alexa-tracking

Kemelut perang dagang meluas ke WTO

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3ddf0cdad770b9548b4573/kemelut-perang-dagang-meluas-ke-wto
Kemelut perang dagang meluas ke WTO
Kemelut perang dagang meluas ke WTO
Presiden AS Donald Trump melambaikan tangannya usai bertemu Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Gedung Putih, Washington DC, AS, Senin (2/7/2018).
Sekitar 40 negara anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) memprotes kebijakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang menaikkan tarif impor produk otomotif.

Dalam pertemuan di Jenewa, Swiss, Selasa (3/7/2018); para negara mitra dagang utama AS seperti Uni Eropa, Tiongkok, dan Jepang menyampaikan keberatan atas pemberlakuan bea impor tambahan pada sektor otomotif.

Dikutip dari Reuters, sejumlah negara termasuk 28 negara anggota Uni Eropa menyatakan tindakan AS dapat secara serius mengancam sistem yang selama ini berjalan dalam WTO.

Beberapa kebijakan perdagangan yang dikeluarkan oleh Trump berpotensi memicu tindakan-tindakan balasan yang berujung pada runtuhnya sistem perdagangan multilateral.

Dirjen WTO Roberto Azevêdo mengungkapkan, ekonomi dunia bisa terkontraksi atau melambat akibat kebijakan proteksionisme yang diterapkan oleh Gedung Putih. Apalagi kini kebijakan tersebut direspon negatif oleh negara-negara yang memiliki andil besar dalam kontribusi pertumbuhan ekonomi global.

“Eskalasi berkelanjutan ini bisa menimbulkan ancaman serius terhadap pertumbuhan dan pemulihan di semua negara, dan kami mulai melihat ini tercermin dalam beberapa indikator ke depan," kata Azevedo dikutip BBC, Kamis (5/7).

AS menyatakan akan mengenakan tarif impor 25 persen untuk 818 produk mulai 6 Juli 2018. Kebijakan baru soal tarif dari AS itu membidik 1.300 produk dari China senilai 50 miliar dolar AS.

Tarif baru itu berlaku untuk impor baja dan aluminium dari Tiongkok, serta potensi untuk tarif tambahan pada otomotif dan suku cadang mobil.

Pengenaan tarif tinggi perdagangan tersebut telah memicu aksi balasan yang juga akan mengakibatkan terjadinya perang dagang antarkedua belah pihak. Hal ini juga akan berdampak terhadap negara-negara lainnya, termasuk Indonesia.

Kanada, Meksiko, Uni Eropa, dan Tiongkok telah membalas - atau mengumumkan rencana untuk membalas - dengan nilai sekitar 75 miliar dolar AS dalam tarif untuk produk buatan Amerika.

Menanggapi kritik tersebut, Trump mengatakan akan merencanakan sesuatu untuk membuat WTO berlaku adil terhadap AS. Trump berulang kali mengkritik WTO dan menyebutnya menjadi penghalang bagi laju ekonomi AS dan menuntut reformasi struktural WTO demi menjamin kepentingan Washington.

"WTO telah memperlakukan AS dengan sangat, sangat buruk, dan saya berharap mereka mengubahnya," kata Trump kepada wartawan dalam konferensi pers bersama Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Gedung Putih, Washington DC, Senin (2/7).

Situs berita Axios memberitakan bahwa pemerintah AS tengah merancang undang-undang yang memungkinkan Trump menaikkan tarif sesuai keinginan dan menegosiasikan tarif khusus dengan negara-negara tertentu. Kedua hal itu melanggar aturan dasar WTO.
Indonesia harus bersiap
Sementara pada sela kunjungannya ke Indonesia, Rabu (4/7), Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim mengatakan bahwa Indonesia harus bersiap menghadapi kemungkinan perang dagang yang dilakukan oleh negara-negara yang punya kekuatan ekonomi.

"Kita berharap tidak akan ada perang dagang dan tidak ada pihak yang terlibat dalam perang dagang. Tapi Indonesia seperti negara-negara lainnya juga harus bersiap dengan adanya perang dagang antara negara ekonomi besar," kata Kim dilansir Antaranews.

Menurutnya, di tengah kondisi global, Indonesia menjadi contoh yang baik karena punya banyak hal seperti rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang rendah dibanding negara berkembang lain.

Ia pun menegaskan perang dagang tidak pernah bermanfaat untuk siapapun. "Karena perdagangan adalah elemen yang paling krusial bagi negara berkembang agar dapat tumbuh lebih cepat," katanya.

Sementara itu, Presiden Joko "Jokowi" Widodo menekankan kerja sama yang erat antara pemerintah pusat, provinsi, dan daerah guna mencapai pertumbuhan ekonomi.

Dalam pertemuan bersama 30 orang Bupati di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/7), Jokowi mengaku harus bicara apa adanya bahwa situasi ekonomi dunia sekarang masih pada posisi yang sangat sulit.

"Saya kira bapak ibu semua, Bupati juga merasakan betapa ketidakpastian ekonomi dunia itu betul-betul sulit dikalkulasi dan sulit dihitung," kata Jokowi dalam Kompas.com.

Kendati demikian, Jokowi menekankan, Indonesia harus tetap bersyukur karena ekonominya masih bisa tumbuh 5 persen lebih. Jokowi menilai angka itu jauh lebih baik dibandingkan dengan negara-negara besar.

"Misal kayak Tiongkok, itu turun dari 11 persen, dari 10 persen, langsung anjlok posisi 6,5 persen. Ini betul-betul sebuah pukulan yang sangat berat bagi negara itu," kata Jokowi.
Kemelut perang dagang meluas ke WTO


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-meluas-ke-wto

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kemelut perang dagang meluas ke WTO Jakarnaval akan hadir kembali dengan nuansa Asian Games 2018

- Kemelut perang dagang meluas ke WTO RupiahPlus dan prosedur penagihan utang yang berlebihan

- Kemelut perang dagang meluas ke WTO Izin sementara Freeport diperpanjang lagi

×