alexa-tracking

Jakarta impor 10 ribu ton bawang putih

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3dfb241ee5dfb4528b4570/jakarta-impor-10-ribu-ton-bawang-putih
Jakarta impor 10 ribu ton bawang putih
Jakarta impor 10 ribu ton bawang putih
Ilustrasi bawang putih
Guna memenuhi ketersediaan bawang putih (Allium sativum) di DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya telah memutuskan untuk melakukan impor.

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Arif Prasetyo Adi menyatakan bahwa pihaknya telah mengantongi izin impor sebanyak 10 ribu ton bawang putih yang didatangkan dari Shandong, Tiongkok.

Nantinya akan ada dua jenis bawang yang diimpor, yakni yang masih utuh bonggolnya dan yang terpecah jadi bentuk tunggal.

Proses impornya pun akan dilakukan secara bertahap mulai Juli 2018. Impor pertama akan bermuatan 290 ton dengan rincian; satu kontainer akan berisikan 29 ton.

Arief memproyeksikan, setidaknya akan ada 50 hingga 60 kontainer tiba di Jakarta setiap bulan hingga kuota mencapai angka 10 ribu ton pada Desember 2018.

Targetnya, kuota tersebut sudah dapat dipenuhi pada akhir tahun.

"Rencana masuknya Juli sudah mulai coba masuk 10 kontainer. Satu kontainer itu 29 ton jadi itu totalnya 290 ton," kata Arief kepada detikFinance, Kamis (5/7/2018).

Adapun alasan pemerintah memutuskan untuk memasok bawang putih dari luar negeri adalah karena harga bumbu masak jenis umbi ini sempat melonjak beberapa waktu lalu. Naiknya harga disebabkan oleh minimnya pasokan dari petani di Brebes, Jawa Tengah.

Di pasar induk Jakarta, harga bawang putih pada Juli 2018 mencapai Rp66 ribu per kilogram untuk kualitas nomor satu dan Rp48.750/kg untuk kualitas kedua.

Izin impor itu pun akhirnya diberikan berdasarkan hasil rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH) yang awalnya sebesar 20 ribu ton.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berterima kasih kepada Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang telah mengizinkannya untuk melakukan impor bawang putih tersebut.

"Karena sempat waktu itu harganya bergejolak. Jadi saya langsung intervensi saya minta Mentan. Saya terima kasih sama Pak Amran sekarang Food Station dalam proses pengadaan," jelas Sandi seperti dikutip Tribunnews.

Sandi juga berharap bahwa impor bawang putih ini akan memenuhi kebutuhan bawang putih warga DKI Jakarta ke depannya.

Meskipun begitu, pemerintah tak serta-merta menggantungkan nasib kepada produk impor. Importir tetap dibatasi perannya sebagai distributor penjualan bawang putih. Hal tersebut menjadikan Food Station menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan retail modern serta PD Pasar Jaya.

“Kami akan pakai saluran modern tapi kami tekankan keuntungannya sebesar 8% sehingga harganya jualnya di bawah acuan,” kata Arief yang memperkirakan harga jual yang bisa menyentuh Rp25 ribu saja per kilogramnya karena harga belinya yang murah di Tiongkok.

Selain itu, seperti yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 38 Tahun 2017 tentang kewajiban pengusaha pemegang Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH), Arief juga menyatakan pihaknya akan menanam bawang putih sebanyak 5 persen dari rekomendasi impor.

Apalagi mengacu pada data Kementerian Pertanian, kebutuhan bawang putih nasional pada 2018 diperkirakan sebesar 476.667 ton. Namun, realisasinya produksi bawang putih baru mencapai 43.395 ton yang berasal dari 18.378 hektare lahan.

Kementerian Pertanian pun menargetkan ketersediaan lahan untuk area tanam bawang putih seluas 78.500 hektare untuk memproduksi sebanyak 495.500 ton pada 2021.

Karenanya dibutuhkan kerja sama dan komitmen pengusaha pemegang RIPH bawang putih untuk menanam sebanyak 5 persen dari rekomendasi impor.

Hal ini pun disanggupi. Arif menyatakan bahwa pihaknya akan menanam sekitar 1.000 ton bawang putih.

Selain mengemban tugas, wajib tanam 5 persen ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan pada impor serta menjaga stabilitas harga bawang putih di pasaran.
Jakarta impor 10 ribu ton bawang putih


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...n-bawang-putih

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Jakarta impor 10 ribu ton bawang putih MK bakal kebanjiran perkara sengketa Pilkada

- Jakarta impor 10 ribu ton bawang putih Sebagian besar sektor menghijau, IHSG ditutup naik

- Jakarta impor 10 ribu ton bawang putih Kemelut perang dagang meluas ke WTO

image-url-apps
dukung teruss untuk jakarta
×