alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Soal Ide Prabowo, Ahli Waris: Diponegoro Tak Ingin Dipulangkan
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3de43e54c07a910c8b4567/soal-ide-prabowo-ahli-waris-diponegoro-tak-ingin-dipulangkan

Soal Ide Prabowo, Ahli Waris: Diponegoro Tak Ingin Dipulangkan

Soal Ide Prabowo, Ahli Waris: Diponegoro Tak Ingin Dipulangkan


Makassar - Usulan pemindahan makam Pangeran Diponegoro oleh Prabowo Subianto ditolak keluarga. Ahli waris Pangeran Diponegoro menolak memindahkan ke Yogyakarta dan tetap berharap makam itu berada di Makassar.

"Kalau saya sebagai keluarga penanggung jawab, artinya dari dulu ada rencana itu untuk memindahkan di Kerajaan Mataram. Ini amanah beliau sudah mewakafkan dirinya untuk dimakamkan di tempat ini," kata cucu Pangeran Diponegoro, Hamzah Raden Diponegoro saat ditemui detikcom di Halaman Makam Pangeran Diponegoro, Jalan Diponegoro, Wajo, Kamis (5/7/2018).

Hamzah bercerita, Pangeran Diponegoro juga telah mewasiatkan kepada isteri dan anaknya sebelum menghembuskan nafas terakhirnya untuk dimakamkan di Makassar.

"Sebelum menghembuskan nafas, beliau sudah tidak lama meninggal mewakafkan dirinya kepada isteri dan anak apabila saya meninggal tidak usah dipulangkan ke kampung halaman," jelasnya.

Pemindahan Makam Pangeran Diponegoro harus dipahami bahwa pemindahan jenazah tak mudah dilakukan. Lantaran jenazah seperti Pangeran Diponegoro harus memiliki tempat yang baik dibaringkan sesuai wasiat dan peristirahatan terakhirnya di Makassar.

"Orang dibaringkan artinya untuk tubuhnya tidak sembarang harus ada signalnya apakah bisa dibaringkan. Karena ini wasiat beliau itu di sini, dari akhir perjalanan hidupnya. Raja bahkan rakyatnya saat itu juga meminta untuk dimakamkan di kampung halamanya juga ditolak pihak keluarga sesuai wasiat," terangnya.

Hamzah Raden Diponegoro yang tak lain cucu Pangeran Diponegoro mengatakan, Diponegoro saat itu lebih banyak menghabiskan waktunya di Makassar. Tercatat Pangeran Diponegoro menghabiskan waktunya 21 tahun di tanah daeng pada tahun 1834-1855 dan meninggal di usia 70 tahun.

"Harus dipahami juga beliau itu lama di Makassar, ketimbang di daerah lain. Keberadaanya juga tidak banyak diketahui orang saat itu. Dia di sini sekitar 21 tahun," tutupnya.

Sebelumnya, Prabowo Subianto berencana akan memindahkan makam pahlawan Pangeran Diponegoro yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan ke kediaman aslinya yakni di Yogyakarta. Pemindahan inipun ditolak sebagian pihak dan menuai polemik.

https://news.detik.com/berita/d-4099...547.1519096890
Diubah oleh: kaskus.infoforum
Halaman 1 dari 9
hahahaha
malunya itu loh emoticon-Big Grin
mending main tiktok om, udah mau dibuka tuh sama kominfo emoticon-Embarrassment
Quote:


maksud anda, anda menyarankan Bowo main tik tok? emoticon-Big Grin
Kalo mau pencitraan yg pinter dikit wo

Masa ngurusin kuburan emoticon-Leh Uga
ya klo pengennya begitu ya monggo
emoticon-Wakaka

seenak udelnya mindahin makam org

gaji karyawan lo noh bayar
Soal Ide Prabowo, Ahli Waris: Diponegoro Tak Ingin Dipulangkan

Soal Ide Prabowo, Ahli Waris: Diponegoro Tak Ingin Dipulangkan

Soal Ide Prabowo, Ahli Waris: Diponegoro Tak Ingin Dipulangkan

Soal Ide Prabowo, Ahli Waris: Diponegoro Tak Ingin Dipulangkan

Soal Ide Prabowo, Ahli Waris: Diponegoro Tak Ingin Dipulangkan

Soal Ide Prabowo, Ahli Waris: Diponegoro Tak Ingin Dipulangkan

Soal Ide Prabowo, Ahli Waris: Diponegoro Tak Ingin Dipulangkan

Diubah oleh GayusTambunan.
coba dipualangkan dulu bibib rijik nya emoticon-Wakaka
terlalu banyak omongkosong ni orang
Kena counter, sama ahli warisnya pula
Kebangetan kalo wacananya masih mau dilanjut emoticon-Big Grin
Quote:


Soal Ide Prabowo, Ahli Waris: Diponegoro Tak Ingin Dipulangkan

emoticon-Big Grin
Kalo mau.. keris Dipenogoronya aja yg diusahain pulang ke keluarganya..
Bener apa gw bilang, emang dia punya hak mindah-mindahin makam orang.
Seriusly cucu nya? P.Dipo meninggal 1855 itu punya anak brp? Anaknya menikah anggap lah 1900. Punya anak anggaplah 1910 cucunya 100 taon lebih?
menurut ana,, ide utk memulangkan PANGERAN DIPONEGORO... Ke tempat asalnya, adalah ide yg bagus dan prlu di apresiasikan.














sdh mirip dg ID NDOROMUDA apa belum... emoticon-Leh Uga
Kemarin si Paet mengatas namakan keluarga kapal tenggelam di sumut.

Sekarang si bowo lg.

Gerimbolan sebelah emg suka klaim2 nyari panggung
Quote:


pdhl kalau bnran mau memblokir, tuh APP.. Ane setuju2 aja kok... emoticon-shakehand
Quote:

Goblok nya perlu totalitas breee...

Ga cuman sekedar kalimat.
bhahahaa.. emoticon-Ngakak
bhahahaa.. emoticon-Ngakak
Soal Ide Prabowo, Ahli Waris: Diponegoro Tak Ingin Dipulangkan
Halaman 1 dari 9


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di