alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
TGB Zainul Majdi Sampaikan Alasannya Dukung Jokowi Dua Periode
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3ee38c925233342b8b4569/tgb-zainul-majdi-sampaikan-alasannya-dukung-jokowi-dua-periode

TGB Zainul Majdi Sampaikan Alasannya Dukung Jokowi Dua Periode

TGB Zainul Majdi Sampaikan Alasannya Dukung Jokowi Dua Periode
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) bertemu dengan Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang Zainul Majdi (kanan) dan politikus PKS Zulkifliemansyah (kiri) di rumah dinasnya, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa malam, 4 Juli 2018. Istimewa.


TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi menyampaikan alasannya mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali maju pada pilpres 2019.

TGB menilai program-program Jokowi tak akan rampung dalam satu periode pemerintahan. Ia ingin memberikan kesempatan kepada Jokowi untuk merampungkan program-programnya. "Saya merasakan tidak cukup lima tahun mengeksekusi keutuhan visi misi program. Jadi butuh waktu yang relatif cukuplah, dua periode," kata TGB kepada Tempo, Kamis, 5 Juli 2018.

TGB Zainul Majdi menyatakan dukungannya kepada Jokowi. Dukungan itu disampaikan melalui foto yang tersebar melalui aplikasi perpesanan dan media sosial. Dalam foto itu, tampak foto TGB dan Jokowi, disertai tulisan "Kemaslahatan bangsa, umat, dan akal sehat jadi pertimbangan. Beliau layak dan pantas diberi kesempatan dua periode. TGB, Jakarta, 4 Juli 2018. Dukungan tersebut santer dibicarakan sebab TGB mendukung Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa dalam pemilihan presiden 2014.

Menurut TGB, perubahan arah dukungan itu tak serta terjadi tiba-tiba saat ini. Ia mengatakan, dalam berbagai kesempatan, dia sudah sering menyampaikan soal NKRI dan moderasi Islam.

TGB juga mengaku sudah kerap berpesan agar orang tidak berseteru dalam kontestasi pilpres nanti. "Kalau menyimak dengan utuh apa yang saya sampaikan di banyak tempat itu sebenarnya tidak mengejutkan," kata dia.

Sebelum kabar ini ramai beredar, nama TGB kerap masuk dalam sejumlah survei sebagai kandidat dalam pilpres. Seperti dalam survei Polcomm Institute, TGB memperoleh elektabilitas 1,75 persen. Nilai itu lebih tinggi daripada Gubernur DKI Anies Baswedan (1,58 persen) dan Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (0,75 persen).

Selain itu, nama cucu pendiri organisasi Nahdlatul Wathan itu kerap dinilai berpotensi menjadi cawapres Jokowi. Pengamat politik dari Voxpol Center, Syarwi Pangi Chaniago, misalnya, menilai TGB Zainul Majdi cukup berpeluang menjadi cawapres Jokowi. Menurut Pangi, TGB merupakan sosok yang berpengalaman dalam politik dan memiliki ketokohan agama yang sangat kuat.

Namun Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno membantah jika dukungan TGB disangkutkan dengan upaya TGB untuk menjadi cawapres Jokowi. "Jangan mereduksi kebesaran seseorang dengan metode dagang seperti itu," kata dia.

Quote:


banyak yang balik kanan iki emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 7
Gubernur NTB dua periode
Diubah oleh datascience
ntapzzz deh emoticon-Cool
Bodo amat, ntb propinsi kecil
Wkwk , sory ane golput.
Momen bagus untuk TGB. Cerdas manuver politik nya emoticon-Hansip
Ternyata cebong pada waktunya
:lehug
Cuma segitu doang mentalnya pas mau diperiksa KPK langsung balik badan emoticon-DP
mari terguncang berjamaah emoticon-Ultah
itu pilihan politik aja tdk ada yg perlu dipersoalkan
Mau gimana lagi wagub dah dipriksa duluan pasti dah gemeteran TGB lebih baik cari perlindungan lahemoticon-Traveller
Tgb namanya bisa mencuat gini krna prestasi apa ya? Kok heboh bgtemoticon-Bingung
Quote:


coba tanya orang ntb, ane juga kurang begitu tahu mengenai tgb.
Diubah oleh app.developer
ntaaaaaaapzzz emoticon-Ngakak
ntapz mana si ntapz? emoticon-Wkwkwk
ntapzzz makan sandal jepit
mana nih si ntapzzz? kok udah 3 hari ini ga nongol... emoticon-Ngakak
ntapzzz...... emoticon-Mewek
kasian nasbungtaik
mentri agama atau mentri pendidikan...


