspresi lucu, keren, konyol, imut dan memalukan para kreator.
Mobile Studio : kombinasi cantik artificial intelligence dan image capturing untuk meningkatkan ragam produksi karya melalui sinkronisasi ritme, filter, efek khusus, dan teknologi canggih seolah mengubah ponsel kita menjadi studio kreatif yang lengkap. Massive Music Library : Stok ribuan pilihan musik dengan pick editor baru setiap hari, melahirkan potensi kreatif kita ke level berikutnya dan membuka dunia kreasi tanpa batas.
Bagaimana TIK TOK menjadi aplikasi paling populer di dunia saat ini
Sungguh Luar biasa untuk sebuah aplikasi yang memiliki pertumbuhan yang luar biasa hanya dalam 200 hari. Apakah pertumbuhan ini akan bisa terus berlanjut?
Semuanya belum berjalan muluslancar.
Selain berada dalam pengawasan karena aplikasi ini sangat adiktif, aplikasi ini kini menjadi headline berita utama internasional setelah isu dugaan “melarang” karakter kartun Peppa Pig hadir di platformnya.
Douyin menyanggah klaim tersebut, namun isu ini merefleksikan masalah yang biasa terjadi diplatform aplikasi yang tumbuh sangat cepat dan dikendalikan oleh banyak pengguna, di tengah-tengah upaya kontrol seleksi dan pembersihan media online oleh pihak berwenang.
Namun, Douyin/Tik Tok sejauh ini telah berusaha hati hati agar tidak terjadi hal seperti yang menimpa aplikasi video pendek andalan ByteDance sebelumnya, Neihan Duanzi, yang dihapus setelah dilaporkan menyebarkan “konten vulgar“. Juga unggul di atas rating grafik iOS seluruh dunia untuk aplikasi non-game. Jadi sangat menarik untuk melihat apakah Douyin aka Tik Tok dapat terus mempertahankan popularitasnya yang fenomenal meledak dengan terus hati2 demi menghindari pengawasan lebih lanjut dari pihak sensor berwenang.
Karakteristik generasi millennial yang selalu tertarik mencoba menggunakan aplikasi mobile untuk keperluan narsistik kreatif mendorong munculnya beragam profesi baru sebagai YouTuber, vloger, ataupun content blogger di berbagai bidang meliputi fesyen, kesehatan, kecantikan, dan lifestyle.
Semenjak ByteDance Inc. rilis Mei 2017 kemarin, Tik Tok diklaim sebagai salah satu aplikasi jejaring sosial dengan pertumbuhan tercepat dan terpopuler bagi komunitas pencipta konten video di kawasan Asia.
Peluncuran Tik Tok membuatnya bersaing langsung dengan Musical.ly yang juga menawarkan layanan sejenis bagi komunitas kreator konten video online di Indonesia.
Fokus Musical.ly yang lebih merangkul komunitas lewat ragam kampanye bersama mitra brand brand komersial yang laris, rasanya cukup menarik untuk melihat strategi seperti apa ke depannya yang akan mereka lakukan untuk terus eksis di Indonesia.
×