alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sulit Dapatkan Guru Pengampu Aliran Kepercayaan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3eab6c94786891178b458e/sulit-dapatkan-guru-pengampu-aliran-kepercayaan

Sulit Dapatkan Guru Pengampu Aliran Kepercayaan

Sulit Dapatkan Guru Pengampu Aliran Kepercayaan

Fri, 06 Jul 2018 - 00:04 WIB

13

PURWOKERTO - Upaya menjembatani peserta didik penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam mendapatkan pelajaran sesuai keyakinannya, seringkali masih terhambat ketersediaan guru pengampu pelajaran tersebut. Sekolah tidak mudah mencari pendidik sesuai dengan kualifikasi yang disyaratkan.

Penasehat Majelis Luhur Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Indonesia (MLKI) Kabupaten Banyumas, Suherman mengatakan, sejumlah kualifikasi yang dipersyaratkan bagi guru pengampu pelajaran aliran penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, di antaranya minimal harus berkualifikasi strata satu (S-1), bahkan juga diutamakan yang menguasai teknologi informasi.

”Saat acara pertemuan yang mengundang utusan dari sekitar 500 kabupaten/kota se-Indonesia terkait pengadaan guru bagi peserta didik penghayat kepercayaan beberapa waktu lalu, ternyata yang bisa hadir hanya sekitar 30 persennya,” ungkapnya dalam acara Temu Forum Multipihak dengan tema Pendidikan Inklusif bagi Siswa Penghayat Kepercayaan di Pendapa Wakil Bupati Banyumas, baru-baru ini.

Dia mengungkapkan, banyak kabupaten/kota yang tidak mengirimkan lantaran memang tidak ada. Kabupaten/kota kesulitan untuk mendapatkan guru sesuai kualifikasi tersebut. Kendati demikian, menurut dia, Kabupaten Banyumas termasuk menjadi salah satu kabupaten yang mengirimkan utusannya.

Bahkan jumlah yang dikirim termasuk banyak, yakni tujuh orang. Dari jumlah itu, hanya satu orang yang biayanya ditanggung oleh pemerintah dan sisanya enam orang menggunakan biaya sendiri.

Terkait kualifikasi tersebut Kasi Kurikulum Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Ani Widosari menjelaskan, di Indonesia untuk menjadi guru di sekolah memang dipersyaratkan harus berkualifikasi strata satu (S-1) dan aturannya memang seperti itu.

Namun terkait dengan Kabupaten Banyumas yang telah mengirimkan sebanyak tujuh orang yang akan menjadi guru pengampu pelajaran penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dia menilai, itu termasuk sudah cukup bagus. Apalagi masih banyak kabupaten lain yang belum mampu menyediakan guru sesuai kualifikasi tersebut. (H48-52)

https://www.suaramerdeka.com/smcetak...an-kepercayaan

Mungkin sudah saatnya pendidikan agama dihapus aja
Urutan Terlama
Pelajaran agama ada di kurikulum sekolah (terutama negri) juga sebenenernya questionable fungsinya.
pelajaran agama dihapus?Situ Sehat😂😂😂
TS Sekelas maniac tapi komennya level nubiTOL emoticon-Big Grin
Emang pendidik aliran kepercayaan gak banyak mungkin
Quote:


hapus juga sila pertama
manja, sinau dewe tanpa guru emoticon-Blue Guy Bata (L)






*cosplay jadi menteri
Belajar sendiri aja. emoticon-Smilie
maksudnya ts barangkali dimakloon ke pengurus rumah ibadah setempat emoticon-Embarrassment
Belajar wisdom saja kadang guru yg radikal malah buat muridnya dengki benci pd agama lain.
Quote:


Motto Amerika Serikat : "In God We Trust"

Tapi disekolah gak ada pelajaran agama tuh.

Dan malah jadi negara superpower..
iya gih hapus aja...serahin ke komunitas/institusi msg2 agama
Undang aja motivator, mereka kan biasanya jualan "kepercayaan diri" misal jemes gwee, andri wongso, mario teguh, tukul arwana dll
Quote:


untuk
yg mario teguh... Sdh nggak laku gan... emoticon-Ngakak

emang si TUKUL... Motivator emoticon-Confused
karena agama arab lebih diminati emoticon-Malu (S)
nastak dimari bisa tuh.. emoticon-Recommended Seller
memang gk perlu emoticon-Big Grin

sudah ada pkn dan sejarah emoticon-Shutup
boleh juga jadi pendidik penghayat kepercayaan

ajarin tentang perang ragnarok, keberadaan asgard, dan para valkyrie
Peminatnya kurang sih, jadinya pada males...

Makanya, itu salesnya lebih giat lagi promosinya..

Pake apa kek gitu, SPG2.. Suruh mangkal di mall2... Supaya omset naik..emoticon-Nohope
ya memang begitu kenyataannya.

emoticon-Toast
Quote:


itu pun juga bukan atas keinginan sendiri melainkan hasil paksaan


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di