Quote:


cebong tolol
TGB itu pemimpin sejati
dia penghapal quran
alumni kairo
alumni 212
direkomendasikan PA 212 dan ustad somad
keturunan kyai besar
pedakwah
gubernur 2 periode
muslim dari lahir
pribumi
bukan kafir
bukan cina
taat ibadah
gemar sedekah
sahabat umat dan ulama

kelebihan apalagi yg kau dustakan?

Pernyataan TGB yang mendukung lanjutnya kepemimpinan Abu Gibran aka Jokowi sangat menarik untuk dicermati. Sebagai tokoh pendukung Prabowo, peserta aksi 212, dan sebagai profil yang dicitrakan teknokrat sekaligus ahli agama, tentu pernyataan itu dianggap mengejutkan. Padahal sejatinya tidak sama sekali.

Beliau adalah tokoh daerah dan politisi ulung yang sangat pintar berhitung dan membaca situasi. Politik bukan hanya masalah menang atau kalah saja, tetapi bagaimana supaya kiprahnya bisa membawa perubahan. Dulu beliau tergabung di PBB, sebelum pada 2013 berpindah ke Demokrat. Dan Pilgub 2013 dimenangkannya dengan sangat menyakinkan, mengalahkan jauh tiga kandidat dari PBB, PKS, dan Hanura.

Setelah purna menjadi gubernur dua periode, dengan usia yang masih sangat muda, 46 tahun, tentu langkah selanjutnya adalah menapak di level nasional. Dan sepertinya melihat hasil Pilkada 2018 yang sangat tidak imbang, banyaknya kemenangan pihak yang simpatik dengan visi Jokowi, membuat TGB mengumumkan sikap politik yang jelas, bahwa Jokowi harus lanjut menuntaskan berbagai programnya. Sangat jelas pesan yang tersirat: Prabowo sudah habis. Dan TGB paham betul ini, dia tidak ingin ngotot berlayar dengan kapal yang hendak karam, akan lebih baik kalau jejaringnya, pengaruhnya, pengalamannya, diabdikan bagi negeri melalui pemerintahan yang kuat di bawah Jokowi. Terlebih ia tahu, Jokowi bukan pendendam.

Bukan tidak mungkin, TGB akan diminta menjadi juru bicara tim kampanye Jokowi, karena TGB suaranya masih sangat didengar masyarakat NTB, khususnya Nahdlatul Wathan, ormas Islam terbesar di NTB, dan masyarakat muslim di medsos. Kalau 2014 NTB memberikan kemenangan mutlak ke Prabowo, 72%, maka jika TGB mendukung Jokowi, situasi bisa berbalik. TGB pun berpotensi menjadi profil bagi kabinet mendatang, sebagai representasi Luar Jawa yang memiliki pengalaman dan ketokohan, sekaligus menjadi bibit tokoh nasional pasca era Jokowi.

Dampaknya adalah politik 2019 akan bisa semakin sehat, karena pertarungan yang terjadi sejak 2014 yang masih berputar-putar di politik identitas, dengan Jokowi sebagai target serangan massif, mulai dari issue anti Islam, pro-China, komunis. Semua akan sirna. Propaganda ala Obor Rakyat 2014 semakin sulit menemui targetnya.

Hantu politik identitas yang menurunkan kualitas dialektika politik, dengan maraknya fitnah dan hoaks, memang saatnya kita usir. Sebaiknya debat visi dan program yang harus diutamakan, tentu diatas rekam jejak yang baik.
Halaman 1 dari 7


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di