alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BREAKING NEWS: Hasil pleno rekapitulasi KPU Yahukimo, Lukas Enembe ungguli John Wempi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3ed6daded770c9178b4568/breaking-news-hasil-pleno-rekapitulasi-kpu-yahukimo-lukas-enembe-ungguli-john-wempi

BREAKING NEWS: Hasil pleno rekapitulasi KPU Yahukimo, Lukas Enembe ungguli John Wempi

Dekai – Pasangan nomor urut satu Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe - Klemen Tinal dinyatakan unggul berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yahukimo di aula kantor KPU, pada Kamis (5/7/2018).

Ketua KPU Yahukimo, Oikos Sonap mengatakan, pasangan Lukas Enembe dan Klemen Tinal memperoleh total 229.012 suara. Sementara pasangan John Wempi Wetipo dan Dr. Habel Melkias Suwae memperoleh 60.805 suara.

"Total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Yahukimo sejumlah 291.491. Jumlah keseluruhan ada 289.817 suara. Sementara suara sisa atau tidak sah sebanyak 1.674 suara," kata Sonap.

Rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU Yahukimo Oikos Sonap juga dihadiri oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Yahukimo Semuel Wetapo, Bupati Yahukimo Abock Busup, PGGY, Kepala Dinas, saksi dari pasangan nomor urut satu dan tim koalisi, Anggota PPD, serta diamankan oleh sejumlah petugas keamanan.

Dikatakan Sonap, meski sempat terkendala cuaca buruk yang mengakibatkan terhambatnya distribusi logistik di beberapa distrik, namun secara keseluruhan Pilgub Papua di Yahukimo berjalan dengan baik. Sebanyak 51 distrik bisa melaksanakan pesta demokrasi dengan lancar dan memperoleh hasil sesuai dengan jadwal tahapan pemilu.

Saat ditanya soal adanya tim sukses dan saksi kandidat nomor urut 2 yang menyatakan ketidakpuasan dalam pleno, Sonap mengatakan hal tersebut adalah hal yang wajar dalam berdemokrasi. Namun ia mengaku tak bisa membatalkan rapat pleno karena tahapannya sudah diatur oleh KPU Pusat.

“Mereka datang sampaikan aspirasi ketidak puasan saja, karena suara dari distrik masing-masing sudah jelas. Kami tidak bisa batalkan pleno karena ini agenda nasional. Sebelum pleno, secara terhormat kita sudah melayangkan surat undangan untuk memenuhi undangan kami. Tadi pagi sudah datang cuman mereka kembali pulang, namun kami KPU dan Panwas lakukan rapat dan keputusan bahwa harus lanjutkan pleno karena agenda nasional,” kata Ketua KPU Yahukimo.

Berdasarkan hasil rekapitulasi, Lukmen menangkan Pilgub di 51 distrik Kabupaten Yahukimo dengan presentasi 79%. Kantong kemenangan diperoleh di sejumlah distrik diantaranya distrik Dekai, Hilipuk, Holuwon, Kabianggama, Kwikma, Lolat, Ninia, Soba, Sobaham, Soloikma, Sumo, Anggruk, Hereapini, Koasrek, Panggema, Pronggoli, Ubahak, Ubalihi.

http://www.tabloidjubi.com/artikel-1...uli-josua.html

Prediksi saya, Bapak Lukas Enembe akan kembali memenangkan pertarungan pilgub papua BREAKING NEWS: Hasil pleno rekapitulasi KPU Yahukimo, Lukas Enembe ungguli John Wempi
Diubah oleh: fadangfasir
Urutan Terlama
Selamat kepada Paslon terpilih.

Hanya agak heran saja, bagaimana bisa jumlah suara pemilih lebih banyak dari jumlah penduduk. Data ini adalah data BPS 2017. Jumlah penduduk Kab. Yahukimo adalah 187.021 jiwa. Jumlah pemilih adalah 229.012 suara. Artinya perbandingan antara jumlah pemilih berbanding jumlah penduduk adalah 155,10%.

Sebagai perbandingan saja, Kota Jayapura dengan jumlah penduduk 293.690 jiwa, total pemilih pada pemilu 2018 sekarang ini, hanya 140.925 orang dengan persentase pemilih hanya 47,98% dari total jumlah penduduk.

Kota lainnya yang relatif maju, yaitu Kab. Merauke, Jumlah penduduk adalah 223.389 jiwa, dengan total pemilih sebanyak 78.513 orang, atau 35,15% dari total penduduk Kabupaten Merauke.

Arti dari persentase pemilih adalah, beberapa penduduk dengan usia dibawah 17 tahun dan penduduk yang memilih untuk tidak memilih, tidak ikut dalam Pemilu tersebut. Sehingga persentase dipastikan dibawah angka 70%.

Bagaimana bisa, untuk kasus Kabupaten Yahukimo, pemilih lebih besar dibandingkan dengan jumlah penduduk? Bila alasannya adalah jumlah kelahiran yang luar biasa dalam 1 tahun ini, perlu diingat bahwa penambahan penduduk karena kenaikan kelahiran yang luar biasa itu juga masih belum bisa memilih pada tahun ini, karena masih BAYI.... !!!


BREAKING NEWS: Hasil pleno rekapitulasi KPU Yahukimo, Lukas Enembe ungguli John Wempi
Iya bro adrianus. Hebat pak Lukas bisa kalahkan John di Yahukimo


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di