alexa-tracking

Terinspirasi Olimpiade, Begini Awal Mula Kompetisi Piala Dunia!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3ed0e52e04c8f2728b457c/terinspirasi-olimpiade-begini-awal-mula-kompetisi-piala-dunia
Terinspirasi Olimpiade, Begini Awal Mula Kompetisi Piala Dunia!
Terinspirasi Olimpiade, Begini Awal Mula Kompetisi Piala Dunia!

Kompetisi bernama Piala Dunia pasti selalu menjadi event yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang, mau dari pecinta sepak bola, ataupun orang yang tidak terlalu suka dengan sepak bola itu sendiri. Tahun 2018 ini Piala Dunia dihelat di tanah Rusia.

Namun apakah kalian tahu bagaimana awal mula kompetisi yang diselenggarakan oleh FIFA ini? Berikut ulasannya.


1.  Piala Dunia pertama
Terinspirasi Olimpiade, Begini Awal Mula Kompetisi Piala Dunia!
Piala Dunia, awalnya terbentuk pada tahun 1928. Dimana hal ini dapat terwujud berkat proposal yang diajukan oleh Komite Eksekutif FIFA dan disetujui oleh Kongres FIFA di Amsterdam. Keinginan FIFA untuk menyelenggarakan kompetisi sepak bola antar dunia ini sejatinya timbul, karena telah melihat kesuksesan Olimpiade menggelar turnamen serupa terlebih dahulu.

Pada tahun 1929 Kongres FIFA di Barcelona, memutuskan bahwa Uruguay akan menjadi negara pertama untuk menyelenggarakan kompetisi Piala Dunia. Pemilihan ini sendiri tak lepas dari prestasi Uruguay di gelaran Olimpiade yang dimana mereka berhasil meraih medali emas untuk cabang sepak bola selama dua kali berturut-turut pada 1924 dan 1928.

Selain dari faktor prestasi, Uruguay pun ternyata akan merayakan ulang tahun kemerdekaannya pada tahun 1930. Jadi Uruguay akan mengeluarkan dana yang besar pada saat itu, termasuk menanggung biaya akomodasi dan perjalanan tim-tim yang berpartisipasi di ajang Piala Dunia 1930.


2. Tidak banyak wakil Eropa
Terinspirasi Olimpiade, Begini Awal Mula Kompetisi Piala Dunia!
Pertandingan pembuka Piala Dunia di Estadio Centenario, Uruguay pada 18 Juli 1930, menjadi awal era baru di dunia sepak bola dan acara perdananya ini terbilang sukses dari sudut pandang olahraga maupun keuangan.

Uruguay yang menjadi tuan rumah sekaligus keluar menjadi juara, di sisi lain menunjukkan kekecewaanya karena hanya empat wakil Eropa saja yang bisa berpartisipasi di Piala Dunia saat itu. Empat negara Eropa itu diantaranya adalah: Perancis, Rumania, Belgia dan Yugoslavia.

Krisis ekonomi yang melanda negara-negara Eropa menjadi faktor utama mengapa hanya sedikit wakil Eropa yang bisa ikut berpartisipasi di Piala Dunia kali itu.


3. Piala Dunia kedua memiliki sistem yang berbeda
Terinspirasi Olimpiade, Begini Awal Mula Kompetisi Piala Dunia!
Setelah sukses menyelenggarakan turnamen Piala Dunia pertamanya, FIFA, kembali menggelar Piala Dunia kedua mereka pada tahun 1934 dan Italia lah yang didapuk menjadi tuan rumah. Tidak seperti Piala Dunia edisi sebelumnya, Piala Dunia 1934 tidak menerapkan sistem babak grup dan hanya memakai sistem gugur.

Untuk lolos ke babak 16 besar, sebuah tim diharuskan memenangkan laga kualifikasi. Dan saat itu Argentina dan Brasil harus pulang lebih awal karena gagal menang di laga kualifikasi tersebut. Seperti Uruguay, Italia juga berhasil keluar menjadi juara dengan status tuan rumah, berkat menang di partai final menghadapi Cekoslovakia.


4. Piala Dunia 1938 tidak berjalan sesuai rencana
Terinspirasi Olimpiade, Begini Awal Mula Kompetisi Piala Dunia!
Empat tahun kemudian, kompetisi yang dibentuk FIFA ini kembali tidak berjalan sesuai rencana. Austria yang tiba-tiba menghilang di kompetisi tersebut membuat Swedia tidak mempunyai lawan di putaran pertama.

Uruguay yang pernah kecewa dengan gelaran Piala Dunia, juga tidak ingin ikut berpartisipasi. Sementara Argentina mengundurkan diri dari kompetisi ini. Karena hal ini maka tak heran tim nasional dari Kuba dan Hindia Belanda saat itu dapat mengikuti Piala Dunia.

Perancis yang bertindak sebagai tuan rumah Piala Dunia 1938, ternyata tidak dapat meneruskan prestasi yang dituai oleh Uruguay dan Italia di Piala Dunia sebelumnya. Karena Italia lah yang saat itu menjadi juara untuk kedua kalinya.


Sumber : https://www.idntimes.comsport/soccer...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Terinspirasi Olimpiade, Begini Awal Mula Kompetisi Piala Dunia! Maroko Aljazair Tunisia Mengajukan Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2030

- Terinspirasi Olimpiade, Begini Awal Mula Kompetisi Piala Dunia! Meriah 7 Festival Terbaik di Rusia yang Sayang Jika Kamu Lewatkan

- Terinspirasi Olimpiade, Begini Awal Mula Kompetisi Piala Dunia! Didukung Banyak Fandom Power EXO Jadi Lagu Pilihan Piala Dunia 2018

×