alexa-tracking

Terduga Pelaku Bom Pasuruan Residivis, Deradikalisasi Gagal?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3ed51b12e257841e8b457a/terduga-pelaku-bom-pasuruan-residivis-deradikalisasi-gagal
Terduga Pelaku Bom Pasuruan Residivis, Deradikalisasi Gagal?
Terduga Pelaku Bom Pasuruan Residivis, Deradikalisasi Gagal?

Jakarta: Terduga pelaku bom di Pasuruan, Jawa Timur, Abdullah, tercatat pernah menjalani hukuman penjara atas kasus terorisme di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta, pada 2010 silam. Lima tahun kemudian dia bebas dan hidup berpindah-pindah.


Banyak pihak menyebut peristiwa ledakan yang melukai seorang anak berusia 6 tahun itu tak lepas dari kegagalan program deradikalisasi pemerintah yang diterapkan kepada Abdullah.


Namun, Pengamat Terorisme Hasibullah Satrawi menilai anggapan tersebut tak selalu benar.


'Saya cukup lama di program yang berkaitan upaya kita bersama membuat orang seperti ini tidak lagi radikal. Menurut saya ini harus adil karena (kegagalan deradikalisasi) ukurannya begitu luas' ujarnya, dalam Metro Pagi Primetime, Jumat, 6 Juli 2018.


Menurut Hasibullah program deradikalisasi tak melulu soal meluruskan ideologi narapidana terorisme yang sudah menyimpang.


Lebih dari itu, ada banyak cara melakukan deradikalisasi yang terkadang tidak dianggap sebagai upaya sebenarnya membuat seseorang kembali pada ideologi pancasila.


Misalnya, kata dia, ketika masuk penjara narapidana terorisme ekstrem enggan makan makanan penjara lantaran dianggap sebagai makanan thagut atau tak mau menjawab salam karena menganggap orang lain kafir bisa berubah dari waktu ke waktu.


'Perubahan tahap demi tahap itu adalah keberhasilan. Jangan dinafikan atau dinihilkan hanya karena satu dua orang yang tidak berhasil,' katanya.


Hasibullah mengaku tak bisa menjamin mereka yang sudah ikut deradikalisasi tidak akan mengulangi perbuatannya lagi setelah keluar dari penjara.


Akan ada banyak hal yang memengaruhi mantan narapidana terorisme untuk melakukan hal serupa. Pengaruh lingkungan, teman, bahkan keluarga tidak bisa memastikan mereka tidak melakukannya lagi.


'Indikator keberhasilan dan kegagalan itu banyak makanya harus fair di situ jangan membiasakan kalau terjadi masalah sistemnya yang gagal. Harus adil, sudah banyak keberhasilannya ayo benahi sama-sama. Mungkin (Abdullah) residivis yang tidak terawasi dengan baik,' jelas dia.



Sumber : http://news.metrotvnews.com/peristiw...kalisasi-gagal

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Terduga Pelaku Bom Pasuruan Residivis, Deradikalisasi Gagal? Terduga Pemilik Bom di Pasuruan Punya 3 KTP

- Terduga Pelaku Bom Pasuruan Residivis, Deradikalisasi Gagal? Cerita Kapolsek Bangil tak Bisa Tembak Terduga Peledakan Bom

- Terduga Pelaku Bom Pasuruan Residivis, Deradikalisasi Gagal? Warga: Ledakan sempat Terdengar Lima Kali

drpd di deradikalisasi mending di bina...sakan...
masalah ideologi bukan perkara kecil karena tersembunyi di dalam jiwa manusia. yang cuma manusia itu dan Tuhan yang mengelolanya. manusia biasa tak menembus level jiwa manusia. karena dimensinya berbeda. harus menggunakan dimensi yang lebih tinggi.

emoticon-Toast
KASKUS Ads
makanya ga usah sok sok deradikalisasi

orang kalo pintar bohong, siapa tahu dia beneran udah insyaf apa enggak

teroris itu langsung hukum mati ditempak pake peluru olesi minyak babi

biar jadi shock therapy buat yang lain, kalo bidadarinya udah hilang gegara minyak babi
×