alexa-tracking

Risma Perintahkan 38.000 e-KTP Dituntaskan dalam 3 Hari

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3e0b8bc0d770f05a8b457b/risma-perintahkan-38000-e-ktp-dituntaskan-dalam-3-hari
Risma Perintahkan 38.000 e-KTP Dituntaskan dalam 3 Hari
Risma Perintahkan 38.000 e-KTP Dituntaskan dalam 3 Hari

Surabaya, IDN Times - Inspeksi mendadak (sidak) dilakukan oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini terhadap pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (dispendukcapil) di Gedung Siola, Kamis (5/7) pagi. Dalam sidaknya kali ini, Risma mencari solusi untuk menuntaskan tumpukan pemohon e-KTP yang membludak.


1. Minta para petugas kerja lembur
Risma Perintahkan 38.000 e-KTP Dituntaskan dalam 3 Hari
Melihat fenomena antrean pemohon, Risma mengaku pusing. Apalagi, di hari sebelumnya (4/7) Risma juga melakukan sidak di sore hari. Namun nampaknya belum ditemukan solusi pas untuk menyelesaikan permasalahan ini. "Masih 38.000 yang belum tercetak. Mau saya suruh kerja lembur untuk menyelesaikannya dalam 3 hari," tegasnya.

Kadispendukcapil Suharto Wardoyo juga menegaskan hal serupa. Ia mengerahkan staffnya untuk dapat segera memenuhi permohonan e-KTP. "Ini dengan mulai bulan juli kita giatkan cetak e-KTP semalem dan tuntas untuk mendapatkan e-KTP," terangnya.


2. Penambahaan alat untuk mengakselerasi
Risma Perintahkan 38.000 e-KTP Dituntaskan dalam 3 Hari
Risma mengaku salah satu evaluasi dari hasil sidaknya adalah keterbatasan alat. Oleh karena itu ia akan melakukan pengadaan alat rekam sidik jari, iris, dan alat cetak. Selain itu, Risma sudah bersurat ke pihak Dirjendukcapil untuk meminta tambahan alat cardreader. 

"Insha Allah kita akan kebih cepat. Kita nambah jadi 5 semua," terangnya.

Hal tersebut juga diamini oleh Anang, sapaan akrab Suharto. Ia menambahkan bahwa alat rekam e-KTP yang berada di dispendukcapil Surabaya rata rata sudah banyak yang rusak sehingga banyak membutuhkan perbaikan di kemendagri. "Hari ini pun kita pejabat Dispenduk berangkat ke jakarta ambil blanko ektp dan termasuk ambil printer ektp yang rusak diperbaiki," tuturnya.


3. Kepadatan diakibatkan panjangnya proses
Risma Perintahkan 38.000 e-KTP Dituntaskan dalam 3 Hari
Risma menenrangkan bahwa selain keterbatasan alat, penumpukan pemohon juga dikarenakan proses yang cukup panjang. Setelah melakuakan perekaman di kota, data akan dicocokkan dengan data di Jakarta untuk validasi. "Kalau datanya dobel susah keluarnya. Buktinya kalo gak masalah itu lancar aja," jelasnya.


Sumber : https://www.idntimes.comnews/indones...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Risma Perintahkan 38.000 e-KTP Dituntaskan dalam 3 Hari Antrean Pemohon e KTP Membludak Risma Lakukan Sidak

- Risma Perintahkan 38.000 e-KTP Dituntaskan dalam 3 Hari Klaim Ada Kecurangan Pilkada Risma Lapor Megawati

- Risma Perintahkan 38.000 e-KTP Dituntaskan dalam 3 Hari Jelang Pilkada Dispendukcapil Dibanjiri Pemohon e KTP

×