alexa-tracking

Menkominfo Minta Masyarakat Waspada Lindungi Data Pribadi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3eece1dac13ece6a8b4568/menkominfo-minta-masyarakat-waspada-lindungi-data-pribadi
Menkominfo Minta Masyarakat Waspada Lindungi Data Pribadi
Menkominfo Minta Masyarakat Waspada Lindungi Data Pribadi
Kamis, 08/03/2018 19:01 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi Rudiantara meminta masyarakat waspada dan memiliki kesadaran terhadap keamanan data pribadi mereka. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi pencurian dan penyalahgunaan identitas.

Rudiantara juga meminta agar masyarakat tak memberi data pribadi pada badan yang tak memiliki otoritas dan mengembangkan kebiasaan mengganti PIN dan password untuk setiap akun yang dimiliki.

"Biasakan ganti password, biasakan ganti PIN, biasakan jangan memberikan fotokopi, atau informasi KK dan NIK kepada badan yang tidak memiliki otoritas," tutupnya.


Hal ini diungkap Rudi terkait maraknya kasus penyalahgunaan NIK dan KK selama masa registrasi kartu prabayar.

Di kesempatan yang sama, Menkominfo Rudiantara menerangkan bahwa pihaknya juga telah meminta pihak kepolisian untuk menindak pelaku penyalahgunaan NIK dan KK tersebut.

"Saya sudah berkoordinasi dengan polisi bahwa nanti jika ada yang menyalahgunakan identitas NIK dan KK tidak sesuai dengan miliknya silakan diproses," ujar Rudi yang sebelumnya menegaskan tak ada kebocoran sistem di Kominfo.

Sebelumnya, pria yang kerap disapa Chief RA itu menjelaskan bahwa setidaknya ada dua ancaman pidana yang dapat diterapkan untuk menjerat pelaku penyalahgunaan identitas yakni melalui Undang Undang Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Sisminduk) dan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Berdasarkan UU Sisminduk, pelaku akan diganjar dua tahun penjara. Sementara, pelanggaran UU ITE memberikan ancaman penjara bahkan mencapai 12 tahun dan denda 2 miliar.

Tanggapan BSSN

Sementara itu, terkait penyalahgunaan NIK dan KK ini Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menilai pihaknya akan melakuan pengamanan untuk memastikan tidak ada kebocoran data dari sisi sistem.

"Tentunya kami akan kembali pada sistem pengamanan negara jadi utamanya ketika data centernya yang digunakan untuk menabung semua data itu kita jaga dulu jangan sampai bisa diretas atau ditembus oleh siapa pun," kata Djoko Setiadi, Kepala BSSN saat ditemui di acara kampanye Hari Kebudayaan Keamanan Informasi di Jakarta, Rabu (7/3).

Jika terjadi kebocoran, Djoko meyakini bahwa kemungkinan besar penyebabnya adalah peretasan. Hal itu dinilainya sangat berbahaya terutama di masa menjelang tahun politik.

"Karena kemungkinan besar terjadinya kebocoran ini adalah karena terjadi peretasan-peretasan atau barangkali kebocoran-kebocoran yang saya sendiri juga belum tahun pasti sehingga diretasnya nggak kira-kira di luaran sana dan yang protes juga ribuan. Hal ini sangat berbahaya. Untuk itu, kita juga bekerjasama dengan berbagai pihak," tuturnya. (eks/eks)

https://www.cnnindonesia.com/teknolo...i-data-pribadi

Yaa Tuhan...
Mereka yang minta RAKYAT untuk registrasi dan menyerahkan data pribadi nya, sekarang mereka minta kita Rakyat hati-hati lindungi data pribadi kita... !
Anda Sehat Pak ?! Atau sudah Lelah?
image-url-apps
Toko bangunan sebelah ane pasti ngasih syarat lowongan fotokopi ktp. Gimana rud?
Memiliki jabatan Tanpa Perlu Bertanggung Jawab dan ga perlu cerdas2 membuat pernyataan kepada Masyarakat Indonesia agar tidak nampak lebih cerdas drpd presidennya emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
image-url-apps
password ane cukup 123456, coba deh klo gak percaya
image-url-apps
Jadi yg goblok siapa gan?
image-url-apps
mestinya situ yang punya sistem yang punya otoritas meyakinkan masyarakat kalo datanya aman
kan situ yang bikin kebijakan
kalo saya diminta waspada jadinya saya malah was was
image-url-apps
sudah ada manfaat belum sih dri hasil reg kartu sim?, *serius nanya emoticon-linux2
image-url-apps
Menteri anjing berkoar lagi.
Satu satunya cara buat ngejaga data pribadi ya jangan ngurus ktp kk dll. Sekalian gak usah kerja juga. Soalnya kalo lu mau lamar kerja atau mau kredit juga uda pasti diminta fotokopi ktp kk
Wah ini menteri favorit agan kakeane nih emoticon-Selamat
Quote:


cebong bilang biar agak ada yang tipu2 sms undian berhadiah lagi.... Nah buktinya seminggu ini aja ane udah dua kali dapet SMS begituan emoticon-Leh Uga

image-url-apps
Quote:


ga ada manfaatnya gan
Sampe hari ini masih ada konter yg jual kartu internet merah tanpa registrasi alias langsung bisa dipake
emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


Quote:


Quote:


kalo manfaat dari Registrasi Sim itu..
-Cegah Terorisme
-membantu Tanggulangi Hoax
-Penting untuk Ekonomi
-Amankan Transaksi non-Tunai
-Cegah Kejahatan

Kalo Konter yang menjual Kartu Internet merah tanpa Registrasi karena Registrasi itu cuman dianggap merugikan bisnis jual Kartu Internet mereka dan cuman dipake untuk Internetan doang...

Cmiw
image-url-apps
Quote:


yg regis bukan konter tp dealer telkomshit sndiri
Jd ga bsa mncegah kejahatan dll yg agan sebutin diatas..
image-url-apps
Quote:


Bukankah Regis bisa dilakukan oleh kita sendiri?
image-url-apps
Quote:


bisa gan
Tp sampe hari ini kartu internet msh ada yg tanpa regis sdh bsa dipake..
Ini lh bahayanya...bisa dipake buat kejahatan
Siapa yg regisnya.? Dealer sendiri..mereka regis dr sistem jd kartu yg beredar lngsung bsa dipake konsumen tanpa regis
Dan 1 lagi...di internet banyak foto KK terpampang...itu bsa dipake buat regis kartu dan dipake buat kejahatan...

Jd apakah peraturan regis kartu bermanfaat ? Sampe saat ini TIDAK ADA MANFAATNYA
image-url-apps
Quote:


bukankah Regis kartu hanya bisa digunakan untuk satu KK? Jadi percuma saja memanfaatkan foto KK tersebut.
Bagaimana bisa Dealer me-Regis langsung kartu tersebut di sistemnya?
Mengapa tidak melapor ke Pihak yang bertanggungjawab mengenai hal ini?

Jika tidak Bermanfaat seperti Agan bilang, mengapa agan tidak mem"protes"nya?

Dan tentu saja ini adalah Subjektif dan Relatif menurut Pandangan agan...
image-url-apps
Dopost
image-url-apps
Quote:


Agan jangan bercanda...protes sama pemerintah ?
Jd ingat waktu baru berlaku regis pake nik sama kk....ada yg ngeposts d kaskus NIk yg dipake regis 50 nmr
Ane yg pertama kali koment kalo indosat lebih parah lg...terbukti 2,2jt nmr indosat diregis pake 1 NIk
Agan tau siapa dalangnya .?

Ya dealer indosat sendiri...
emoticon-Ngakak
image-url-apps
Sorry Dopost
image-url-apps
Quote:


untung aja bukan Telkomsel, Axis, ama XL...

napa gak dilaporin gan, itu namanya pelanggaran emoticon-Ngakak
×